Terminal Bus di Pekanbaru Disesaki Ribuan Pemudik

Sabtu, 27/09/2008 15:42 WIB
Chaidir Anwar Tanjung – detikNews

Pekanbaru – Menjelang hari lebaran, angkutan mudik di terminal bus di Pekanbaru mulai disesaki penumpang. Terhitung sejak H-7, jumlah penumpang rata-rata di atas 2.500 orang per hari.

Terminal bus Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS) atau dikenal terminal Payung Sekaki di Pekanbaru terlihat ramai.  Terminal ini saban hari melayani bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).

“Puncak lonjakan arus mudik kita perkirakan hari ini sampai H-3, khususnya bagi pemudik dari Riau menuju Medan dan Sumbar,” kata Kanit Pengawas Terminal Payung Sekaki, Syaibul Alades  kepada wartawan, Sabtu (27/09/2008) di Pekanbaru.

Dia menjelaskan, mayoritas penumpang akan berangkat menuju Sumatera Utara dan Jawa.Selebihnya arus mudik dipadati dari Riau menuju Sumbar dan sejumlah provinsi tetangga Jambi dan  Palembang.

Syaibul menjelaskan, untuk bus AKAP terhitung H-7 dan H-6, jumlah penumpang perharinya bisa mencapai 2.000 orang. Sedangkan untuk penumpang bus AKDP rata-rata minimal 500 orang perharinya. Namun perkiraan ini akan terus meningkat sampai H-1.

Kalau kita perkirakaan dari H-3 sampai H-1 jumlah penumpang bisa bertambah lagi, malah kita perkirakan bisa sampai di atas 4.000-an penumpang setiap harinya,” kata Syaibul.

Sementara itu perwakilan bus PT Makmur yang ditemui detikcom di terminal Payung Sekaki menyebutkan, terhitung sejak H-7, pihak perusahaan bus trayek Medan – Pekanbaru ini sudah menambah armadanya dari jumlah biasa.

“Jika di hari biasa hanya melayani dengan 7 unit bus, untuk arus mudik kita menambah lebih dari 10 unit lagi. Menjelang lebaran ini sudah biasa terjadi lonjakan penumpang yang sangat banyak dan nyaris tidak terlayani semuanya,” kata H Pasaribu, agen bus Makmur.
(cha/asy)

Sumber : detiknews.com

About these ads

Leave a comment

Filed under Public Transportation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s