Bus Kramat Jati Masuk Jurang di Garut


(Foto: Mansyur Hidayat/ detikcom)
Sumber berita : detiknews.com

Senin, 26/01/2009 05:52 WIB
Bus Kramat Jati Masuk Jurang di Garut
Nograhany Widhi K – detikNews

Jakarta – Bus Kramat Jati masuk jurang di Malangbong, Garut. Peristiwa itu terjadi Senin (26/1/2009) di pagi buta, pukul 04.00 WIB.

“Iya, di daerah Lewo, Kecamatan Malangbong,” ujar petugas bantuan jaga Polsek Malangbong, Ahmad, ketika dihubungi detikcom hari ini, pukul 05.45 WIB.

Menurut dia, semua petugas sedang menuju ke lapangan. Ahmad juga belum mengetahui apakah ada korban jiwa yang timbul dalam kecelakaan ini.

“Korban sudah ada yang dibawa ke Puskesmas Malangbong,” ujarnya. (nwk/nwk)

Senin, 26/01/2009 06:07 WIB
Bus Kramat Jati Masuk Jurang di Garut
Banyak Korban Luka Parah, 1 Orang Dikabarkan Tewas
Nograhany Widhi K – detikNews

Jakarta – Bus Kramat Jati yang masuk jurang di Malangbong, Garut memakan korban sedikitnya 1 orang tewas. Sekitar 7 korban lainnya yang dibawa ke Puskesmas Malangbong luka parah.

Informasi ini dihimpun dari karyawan Puskesmas Malangbong Ujang yang dihubungi detikcom, Senin (26/1/2009) pukul 06.00 WIB.

“Barusan 7 orang (yang dibawa ke Puskesmas). Masih menunggu yang lain,” ujar Ujang.

Ketika ditanya ada atau tidaknya korban jiwa, Ujang mengatakan,”Baru tahu 1 orang (yang tewas). Banyak yang luka parah,” imbuh dia.

Menurut informasi yang didapatnya, jurang tempat Bus Kramat Jati itu terjatuh cukup dalam. “Ini baru dalam penindakan,” tandas Ujang. (nwk/nwk)

Senin, 26/01/2009 07:19 WIB
Bus Kramat Jati Masuk Jurang di Garut, Korban Tewas Jadi 4 Orang
Nograhany Widhi K – detikNews

Jakarta – Korban Kramat Jati yang masuk jurang di Malangbong, Garut yang sudah dievakuasi ke Puskesmas Malangbong sudah 25 orang. 4 Orang di antaranya sudah meninggal.

“Sementara yang terdaftar di Puskesmas 25 orang, meninggal 4 orang. Ada 4 orang lagi yang tergencet di badan bus,” ujar petugas Polsek Malangbong Aiptu Budiono ketika dihubungi detikcom, Senin (26/1/2009).

Budiono mengatakan tidak tahu persis berapa orang penumpang yang terdapat di bus Kramat Jati itu.

“Belum tahu persis. Karena lokasinya jauh dari lokasi,” ujarnya.

Bus Kramat Jati masuk jurang di Malangbong, di daerah Lewo, hari ini sekitar pukul 04.00 WIB. Hingga pukul 07.15 WIB, evakuasi korban dan bus masih dilakukan. (nwk/nwk)

Senin, 26/01/2009 07:31 WIB
Bus Kramat Jati Masuk Jurang Kedalaman 100 M di Garut
Nograhany Widhi K – detikNews

Jakarta – Bus Kramat Jati yang masuk jurang di Malangbong, Garut masih dalam proses evakuasi. Bus itu masuk dalam jurang yang dalamnya 100 meter.

“Infonya, busnya masuk ke sawah, kurang lebih 100 meter dari jalan raya,” ujar petugas Polsek Malangbong Aiptu Budiono ketika dihubungi detikcom, Senin (26/1/2009).

Hingga pukul 07.15 WIB, masih dilakukan evakuasi 4 korban yang menurutnya tergencet badan bus. Sedangkan alat derek, imbuh dia, masih lama untuk datang ke lokasi.

“Memanggil alat derek kurang lebih dua jam,” kata dia.

Lalu lintas di sekitar lokasi, terpantau masih mengalir dan tidak macet.

Bus Kramat Jati masuk jurang di daerah Lewo, Malangbong, hari ini sekitar pukul 04.00 WIB. (nwk/nwk)

Senin, 26/01/2009 08:08 WIB
Bus Kramat Jati Masuk Jurang di Garut
Korban Luka Berat Dirujuk ke RS di Bandung dan Tasikmalaya
Nograhany Widhi K – detikNews

Jakarta – Korban luka berat Bus Kramat Jati yang jatuh ke jurang di Malangbong, Garut dirujuk ke RS di Bandung dan Tasikmalaya. Rata-rata korban luka berat mengalami luka di kepala, patah pinggang dan patah kaki.

Demikian disampaikan petugas Puskesmas Malangbong, Budi ketika dihubungi detikcom, Senin (26/1/2009).

“Korban luka berat sudah dirujuk, rata-rata ke RS di Bandung. Ada yang ke Tasik,” ujar dia.

Sedangkan yang luka ringan, imbuh dia, masih ada 10 orang yang dirawat di Puskesmas. “Mereka dijahit karena luka sobek,” imbuh dia.

Total yang dilarikan di Puskesmas Malangbong, sekitar 23 orang, termasuk 4 orang korban tewas. (nwk/nwk)

Senin, 26/01/2009 10:07 WIB
Kramat Jati Terjun ke Jurang
Korban Tewas 6 Orang, Luka-luka 30 Orang
Mansyur Hidayat – detikNews

Garut – Korban jiwa akibat kecelakaan bus yang masuk jurang di Garut merangkak naik. Perkembangan terakhir, jumlah penumpang yang tewas mencapai 6 orang.

“Jumlah penumpang ada 36 termasuk awak bus. 6 meninggal, 30 luka,” kata Kapolres Garut AKBP Rusdi Hartono di lokasi kejadian, Jl Raya Malangbong, Kampung Pangkalan Lewo, Sukaratu, Garut, Senin (26/1/2009).

Semua korban tewas dan luka-luka sudah berhasil dievakuasi dari jurang berkedalaman 200 meter itu. Korban tewas ditampung di Puskesamas Malangbong yang berjarak 6 km dari lokasi kecelakaan, sementara korban luka-luka sebagian dibawa ke Puskesmas Limbangan.

Belum ada informasi resmi tentang identitas para korban tewas atau selamat. Namun 2 korban tewas yang terakhir dievakuasi mengenakan berjenis kelamin perempuan dengan usia masing-masing berkisar 35 dan 17 tahun.

Bus Kramat Jati B 7859 AC rute Bandung-Wonogiri terjun bebas ke dalam jurang sekitar pukul 04.30 WIB. Belum ada keterangan penyebab kecelakaan, tetapi cuaca pada saat itu cukup cerah, tanpa kabut yang dapat menghalangi pandangan. (gah/nwk)

Senin, 26/01/2009 10:54 WIB
Kramat Jati Terjun ke Jurang
Tak Ada Jejak Pengereman di Aspal
Mansyur Hidayat – detikNews

Jakarta – Penyebab kecelakaan Bus Kramat Jati yang terjun ke jurang masih belum diketahui. Namun fakta di lapangan menunjukkan tidak ada bekas rem di aspal jalan dekat lokasi kecelakaan.

Pantauan detikcom, Senin (26/1/2009), tidak terlihat ada bekas gesekan ban dengan aspal di jalan yang mengarah ke dalam jurang.

Bus seolah-seolah nyelonong begitu saja ke dalam jurang. Padahal jika sopir sempat mengerem, maka akan ada bekas ban di aspal.

Lokasi kecelakaan memang rawan kecelakaan. Tidak tampak adanya pagar pengaman untuk mencegah kendaraan jatuh ke jurang.

Bus Kramat Jati jurusan Bandung-Wonogiri B 7859 AC jatuh ke jurang yang terletak di Jl Raya Malangbong, Kampung Pangkalan Lewo, Sukaratu, Garut, pukul 04.30 WIB. Pada saat itu bus tengah dalam perjalanan dari Tasik menuju Bandung.

Lalu tanpa diketahui alasannya, bus naas itu terjun ke dalam jurang dengan kedalaman 200 meter. Setelah berguling-guling, akhirmua bus terdampar di dasar jurang dengan posisi miring.
(gah/nwk)

Senin, 26/01/2009 14:28 WIB
Bus Kramat Jati Masuk Jurang
6 Korban Tewas Dimandikan di Puskesmas Malangbong
Mansyur Hidayat – detikNews

Garut – 6 Korban tewas dalam kecelakaan bus Kramat Jati di Malangbong telah dimandikan di Puskesmas Malangbong, Garut, Jabar. Petugas masih menunggu jenazah diambil oleh pihak keluarga.

6 Korban itu adalah sopir bus, Jajang Saeful (45), dan penumpang bus, yakni Muhammad Imam Guzaedi (44), Tukimun (40), Winarsih (37), Karina (14), dan Sisyam (70).

Sementara itu 11 orang mengalami luka berat dan 11 orang lainnya mengalami luka ringan. Korban luka berat telah dirujuk ke RS Hasan Sadikin (RSHS) Bandung dan RSUD Tasikmalaya, termasuk kernet bus, Hartono (40), yang menderita patah tangan dan luka-luka di wajah.

Hingga pukul 14.00 WIB, Senin (26/1/2009), proses evakuasi bus Kramat Jati masih berlangsung dengan menggunakan dua buah derek. Kedalaman jurang setinggi 200 meter membuat proses evakuasi menjadi sulit.

Masyarakat masih berkerumun di sekitar lokasi. Akibat kecelakaan ini petugas terpaksa memberlakukan sistem buka tutup di Jl Raya Malangbong arah ke Bandung dan Tasikmalaya. Walau tidak macet total, antrean panjang sempat terjadi. (rdf/sho)

About these ads

2 Comments

Filed under Public Transportation, Traffic Safety

2 responses to “Bus Kramat Jati Masuk Jurang di Garut

  1. Yoha tadi pagi pulang dari jakarta lewat TKP tuh sekitar jam 7 tapi ga bisa lihat soale gw di bus umum dari bandung menuju tasik… emang tuh jurang dalem banget mengerikan skali…

  2. astuty

    mudah2 jgn terjadi lagi dimanapun jg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s