TRANSYT vs MKJI 1997 ?

Posting ini sekaligus menjawab pertanyaan #Ika yang lumayan bagus.

Perbedaan siginifikan antara MKJI 1997 (dari sisi analisis simpang bersinyal) dengan Transyt adalah dalam perlakuan simpang. MKJI 1997 adalah manual yang digunakan untuk menganalisis simpang secara tertutup, sedangkan Transyt menganalisis simpang secara terbuka (misalnya 2 atau lebih simpang dapat dianalisis secara bersama-sama dalam waktu yang sama).
Jadi secara teori dua software tersebut memiliki formulasi yang sangat berbeda, meskipun outputnya nanti juga hampir sama, yakni kinerja simpang (volume per kapasitas atau derajat kejenuhan, tundaan, antrian, dll).
Sebenarnya kalo ingin membandingkan dua software yang memiliki tujuan sama adalah misalnya analisis simpang bersinyal metode MKJI 1997 (dengan software KAJI-nya) dengan software OSCADY (buatan TRL Inggris), karena OSCADY memang khusus digunakan untuk analisis simpang bersinyal secara tertutup. TRL juga memiliki software lain yang dapat dibandingkan dengan metode2 MKJI, misalnya PICADY untuk analisis simpang tidak bersinyal, atau ARCADY untuk analisis bundaran. Untuk software-software ini nanti akan saya kupas perlahan dalam posting-posting mendatang.
Data yang dibutuhkan dalam software Transyt adalah : data volume jam puncak simpang yang akan dikoordinasi, kapasitas simpang (berarti kita butuh data geometri simpang juga), setting lampu lalulintas, saturation flow/data arus jenuh, jarak antar simpang, kecepatan kendaraan (yang akan digunakan dalam formulasi platooning atau perilaku kendaraan yang akan berjalan dalam satu peleton).

Transyt dapat dilakukan efektif pada lalulintas yang punya karakteristik kecepatan yang diasumsikan dapat disamakan, sehingga untuk kondisi mix traffic (yang misalnya banyak kendaraan lambat, ie sepeda, becak dll) model Transyt ini pasti memiliki output yang cukup bias.

Selamat belajar…

About these ads

7 Comments

Filed under Transport Sofwares

7 responses to “TRANSYT vs MKJI 1997 ?

  1. Deny

    Bp adakah buku yg membahas tentang software arcadi untuk analisis kinerja bundaran tak bersinyal? Kalau di bandingkan dgn MKJI manakah yg lebih akurat dari segi hasil…klo boleh tau ada ga software arcadi yg free. Trimakasih,

  2. rizkibeo

    #Deni,
    Buku tentang Arcady ya mungkin tepatnya buku manualnya, karena buku manual selalu menjelaskan tata cara operasional software dan penjelasan tentang formulasi2 yang digunakan. Buku manualnya kalo ga salah ada di perpustakaan JTS UGM atau di perpustakaan MSTT UGM.
    Software Arcady belum ada yang free. Di Yogyakarta, software ini ada di Lab Komputasi MSTT UGM. Sepanjang pengetahuan saya, di Yogyakarta memang baru UGM yang punya.

  3. rezky agung

    pak bagaimana dengan picady..??

    apa picady khusus untuk simpang tak bersinyaaL..??

    ada manuaL’a ga pak..??

    saya udah mubeng2 perpus S1 tapi ga ada,,

    hehhehee,,

    dan bLm k MSTT,,,

    Beo : ya, Oscady untuk simpang bersinyal, Picady untuk simpang tak bersinyal. Manual ada di perpustakaan MSTT UGM, programnya ada di labkom MSTT UGM… Selamat belajar ya..

  4. daniel

    mas,, ada software transyt nya ga?? sy dapat versi 13 tapi yang demo.. ada yg fullversion ga mas??? help me.. untuk tugas akhir saya..plisss

    • rizkibeo

      #daniel : kalo fullversion memang harus beli mas, hehehe…..
      atau bisa juga menyewa di lab transportasi yang punya softwarenya.

  5. niyel

    mas…bisa minta software MKJI nya?? kemarin punya saya hilang.. :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s