Perencanaan Survai dan Analisis Data Kecelakaan Lalulintas di Jalan (1)

oleh : RIZKI BEO

(disarikan dari bahan tutorial/pelatihan Traffic Safety)

KECELAKAAN adalah :

  1. suatu rentetan kejadian yang biasanya mengakibatkan kematian, luka atau kerusakan harta benda yang tidak disengaja dan terjadi di jalan atau tempat yang terbuka untuk umum dan digunakan untuk lalulintas kendaraan (National Safety Council, 1996),
  2. suatu peristiwa di jalan raya yang tidak disangka-sangka dan tidak disengaja melibatkan kendaraan dengan atau tanpa pemakai jalan lainnya, mengakibatkan korban manusia atau kerugian harta benda. Korban kecelakaan lalulintas dapat berupa korban mati, luka berat dan luka ringan dan diperhitungkan paling lama 30 (tiga puluh) hari setelah kecelakaan terjadi (PP No. 43 Tahun 1993 ttg Prasarana dan Lalulintas Jalan)
  3. suatu peristiwa yang terjadi akibat kesalahan fasilitas jalan dan lingkungan, kendaraan serta pengemudi sebagai bagian dari sistem lalulintas, baik berdiri sendiri maupun saling terkait ( Carter, 1978 )
BAGAN ALIR PENELITIAN KECELAKAAN :
JALAN adalah prasarana transportasi darat yg meliputi segala bagian bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukkan bagi lalulintas, yg berada pada permukaan tanah, di atas permukaan tanah, di bawah permukaan tanah dan/atau serta di atas permukaan air kecuali jalan kereta api, jalan lori, dan jalan kabel (UU No 38 Tahun 2004).
JALAN terbagi atas : Jalan Umum, Jalan Khusus dan Jalan Tol.
BAGIAN-BAGIAN JALAN :
  1. RUMAJA (Ruang Manfaat Jalan) : ruang sepanjang jalan yang dibatasi oleh lebar, tinggi dan kedalaman tertentu yg ditetapkan oleh penyelenggara jalan yg bersangkutan berdasarkan pedoman yg ditetapkan oleh Menteri. Yang hanya diperuntukkan bagi median, perkerasan jalan, jalur pemisah, bahu jalan, saluran tepi jalan, trotoar, lereng, ambang pengaman, timbunan dan galian, gorong-gorong, perlengkapan jalan dan bangunan pelengkap lainnya.
  2. RUMIJA (Ruang Milik Jalan) : terdiri dari ruang manfaat jalan dan sejalur tanah tertentu di luar ruang manfaat jalan yg diperuntukkan bagi ruang manfaat jalan dan pelebaran jalan maupun penambahan jalur lalulintas di kemudian hari serta kebutuhan ruangan utk pengamanan jalan.
  3. RUWASJA (Ruang Pengawasan Jalan) : ruang tertentu di luar ruang milik jalan yg penggunaannya ada di bawah pengawasan penyelenggaran jalan. Ruang ini diperuntukkan bagi pandangan bebas pengemudi dan pengamanan konstruksi jalan serta pengamanan fungsi jalan.
KLASIFIKASI JALAN :
  • SEGMEN : jalan perkotaan, jalan luar kota, simpang, ruas, dll (MKJI 1997)
  • FUNGSI JALAN : arteri, kolektor, lokal, lingkungan (UU 38 Th 2004)
  • PERANAN JALAN : arteri primer, sekunder, dll (PP 26 Th 1985)
  • KELAS JALAN : Kelas I, II, III (PP 43 Th 1993)
  • WEWENANG PEMBINAAN JALAN : nasional, provinsi, kota/kabupaten, desa
  • MEDAN JALAN : datar, pegunungan (geometri).
DATA JALAN yang DIBUTUHKAN : panjang jalan, jalur lalulintas, tipe jalan, alinemen, kelas jarak pandang, guna lahan, hambatan samping, komposisi lalulintas.
FASILITAS JALAN : APILL, non APILL, rambu lalulintas, marka jalan, lampu penerangan jalan (LPJ).
DATA KECELAKAAN :
  1. DATA UTAMA (Primary Base Data) : jumlah kecelakaan, waktu, lokasi, klasifikasi jalan, kondisi jalan (kering, basah, berlumpur, pasir), keparahan, jenis kendaraan yg terlibat, umur dan jenis kelamin pengemudi, uraian singkat gerakan pemakai jalan.
  2. DATA TAMBAHAN (Supplementary Base Data) : kondisi APILL atau Non APILL, objek benturan, kerusakan jalan, cuaca, kondisi penerangan jalan (bila kecelakaan terjadi malam hari).
  3. DATA PELENGKAP (Complementary Data) : gerakan kendaraan atau pengemudi (menyiap, lurus, belok, dll), gerakan pejalan kaki (menyeberang, berjalan di pinggir, dll), kondisi fisik, penggunaan alat2 keselamatan (safety belt, helm, dll), kerusakan kendaraan (lampu berfungsi atau tidak, rem, dll).
  4. DATA ADMINISTRASI : nama jalan, nama kantor polisi terdekat yg melapor, nama petugas pencatat kecelakaan, nama+alamat+no sim pengemudi, pemilik kendaraan, nomor kendaraan (plat), nama dan alamat saksi, pernyataan pengemudi+korban+saksi, perkiraan kerusakan kendaraan.
Contoh formulir pencatatan kecelakaan (Formulir 3L) :
SOFTWARE MAAP :
(bersambung)
About these ads

7 Comments

Filed under Traffic Safety

7 responses to “Perencanaan Survai dan Analisis Data Kecelakaan Lalulintas di Jalan (1)

  1. BENI

    Saya ibni, mahasiswa MSTT UGM-AIT
    Berarti mas udah pernah/pengalaman untuk analisa kecelakaan pake MAAP? dan apa kesulitannya? apa kekurangan dan kelebihan MAAP mas?
    aku rencana mau ambil thesis mengenai analisa kecelakaan pake MAAP. cuma masih bingung untuk daerah studynya. Kalo di Jogja untuk data kecelakaan di Kepolisian gampang gak mintanya.
    Mungkin kapan-kapan saya bisa konsultasi masalah MAAP, boleh kan?
    thanks…

  2. rizkibeo

    MAAP hanya salah satu cara untuk memudahkan pencatatan dan analisis data kecelakaan lalu lintas. Bentuknya sederhana, user friendly. Saya lihat di perpustakaan MSTT juga sudah banyak thesis yang menggunakan MAAP, jadi dapat dijadikan sumber2 rujukan.
    Permasalahan utama analisis kecelakaan di Indonesia adalah minimnya data. Rata-rata data kecelakaan di hampir di seluruh kota di Indonesia mengalami bias yang sangat besar. Banyak angka kecelakaan yang tidak tercatat di kepolisian, sehingga analisis-nya juga akan mengalami bias. Seringkali (hampir semua malah) data di kepolisian, Jasa Raharja, dan data rumah sakit berbeda angkanya.
    Silakan kontak kalo ingin share, nomor saya ada di Mas Jaiz, Mba Emy, atau Mba Lusy.

  3. hendro

    mas untuk tulisan tentang analisis kecelakaan seperti di atas bisa bisa didownload g? cos saya kurang tau mas jaiz, mba emy, atau mbak lusi
    Beo : bahan perencanaan survai kecelakaan lalulintas dapat didownload di halaman download, di bahan kuliah.

  4. zitos

    bang sambungan ya mana,,soal yasedikit nyambung dgn tugas yg saya buat bang

  5. dyah

    dear Rizki..
    inspiring blog..
    penelitian yang bagus dan bermanfaat
    pasti sangat dibutuhkan untuk mengetahui data akurat ttg kecelakaan..
    sering2 di update ya
    salam semangat

    • rizkibeo

      #dyah : thank you for your comments. Terima kasih kunjungannya.
      Blog ini agak lama memang tidak terupdate karena kesibukan saya.
      Komentar yang pending masing cukup banyak juga, belum sempat membalas satu per satu.
      Salam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s