Gunung Misterius Muncul di Laut

Taken from detiknews.com

Jumat, 15/08/2008 17:58 WIB
Gunung Misterius Muncul di Laut
M Hanafi Holle – detikNews

Ambon – Ketakutan melanda warga desa Abat, kecamatan Wuarlabobar, kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), sejak seminggu belakangan ini. Betapa tidak, secara tiba-tiba sebuah gunung misterius muncul di depan perairan desa itu.

Gunung dengan tinggi sekitar empat meter dari permukaan laut itu berbentuk pulau. Warga desa Abat maupun warga di kecamatan Wuarlabobar dibuat ketakutan.

“Gunung itu muncul dengan ketinggian empat meter dari permukaan laut,” ujar Camat Wuarlabobar, Buce Kelwulan, kepada wartawan di kantor Bupati MTB.

Hal ini juga dibenarkan Bupati MTB, Bitto S Temmar, ketika dikonfirmasi detikcom, Jumat (15/8/2008).

“Kita belum dapat memastikan apakah itu gunung atau pulau. Yang pasti muncul dari kedalaman 80 meter dari dasar laut disertai semburan lumpur.  Sebelumnya informasi ini diketahui setelah warga kecamatan Wuarlabobar, menelpon melalui radio telekomunikasi milik Pemda MTB,” kata Bitto Temmar.

Sementara itu, salah satu warga MTB, Evert Makupiola, mengungkapkan, saat kemunculan gunung itu, sebagian warga di kecamatan Wuarlabobar, memilih mengungsi di kampung-kampung tetangga yang jauh dari gunung tersebut.

“Ada ketakutan warga akan muncul bencana luar biasa,” ujar Evert.

Kendati demikian, menurut Evert munculnya gunung misterius itu diprediksi akibat gempa bumi tektonik berkekuatan 6,9 SR pada, Kamis 7 Agustus lalu.

“Gempa saat itu terjadi di perairan Namtabung. Gempa juga dirasakan di sekitar pulau Damer, Babar dan Kisar,” ungkap Evert, yang juga wartawan salah satu media cetak lokal di MTB.

Untuk mengantisipasi hal itu, Bitto Temmar menurunkan tim ahli untuk memastikan apakah yang muncul itu pulau atau gunung api. “Jika gunung api, apakah masih aktif atau tidak,” ujar Bupati.(han/irw)

About these ads

Leave a comment

Filed under Our Planets

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s