MKJI 1997 bukan Software Pemodelan

Menjawab pertanyaan Mas Chabib (di mana ya?)..

Yang pertama perlu diketahui bahwa ilmu transportasi memiliki ragam dan cabang yang sangat banyak, dari mulai SYSTEM (analisis traffic secara mikro, analisis jaringan jalan, modelling, ekonomi transportasi, appraisal transportasi, dll) , MANAGEMENT (manajemen dan rekayasa lalulintas), PUBLIC TRANSPORT, hingga ENGINEERING (highway engineering, lapis keras, dll).

MKJI (Manual Kapasitas Jalan Indonesia) 1997 adalah buku manual/panduan (yang disertai piranti lunaknya, KAJI) yang digunakan untuk menghitung kapasitas dan perilaku lalulintas di segmen-segmen jalan (mikro) di Indonesia, sehingga tidak dapat digunakan untuk melihat atau menganalisis kinerja jaringan jalan secara makro. Analisis kinerja jaringan jalan membutuhkan software pemodelan, bukan software seperti KAJI. Di Amerika Serikat, MKJInya bernama AHCM (American Highway Capacity Manual).

Penggunaan MKJI 1997 biasanya digunakan untuk melihat kinerja simpang (bersinyal dan tidak bersinyal), kinerja ruas jalan, jalinan, dll yang terisolasi (isolated), jadi sifatnya tertutup pada sebuah segmen.

Pertanyaan selanjutnya, apakah MKJI 1997 masih relevan digunakan di Indonesia?

Bila melihat sejarah pembuatan MKJI 1997, maka dapat diketahui bahwa MKJI 1997 merupakan produk hasil penelitian empiris di kota-kota besar di Indonesia (setahu saya di Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya), sehingga karakter formulasinya sangat dipengaruhi oleh perilaku lalu lintas di kota-kota tersebut.

Ambil contoh, perhitungan kapasitas jalan di MKJI 1997 selalu didasarkan pada satuan mobil penumpang (smp), sehingga lajur lalulintas yang digunakan juga selalu mengasumsikan besaran mobil penumpang. Untuk kota-kota besar yang jumlah mobil penumpangnya besar, hal ini mungkin cocok, tapi ketika kita melihat di Yogyakarta yang jumlah sepeda motornya jauh lebih besar daripada jumlah mobil penumpang, maka formulasinya menjadi sangat tidak cocok. Jadi, penggunaan MKJI 1997 di Yogyakarta seringkali tidak reliable, dan membutuhkan justifikasi-justifikasi lanjutan. MKJI 1997 juga sudah perlu direvisi, karena sudah berusia 10 tahun lewat. Perubahan perilaku lalu lintas dalam kurun waktu 10 tahun sudah sedemikian hebat.

Contoh2 software yang menganalisis perilaku segmen terisolasi seperti MKJI di luar negeri misalnya adalah OSCADY  (untuk menganalisis simpang bersinyal), PICADY (menganalisis simpang tidak bersinyal), ARCADY (menganalisis bundaran). Ketiganya merupakan produk dari Inggris.

Gimana mas Chabib, tertarik untuk merevisi MKJI 1997 yang sudah uzur itu?

About these ads

66 Comments

Filed under Transport's FAQ

66 responses to “MKJI 1997 bukan Software Pemodelan

  1. Chabib

    Sebelumnya mohon maaf, saya Chabib (mahasiswa FTSP-ITS) yang kepingin konsentrasi ke bidang transportasi terutama lalu lintas.
    Terimakasih, penjelasannya bisa saya pahami… dan sangat berharga bagi saya.
    sebagai penambah pengetahuan untuk perbandingan , kalau boleh tau dimana cara mendapatkan software2 tersebut? Tertarik untuk merevisi MKJI 1997 yang sudah uzur itu?Sebetulnya tertarik juga si.., di surabaya kota saya juga perbandingan sepeda motor jauh lebih besar dibanding dengan mobil penumpang,.
    Menurut pengetahuan saya dalam MKJI yang berpengaruh terhadap kapasitas ruas adalah jumlah lajur.. kenapa lebar jalan & panjang jalan ko tidak?? itu yang menjadi salah satu faktor kenapa saya tertarik untuk merevisi. maaf bila ada kesalahan dalam pengertian atau tutur kata,sebagai mahasiswa yang masih banyak kurangnya ilmu yang saya miliki. matur nuwunn…

  2. Chabib

    Dalam mengolah data OD survey apa ada program bantunya (software) ???

  3. rizkibeo

    Mas Chabib di ITS,
    Dalam formulasi di MKJI, memang yang berpengaruh terhadap hitungan kapasitas adalah jumlah lajur, yang pastinya berpengaruh ke kapasitas dasar (C0). Naa, di MKJI ini kapasitas dasarnya berdasarkan hitungan lajur mobil, karena satuan yang dipakai selalu smp, ini yang menjadi masalah. Lebar jalan tetap dipakai namun berdasarkan lajur yang ada di dalam tabel MKJI (bersadarkan pendekatan empiris).
    Kalo variabel panjang jalan, itu hanya ada di analisis ruas jalan untuk perhitungan waktu tempuh. Biasanya variabel panjang jalan digunakan dalam pemodelan jaringan jalan, bukan analisis segmen terisolasi.
    Pertanyaan kedua, masalah cara mengolah OD survai maksudnya gimana? Kalo hanya sekedar mengolah atau mengkompilasi data OD survai hasil lapangan, maka menggunakan Excel saja cukup kok. Kalo mau membebankan OD survai ke dalam jaringan jalan, na itu baru butuh software pemodelan.
    Semoga tercerahkan.
    Salam transportasi…

  4. maaf mas,
    saya mau nanya…
    oya perkenalkan saya yudhistira bayu setia aji
    mahasiswa teknik sipil unsoed yang sedang melakukan skripsi tentang kinerja ruas jalan….
    kebetulan saya sedang butuh MKJI 1997…
    jadi pertanyaan saya…
    MKJI 1997 tentang jalan perkotaan
    soalnya saya coba cari dan tidak menemukannya,yang saya dapat justru MKJI sub urban
    mohon bantuannya mas!!!!

  5. rizkibeo

    Halo juga mas Yudhistira,
    Lhah, itu MKJInya kok ndak komplit gitu? Dapetnya dari mana? Kalo setahu saya, buku MKJI 1997 itu udah lengkap, dari mulai jalan perkotaan, simpang tidak bersinyal, simpang bersinyal, bagian jalinan hingga jalan luar kota (sub urban)… Mungkin dapetnya dari fotokopian yang tidak lengkap? Di perpustakaan Unsoed saya yakin pasti ada kok.. Kalo ndak ada juga silakan berkunjung ke Jogja, muter2 kota naik Trans-Jogja (karena hari Senin 18 Feb 2008 besok sudah mulai uji coba), trus saya pinjamin MKJI 1997..hehehe..

  6. Mr. Rizki

    Salam perkenalan, saya Ifan dari jur. planologi tapi tertarik pada perencanaan transportasi.
    Saya ingin melakukan analisis kapasitas ruas jalan tertentu, barangkali bisa memberikan petunjuk model apa yang tepat digunakan.

    Tks

  7. Anggih siYah

    nama anggih siyah, saya anak planologi UNPAS, saya baru semester empat mawu semester lima. kalo noleh tau, MKJI terbaru tahun berapa ya? apa MKJI tahun 1997 sudah ada pembaharuan?

  8. rizkibeo

    #Anggih Siyah,
    MKJI dibuat pada tahun 1997, dan sampai sekarang belum ada revisi atau perbaruan, sehingga umurnya sudah ‘lumayan’ tua, 11 tahun. Inilah yang membuat analisis MKJI harus dibarengi dengan justifikasi-justifikasi lain.
    Sebetulnya manual kapasitas jalan harus selalu diupdate maksimal 5 tahun sekali untuk mengakomodasi perubahan-perubahan sistem transportasi yang ada (bandingkan dengan manual kapasitas-nya Amerika atau HCM yang terupdate 3 – 5 tahun sekali).

  9. putri

    saya mau nanya tentang perhitungan MKJI
    klo perhitungan tentang
    kapasitas ruas jalan dan persimpangan
    untuk tipe jalan 3 lajur 1 jalur
    gimana y???????
    bis-nya udah nyari-nyari kok g ada
    untuk tipe jalan itu.
    makasih……

  10. joe72

    Salam perkenalan.
    Menurut saya sebenarnya software KAJI merupakan program bantu saja. Kita bisa menghitungnya manual lewat excell. Tetapi tetep harus memperhatikan tabel dan gambar yang ada di Manual KAJI (MKJI). Saya setuju dengan mas rizky saat ini memang software tersebut harus banyak direvisi. Karena pernah saat menghitung DS ruas jalan ada yang sampai lebih dari 1. Secara teori hal ini tidak mungkin terjadi. Tetapi hasil perhitungan KAJI menunjukkan hal tersebut. Kesalahan mungkin terdapat pada penentuan kapasitas jalannya atau perumusan di dalam KAJI yang memang memungkinkan hal tersebut terjadi. Pada saat perhitungan kapasitas kita harus mengalikan dengan faktor emp (ekivalen mbl penumpang), lha menurut saya ada penyimpangan nilai emp bila dilihat kondisi jalan saat ini, terutama kapasitas untuk sepeda motor maupun kendaraan berat. Untuk teman2 yang butuh software KAJI dan manual KAJI (dalam format .pdf) for free silahkan email ke namakujoe72.ymail.com. insyaallah sy akan balas. Thx semoga bermanfaat.

  11. SIGI

    assallamualaikum,
    mas JOE72,saya mahasiswa dari STT MANDALA Bandung,minta tolong tolong banget.minta tolong sebesar-besarnya.saya lagi butuh software KAJI dan manual KAJI, karena saya sedang mengerjakan skripsi tentang analisa lalu lintas.saya butuh mas.tolong ya mas.sebelumnya terima kasih banget sudah mau membantu.Ditunggu y mas!
    wassalam.

  12. amel

    Salam kenal
    Saya sedang mencari refrensi mengenai pemodelan transportasi pada masalah kacalakaan jalan raya untuk analisis audit keselamatan jalan raya di suatu daerah tertentu.
    Apakah ada yang bisa bantu saya?
    Trimakasih
    Beo : salam kenal kembali.. mungkin bisa diperinci maksudnya penelitian untuk analisis audit keselamatan atau pemodelan kecelakaan? output penelitiannya nanti kira2 apa ya?

  13. Aji

    Untuk Bu Amel, , Untuk membantu rujukan tsb, saya punya referensi ttg audit keselamatan (menyangkut pengertian dan hal-hal apa saja yang diperluakan dlm audit keselamatan). please kontak ke email saya aji.suraji@gmail.com.
    Beo : terima kasih Pak Aji atas infonya, silakan mbak Amel langsung kontak dengan Pak Aji, pakar road safety.. Btw, Pak Aji kayaknya kita pernah ketemu di FSTPT ya…Saya link blog-nya ya…

  14. tonny hr

    salam kenal
    saya pingin tau ni……. berdasarkan pengamatan saya terminal bayangan marupakan salah satu hambatan samping. kira-kira solusi apa yang bisa dijadikan sehingga terminal bayangang bisa bekerja efektif dan dapat diterima bukan dihilangkan
    Beo : salam kenal juga mas Tonny, maaf agak telat balasannya nih….
    Untuk terminal bayangan, secara legal memang tidak ada, dan biasanya menjadi hambatan samping ruas jalan yang ada di sekitarnya. Solusi yang dapat diambil adalah membuat terminal bayangan menjadi terminal resmi sesuai KM No 31 Tahun 1995 tentang Terminal Transportasi Jalan (bisa di download di halaman Download). Adanya terminal bayangan merupakan demand yang sebenernya dapat diwadahi secara resmi oleh Pemerintah, namun tetap harus mengacu pada syarat dan ketentuan pembuatan terminal.

  15. toni

    Assalamualaikum…
    Saya sedang mencarai referensi mengenai pemodelan angkutan umum apa ada yang mau bantu saya.?
    apa ada yang punya sofware RDS?

    tolong hubungi email saya..

    Beo : wa’alaikum salam… Pemodelan angkutan umum dapat dilakukan dengan software transport modelling, seperti emme/2 atau CUBE, karena pola pergerakan angkutan umum tetap mengikuti pola pergerakan lalulintas. Hanya dalam perlakuannya dapat dibedakan berdasarkan data matrik asal-tujuan angkutan umum (kedua software di atas dapat mengakomodasi matrik secara khusus, misalnya angkutan umum)..
    Saya belum pernah denger ada software RDS untuk transport. Software RDS bukannya untuk management, untuk aplikasi efisiensi manajerial?
    Mungkin ada temen2 lain yang ingin share?

  16. deny

    ass bp rizky
    ni deny pa mahasiswa bimbingan TA nya bapa…
    deny mau tanya nih pa.
    ini pertanyaan waktu sidang kemaren..deny dah coba baca di MKJI tapi waktu deny tanya ke bp bahnas, katanya jawabannya masih kurang.
    1. apa yang terjadi terhadap lalulintsa jika bundaran semakin kecil
    2. kalo ukurannya semakin besar, apa pula yang akan terjadi…
    mohon jawabannya yah pa…..heheheheh terimakasihhhhh

    wasalam
    Beo : wa’alaikum salam, Den…
    Ukuran suatu bundaran berpengaruh terhadap sudut belokan sebuah kendaraan (yang berpengaruh terhadap kemungkinan adanya konflik lalulintas), sehingga harus ada kriteria yang jelas mengenai dimensi bundaran standar.

  17. chabib

    salam mas…
    mau tanya boleh ?,
    Kasus 1
    kalo analisa simpang tak bersinyal ndak bisa di analisa atau capasitasnya = 0 (kenapa) ?.
    kondisinya pada simpang 3 (tiga)
    jalan mayor = 2 (dua) arah & blh belok
    jalan minor = cuma untuk keluar saja (exit)
    kenapa kok capasitasnya = 0 dan otomatis DS=0

    kasus 2
    pada simpang 3 tak bersinyal
    jalan mayor = 1 (satu) arah
    jalan minor = 2 (dua) arah
    padahal tidak ada konflik tetapi kok bisa keluar nilai DS?

    matur sembah nuwun mas…….
    salam transportasi

    Beo : wah, agak aneh tuh hasilnya, hehehe….
    Cuma saya agak kesulitan membayangkannya. Bisa dikirim hasil KAJI-nya ke email saya? Sudah punya alamat email saya kan mas Chabib? Coba nanti saya lihat.
    Salam transportasi!

  18. Afi

    assalamualaikum pak rizki.
    saya pengen nanya pak.
    software KAJI itu sebenarnya seperti apa tampilannya?(maklum blm prnah liat) sudah user-friendly atw blm?KAJI itu sendiri di buatnya pake bahasa apa ya pak? apa cuma dari excell atau sudah pake bahasa yg biasa di pake untuk software development.
    terimakasih
    wass. wr . wb
    @Wa’alaikumsalam mas Afi.
    Sofware KAJI itu merupakan software buatan tahun 1997 (bareng dengan pembuatan Manual Kapasitas Jalan Indonesia/MKJI). Saya ga tau bahasa yg dipake, (karena saya bukan orang IT, hehehe). Tapi yang jelas dulu berbasis DOS (bisa dijalankan di Windows 97). Ketika Windows sudah pada versi XP, KAJI tidak lagi bisa dipakai, namun ada beberapa mahasiswa yg mencoba mengotak-atik, sehingga sekarang KAJI bisa digunakan lagi di versi XP atau Vista.

  19. Sarah

    sebelumnya perkenalkan saya sarah, mahasiswa teknik sipil unsyiah :)
    terima kasih untuk mas beo dan rekan2 lainnya yg telah banyak memberikan informasi mengenai MKJI, saya sendiri juga baru 1 tahun belakangan menggunkan MKJI/KAJI.
    begini mas beo, saya sekarang sedang mengerjakan tgas akhir saya, dan dosen pembimbing saya lebih menyarankan untuk mengangkat masalah KAJI ini, analisa kasusnya simpang 5 lengan yg diatur oleh lampu lalu lintas. tetapi yg saya lakukan adalah tidak langsung menggunakan KAJI, tetapi membandingkan hasil akhir dengan hasil yang menggunakan KAJI. Nah, yang ingin saya tanyakan disini, apakah dengan menggunakan bantuan software lain seperti excell dan SPSS dapatkah kita melakukan perbandingan untuk hasil yang didapat nanti?
    jadi, dari software tersebut, hanya di input formula2′a saja, yah kurang lebih seperti itu..
    terima kasih…
    #sarah : metode perhitungan simpang bersinyal di Indonesia menggunakan MKJI, sedangkan kalau menggunakan aplikasi Excel, rumusnya kan juga harus mengacu pada MKJI? Brarti nanti hasilnya pun pasti akan sama. Bila akan menggunakan perbandingan, dapat digunakan software lain (misalnya membandingkan OSCADY dan MKJI), karena nanti hasilnya pasti berbeda

  20. amar

    Ada yang punya software KAJI?

  21. Chrisna

    saya mau tanya tentang mkji
    yang dimaksud dngn terlindung dan terlawan dalam MKJI itu apa???

  22. chrisna

    mas saya mau tanya apa perbedaan antara terlindung dan terlawan dalam persimpangan di dalam mkji 1997??
    terima kasih atas perhatiannya
    #chrisna : “terlindung”, artinya terlindung dari adanya potensi konflik dengan kendaraan dari mulut simpang yang lain, kebalikannya adalah “terlawan”, yaitu ada potensi konflik dengan kendaraan dari mulut simpang yang lain.

  23. ullie

    mw tanya cari software KAJI download dmn?
    trus minta refrensi untuk analisa penerapan jalan satu arah dunk,,
    cz kajian teorinya masih dikit bgt.. thx..
    #ullie : software kaji sudah saya kirim via email….untuk penerapan jalan satu arah ada di manualnya (MKJI)

  24. ari

    salam kenal ya mas…
    saya lagi ngerjain tugas dg MKJI. Bisa bantu buku MKJInya yang lengkap nggak mas?? trm kasih sebelumnya
    #ari : coba di websitenya PU, bisa didownload di sana dalam bentuk pdf….

  25. janzt

    salam kenal, saya rencana mau buat tugas akhir tentang analisis simpang bersinyal dan mau pake acuan mkji saya sudah ada mkji tapi belum punya softwarenya, bisa bantu ngga pak terima kasih,,
    #janzt : salam kenal kembali…
    untuk software kaji nanti bisa saya kirim via email….

  26. rangga

    Ass. sblmny perkenalkan nama saya rangga mahasiswa t.sipil unsri. kbetulan skr saya sdg mengerjakan tugas akhir.
    mas saya mo tny.
    1. adakah pengaruh cara perhitungan waktu antara yang menggunakan /15 menit dg mengambil bbrapa sample dan yg menggunakan /10 detik dg sample sbnyk 30 cycle pada saat pengambilan data dilapangan pada wktu melakukan survey?
    2. bagaimana cara penggunaan program kaji untuk simpang tiga?
    3. apa saja output yg bisa saya ambil dari pemakaian program kaji ini karena saya dituntut untuk lebih detail lagi dalam penjabaran program ini???
    untuk bantuanya saya haturkan terimakasih yg sebesar-besarnya..

    • rizkibeo

      #rangga : wa’alaikumsalam…
      1. Pertanyaan agak kurang jelas, survey yang dimaksud apakah akan menghitung waktu antara (headway) kendaraan, atau menghitung arus di simpang?
      2. Maksudnya untuk simpang tiga bersinyal? Di dalam program terdapat identitas pendekat, sehingga dapat dimasukkan masing-masing lengan pendekat. Kalau simpang tiga berarti identitas pendekat berjumlah tiga.
      3. Output yang dapat dihasilkan dalam analisis simpang bersinyal adalah seperti yang tertuang dalam MKJI atau kalo di program KAJI adalah pada SIGIV dan SIGV, yaitu kapasitas (C), derajat kejenuhan (DS), jumlah kendaraan antri (number of queue/NQ), panjang antrian (queue length/QL), dan tundaan (delay/D)

  27. ndin

    ass… mas saya mahasiswa sipil lagi TA niy,, lagi butuh software KAJI mohon bantuannya.. thx

  28. Andy

    Salam kenal mas,

    Saya bekerja di sebuah konsultan transport yg berbasis di Inggris.
    Mau nanya beberapa hal:
    1. MKJI 1997 itu bener gak pernah di update lagi ?
    2. Referensi nya dari HCM US kan ?
    3. Apakah isi MKJI itu bener2 berbeda dengab DMRB nya UK ?
    4. Ada gak segmen di MKJI itu yg mengatur ttg road safety

    Terima Kasih banyak mas sebelumnya.

    Andy

    • rizkibeo

      #andy, salam kenal juga mas andy….
      1. iya, betul, sejak dibuat tahun 1997 sampai sekarang belum pernah ada update….
      2. referensi kebanyakan memang mengacu pada US HCM 1985 – 1992.
      3. saya belum membaca DMRB (Design Manual for Roads and Bridges) UK secara keseluruhan, sehingga belum bisa membandingkan secara presisi. Nanti kalau ada waktu coba saya buka DMRB mas…hehe….
      4. setahu saya, MKJI belum sampai mengkaji masalah road safety. Misalnya pada simpang bersinyal, MKJI tidak memasukkan variabel road safety, berbeda dengan Oscady-nya TRRL UK yang sudah memasukkan variabel kemungkinan adanya potensi kecelakaan terhadap pedestrian yang crossing.

  29. Imam

    Assalamualaikum pak rizki,
    saya imam, mahasiswa sipil UNLA yang sedang berusaha menyelesaikan TA. Mohon bantuannya pak.., sy sangat membutuhkan sekali program KAJI.. Terima kasih sebelumnya.
    Wassalam..

  30. abi

    iya,,MKJI 1997,,kayanya pada males di update,,deh,,
    dan menurut gw,,standarisasi yg ada di MKJi 1997,,kan adalah berdasarkan kondisi lalulintas 13 tahun yg lalu,,sedangkan kondisi lalulintas sekarang aja uda beda bgt,,semakin semrawut,,jd yaa,kyanya uda kurang afdol mgkn,,contohya untuk nilai equivalensi sepeda motor,,di MKJI 1997 besarnya 0,5,,,tapi kondisi lalulintas skrg sepeda motor kyanya uda merajai jalanan,,kota,,jd harus dicari lg nilai ekivalensinya,,begitu buat yg mau ngambil TA,,kayanya topik bagus niy,,buat nyari nilai ekivalensi sepeda motor saat ini,,knp ngga coba analisis,,hehe

  31. daniel LGaol

    salam kenal mas, sy lg nyusun tugas akhir ni, ingin mengkoordinasikan 2 simpang bersinyal, dengan MKJI’97 bisakah kedua simpang bersinyal di koordinasi?? o ya, sy juga butuh software KAJI, tolong bantuan nya ya mas… help me please..

    • rizkibeo

      #daniel, salam kenal kembali…untuk koordinasi simpang bisa menghitung dengan cara manual atau dengan software Transit, bukan dengan MKJI 1997, karena MKJI 1997 hanya untuk impang terisolasi atau simpang tertutup.
      Software KAJI saya kirim via email.

      • daniel LGaol

        tp mas, ada saya dapat tugas akhir dari ITS mengkoordinasi persimpangan dengan metode MKJI, tolong pencerahan nya mas, di universitas saya tidak disediakan software transyt..

      • rizkibeo

        #daniel, mungkin metode yang dimaksud adalah dengan mengkoordinasikan simpang dengan cara manual, kemudian melihat kinerjanya dengan MKJI 1997. Tapi ini agak bias, karena seharusnya koordinasi simpang itu kinerjanya dihitung secara keseluruhan simpang, bukan per simpang.

  32. natsir

    mas rizki bisa bantu gak butuh software kaji nih tq..

  33. Robby

    Salam kenal mas,,
    saya butuh software KAJI nih mas,,
    kira2 mas bisa kirimin ke email saya gak mas?
    sebelumnya terima kasih ya mas..

  34. Dimas

    Salam kenal,mas,,,
    saya mau nanya,perbedaan KAJI sama MKJI itu dimana ya mas,klo di buatnya bareng th 97??? kalo boleh saya minta manual KAJI baik software maupun document,soalnya selama ini saya cuma pake manual MKJI 97,,,,trimakasih banyak !!!!!

  35. Asep

    Salam kenal mas!

    Saya butuh software KAJI dan manualnya,
    kira2 parameter inti apa yang harus dikaji untuk membuka trayek baru? n referensinya apa ya?

    terimakasih

  36. nindy

    smp unt pejalan kaki dan sepeda berpa ya? tq

  37. Laurence

    hallo pak Rizki…. salam kenal
    saya seorang mahasiswa T’Sipil
    saya butuh software KAJI, karna berkaitan dengan TA yang ingin saya ambil mengenai analisis simpang tak bersinyal.
    Trims sebelumnya Pak…

  38. dodi

    hallo pak Rizki…. salam kenal
    saya seorang mahasiswa T’elektro d’salah satu iniv. swasta d’bandung
    saya butuh software KAJI, karna berkaitan dengan TA yang saya ambil mengenai perancangan sistem informasi lalu lintas kota bandung.
    Trims sebelumnya Pak…

  39. Hasan

    pak minta tolong dikirimin software KAJI ya pak, makasih,,,,,,

  40. ferdianto

    mas minta bantuannya.
    saya butuh software KAJI, karna berkaitan dengan TA yang ingin saya ambil mengenai analisis simpang tak bersinyal..
    tolong ya mas..

  41. Assalamualaikum
    Salam kenal mas.
    nama saya Ibrahim saya mahasiswa T-Sipil
    Saya butuh software KAJI tolong bantu
    trima kasih.

  42. selamat malam pak. . .

    saya butuh software kaji, untuk TA saya..

    mohon bantuannya untuk mengirimkan ke email saya..

    terimakasih pak..

  43. Fajar

    Mas, minta software KAJI ya? kirim ke e-mail afna_joss@yahoo.co.id makasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s