About Rizki?


Rizki Beo?

Noone, but transportaholic.

(Just ordinary man, who loves transportation schemes, especially in urban transport problem, traffic system, modeling transport, urban public transport)
He was born in Solo, Central Java, Indonesia, took bachelor degree in Civil Engineering, Civil Engineering and Planning Faculty, Indonesian Islamic University. His master degree was taken at Master of Transportation System and Engineering (MSTT), Gadjah Mada University, Yogyakarta, Indonesia.
He worked as assistance of Professor Ahmad Munawar, Dr-Ing, Ir., M.Sc and other transport consultants with specialize in Transport System, Traffic Analysis, Computation and Modeling Transport.
Now he lives in Yogyakarta, as a lecturer of transport in Indonesian Islamic University (UII), Yogyakarta, Indonesia.

Bukan siapa-siapa. Hanya seseorang yang mencintai dunia transportasi setengah mati.

Lahir di Solo, kuliah S1 di Jurusan Teknik Sipil FTSP UII Yogyakarta, S2 di Magister Sistem dan Teknik Transportasi (MSTT) UGM Yogyakarta.

Usai S2, bekerja sebagai Asisten pada Prof. Dr-Ing. Ir. Ahmad Munawar, M.Sc, pakar transportasi UGM, dan di konsultan transportasi dengan spesialisasi di bidang Sistem Transportasi, Traffic Analysis, Transport Modelling and Computation.

Sekarang tinggal di Yogyakarta, dan bekerja sebagai dosen transportasi di Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, dan Asisten Dosen di Program Pasca Sarjana MSTT (Magister Sistem dan Teknik Transportasi) UGM Yogyakarta.

Menulis beberapa artikel transportasi dan Harian Kompas Edisi Jogja dan Harian Bernas Jogja. Menulis jurnal ilmiah seperti di Media Teknik.

Suami dari Retno Widya Sasanti, ST, MM

Ayah dari M. Arqi Izza Mahendra, dan M. Kaffa Radya Farabi

Hobi?

Hobi bermusik, dari membuat dan mengaransemen lagu (sebatas koleksi pribadi, hehe). Hobi bermusik, pastinya suka dengar musik. Aliran utama Jazz (dari yang ringan, fusion hingga swing) dan R n B, tapi tidak menolak musik seperti pop dan rock.

Hobi lainnya adalah membaca (apa saja), dari mulai buku text book (off course), buku agama, novel pop, novel teori2 konspirasi hingga sastra, dari buku sejarah hingga filsafat.

Suka nulis juga (baru sampe tahap nulis artikel di koran dan di jurnal, sementara nulis buku diktat dan novel baru separuh jalan (disambi-sambi soalnya)..hehe..
Hobi yang laen adalah utak-atik komputer.

132 responses to “About Rizki?

  1. Tommy

    nama lengkapnya siapa mas? kok pakai nama Beo kenapa?

  2. rizkibeo

    Hehehe…mau tau aja.
    Nama lengkap Rizki Budi Utomo.
    Bisa jadi Beo kenapa ya?
    Gara-gara dulu (pas SMA) pernah nulis Rizki BU, tapi huruf ‘U’-nya kebaca ‘O’, jadi dipanggilnya ‘BeO’.

  3. Puguh Prasetya

    Yth. Mas Rizki

    Saya dari MAP UGM. Saya sedang tertarik mengembangkan analisis kebijakan publik dan studi implementasi untuk Program Trans Jogja. Sepertinya Mas Rizki tahu banyak tentang kajian Trans Jogja, kalau berkenan saya ingin bertemu dengan Mas Rizki untuk mengeksplorasi informasi tentang studi Trans Jogja.
    Bagaimana Mas Rizki? Saya tunggu jawabannya.

    Thanks,
    Puguh

  4. marsini

    salam kenal pak dosen..
    senang deh dah bisa mampir kesini

  5. Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Pak, kami dari HMTS UII. Kami baru saja membuat blog HMTS ini, dan alhamdulillah kemarin senin baru saja diresmikan dengan Ketua Jurusan Teknik Sipil. Dalam pengembangan blog ini kami ingin melink blog-blog dosen Teknik Sipil UII ke blog HMTS. Jadi kita minta persetujuan dari bapak dulu. Boleh ga pak?
    Makasih ya pak sebelumnya…

  6. Syukron Khasiron ya pak…

  7. SOFI

    Hai rizz…. piye kabare…
    iseng-2 kok malah ketemu kamu… hehehe

  8. punya bahan2 tentang sistem road pricing nggak??

    menurut bapak, kalau di jogja diberlakukan road pricing, khususnya utk jalan 2 ramai seperti malioboro bagaimana??

  9. alyne

    Asslmkm

    pa nanya tuk transjogja ada jalur khusus ga ntar???

  10. rizkibeo

    Wa’alaikum salam..
    Trans-Jogja belum memiliki jalur khusus (busway) dengan pertimbangan belum adanya kesiapan geometri jalan dan aspek-aspek sosial. Ke depan, seharusnya konsep angkutan umum dilakukan dengan skema-skema prioritas seperti busway, contra-flow, dan sebagainya.

  11. [R ! d Z]

    ass. wr. wb.
    pak saya mo nanya,

    1. kenapa jalur trans jogja tidak melewati kampus2 lain di jogja seperti Atma Jaya, atau di daerah selain kotamadya seperti UII, UMY?? padahal kan jogja jg terkenal dgn sebutan kota pelajar. apakah ini berkaitan dengan kebijakan hanya di dlm kotamadya saja??

    2. apakah nanti ada penambahan jumlah halte trans jogja??

  12. rizkibeo

    Wa’alaikum salam wr wb.
    1. Jalur TransJogja adalah jalur hasil rekomendasi penelitian di tahun 2005, yang ditetapkan berdasarkan hitungan analisis besaran bangkitan/tarikan perjalanan, serta pertimbangan2 sosial-ekonomi lain seperti misalnya potensi titik persinggungan dengan angkutan lain (AKDP). Sebagai contoh angkutan yg melayani Kampus UII adalah AKDP Kaliurang – Jogja, sehingga titik persinggungannya tinggi dan berpotensi menimbulkan konflik. Jalur perkotaan yang ada adalah di dalam wilayah Aglomerasi Perkotaan Yogyakarta (APY) yang berada di dalam garis ringroad.
    2. TransJogja tentu saja harus selalu dievaluasi berkala, sehingga kemungkinan adanya penambahan halte akan sangat dimungkinkan, mengingat jarak per halte TransJogja yang masih cukup jauh. Beberapa masukan dari masyarakat juga dapat dijadikan acuan penambahan halte, seperti misalnya di Jalan Affandi (Gejayan), dll.

  13. aan8civil

    pak,saya mahasiswa prancangan jalan yg kmr(aan05).
    saya mo tnya:knp skr bnyak bnyak warung di pinggir jalan tetapi kok mereka tidak punya parkiran shg pelanggan memarkirkan mobilnya di pinggir jalan sehingga menimbulkan kemacetan(lebar jalan menjadi kecil).
    knp dari dinas tidak membuat peraturan ttg itu semua???
    Nuwun

  14. Affy

    Dear Pak Rizki,

    Masih ingat saya Pak?
    Affi, Sipil UII 2001, dulu TA saya mengenai perempatan Condongcatur dan saya pakai analisa MKJI Bapak yang versi excell.

    Semasa di Jogja saya mencoba bergelut dengan dunia traffic mengikuti jejak Pak Rizki, namun saat ini realita mengharuskan saya menjadi “kuli bangunan”.

    Pak Rizki, saat ini saya berdomisili di Banda Aceh, apabila Bapak atau dosen-dosen yang lain main kemari tolong saya dikabari..Di sini juga banyak alumni teknik sipil UII, jadi kita bisa buka kuliah terbuka, cukup 2 sks saja Pak di warung kopi.

    Terima Kasih.

  15. rizkibeo

    #Affi,
    Tentu saja saya masih ingat pendekar2 transport di UII termasuk Anda.. Masalah job, tidak masalah, justru harus banyak bersyukur (ingat “la’in syakartum laazi dannakum wa lainkafartum inna adzaabi lasyadiid”)..karena mencari kerja di Indonesia sekarang memang sulit. Data di harian lokal di Jogja saja kemarin menyatakan bahwa ada 500an sarjana S2 yang masih menganggur!!!
    Ok, insya Allah kalo saya pas main ke Banda Aceh, saya akan kabari, krn saya juga kayaknya masih menyimpan nomer Hp Anda (belum ganti kan?).
    Tidak masalah bertukarpikiran di Warung Kopi (Aceh terkenal warung kopinya kan? apalagi saya termasuk penggemar kopi juga, hehe..)

  16. rizkibeo

    #aan,
    Gangguan parkir di badan jalan memang menjadi masalah utama kota2 menengah – besar. Tapi perlu diketahui pula bahwa sekarang sudah ada aturan mengenai ANDAL LALIN atau Analisis Dampak Lalulintas, termasuk parkir. Dalam aturan disebutkan bahwa bangunan2 komersial dengan luas tertentu harus memiliki area parkir off street (atau parkir di luar badan jalan) yang disesuaikan dengan prediksi pelanggan. Misalnya pembangunan rumah sakit, mal, bioskop, bahkan SPBU sekarang harus dilengkapi dengan dokumen ANDAL LALIN ini.

  17. rizkibeo

    #adi, silakan kalo mau TA dengan tema dimaksud.. Dosen pembimbing 1 mungkin bisa dengan Ir. H. Bachnas, M.Sc, lalu ke saya..

  18. aan8civil

    pak rizky, ini dr HMTS. skr dah ad english corner di Blog, tlg di ramaikan,biar agak seru. ad masukan gak buat perkembangan Blog nya???mksh

    saya mo tnya, kok dosen2 kita jarang yg kunjungi blog himpunan y, cuma bpk satu2nya

  19. rizkibeo

    #aan hmts,
    Dosen2 di JTS FTSP UII memang lumayan sibuk. Jadwal kuliah yg ketat, akreditasi, dll, apalagi sekarang UII menerapkan 5 hari kerja. Mungkin dapat dicoba dengan cara menulis surat resmi dari HMTS ke masing-masing dosen agar mengakses dan memberikan tulisan ke blog HMTS.
    Blog HMTS sudah cukup bagus. Mungkin hanya perlu ditambah kajian2 keilmuan teknik sipil dan ditambah juga kajian keagamaan (supaya seimbang kan?) Tidak perlu menulis sendiri, namun cukup mengkopi dari berbagai sumber dengan menyertakan sumbernya.
    Jazakumullah khairan katsira..

  20. Assalamu alaikum,
    Pa Kabar Pak, aman2 sajakah Jogja?
    Wah, saya baru tau ni pa Tjogja udah berjalan
    ketinggalan info nih, maklumlah akhir-akhir ini jarang ber-surf ria di internet.
    Untuk Tjogja ini, apakah ada situs nya sendiri pak? seperti TransJakarta yg ada tercantum petanya.
    Sekedar info pak, sekarang saya masih berada di Minas (pedalamannya Riau), masih di subkon-nya Chevron di Building Maintanance. Kira-kira udah 1 tahun disini, tp rencananya mau cari pengalaman lagi dilain tempat, ya moga2 ada yang lebih bagus lagi.
    oh iya, rencananya saya ada mau ke Jogja, blm tau kapan sih, maunya pas adek saya wisuda.
    Ntar deh kita ngobrol2 lagi ya pak, ya sekedar sharing gitu.

    =Sukses Slalu Pak=

  21. rizkibeo

    #Mulyadi,
    Wa’alaikum salam, kabar saya baek2..
    Trans-Jogja memang sudah berjalan sejak 18 Februari 2008 lalu. Untuk website resmi Trans-Jogja memang belum ada, rencana akan menempel di websitenya Dishub DIY.
    Alhamdulillah kalo Mulyadi sudah bekerja. Mumpung masih muda memang harus sering melanglangbuana mencari pengalaman.
    Jangan lupa mampir kalo ke Jogja ya..
    Jazakumullah..

  22. aan8civil

    makasih pak masukannya, nanti kita bicarakan sm tmn2.
    mau tnya lg pak,kok skr Siptrans gak ad lg knp y???
    sebenarnya aturan lalu lintas scara kseluruhan itu bljrnya ad di mana??

    tlg juga klo ad alumni yg masuk k Blog bpk, infokan juga klo HMTS juga ad Blog. mksh

  23. rizkibeo

    #aan,
    Siptrans memang sudah lama vakum kegiatan. Mungkin karena kurang adanya pola regenerasi yg baik, sehingga agak tersendat-sendat. Temen2 yg konsentrasi di transport mungkin dapat dikumpulkan untuk menghidupkan kembali Siptrans.
    Tentang aturan lalulintas (maksudnya regulasinya?) ada di undang2 14 Tahun 1992 beserta PP yg menyertai. Kalo aturan lalulintas secara umum (rambu2, marka, dll) kan ada di mekanisme pembuatan SIM?
    Ilmu transport secara teknis lebih dalam dapat dipelajari di mata kuliah2 transportasi. Ada juga sekolah tinggi yg khusus transport (STTD atau Sekolah Tinggi Transportasi Darat di Bekasi).

  24. Pak saya akan melakukan studi tentang koperasi angkutan di YK dari sudut koperasinya. punya referensi kah? mohon infonya. terima kasih.

  25. rizkibeo

    #mzwawan,
    Untuk koperasi angkutan perkotaan yang ada di Yogyakarta berjumlah 4 (empat), yakni Kopata, Puskopkar, Kobutri, dan Aspada, serta satu BUMD yakni Perum Damri UBK (Unit Bus Kota).
    Dari sisi koperasinya, tentu saja dapat langsung ke tiap-tiap usaha tersebut, karena tiap tahun pasti ada Rapat Anggota Tahunan yang melaporkan seluruh kegiatan serta neraca keuangannya.

  26. salam dari malang, ini aji dedi kakak aji dodi (alm)… lama juga gak ketemu ya… thanks udah liat blog-ku…kapan-kapan bisa ketemuan dong di jogja atau di malang…
    salam

    http://ajidedim.wordpress.com

  27. rhyoga arie

    Pak saya mahasiswa universitas jember sedang garap skripsi, saya udah stress berat coz da ganti judul 4 kali. Saya sekarang mengambil judul yang ingin menggunakan software KAJI untuk koordinasi simpang dan saya kesulitan untuk mencari software tersebut? mungkin bapak bisa bantu saya, sekaligus dikaish wejangan pak biar gak saya cepet selesai maklum dah malu ma ortu ma temen2 yang dah lulus

  28. rizkibeo

    #rhyoga arie,
    alamat emailnya Anda mungkin salah, statusnya failed..

  29. John Meyer

    Nice blog…

  30. Ryo

    Salam kenal..blognya bagus mas..

  31. eko

    salam kenal Pak Rizky…saya eko civil uii
    Kemarin saya dari jakarta dan saya amati perkerasan jalan diganti dengan sistem rigid…
    Penulangan rigid pavement sama seperti plat kerja…
    Pak mohon manual perhitungan rigid pavement dari perencanaan ketebalan dan penulangan..!
    Terima kasih pak Rizqy
    Wassalamkm wr wb

  32. rizkibeo

    #eko,
    ok, nanti kapan2 saya upload file tentang rigid pavement..

  33. Dear Pak Rizki,
    saya Tisa, alumni sipil uii 03. salam kenal ya pak..(soalnya belom pernah d ajarin Pak Rizki..hhe*)
    sekarang saya bekerja d Dep. PU, Bina Marga, P2JJ Prov. D.I. Yogyakarta. Mohon bimbingannya kalo maw nanya2 ttg jalan pluz jembatan. hehe..nice blog anywayssss :)

  34. rizkibeo

    #tissa,
    Salam kenal juga. Alhamdulillah sudah kerja di P2JJ, yang di Maguwo kan? Pak Salamun masih di sana ga?
    Silakan kalo nanya2 jalan dan jembatan (tapi mustinya orang PU lebih ahli dari saya, hehe..lha wong tiap hari ngurusin jalan dan jembatan)…

  35. Iya Pak, Pak Salamun masih di Pembangunan. Sebenarnya saya di Bina Teknik Jkt (PU Pusat), tp krn baru lanjut S2 di UII, ditempatkan di Jogja-P2JJ. Skrg lanjut di AIT dlm rangka kuliah S2 juga, kerja sama S2 UII dgn AIT. Oya, Pak, saya link blog nya Pak Rizki di blog saya yaa..hehe. Makasi Pak..

  36. rizkibeo

    #Tissa,
    ok, saya link juga. Salam buat Pak Berlian ya..

  37. assalamualaikum pak rizki.. :D..saia putri civil’03..mungkin bapak inget, dulu pernah beberapa kali saia mampir kekantor bapak :)
    hohohoooo saia baru taw kalo ada dosen uii yang suka ngeblog juga, ngelink dari tissa nich.. :)

    just wanna say hello aja.. daridulu emang bapak suka nulis ya kayaknx…

    oia..met puasa pak…
    have a great day..

    #Wa’alaikum salam, putri.. Ini putri yg mana ya? Saya kok lupa…Maklum, udah tua

  38. saia dulu pernah kekantor bapak buat nyerahin tugas..(i’m sure u forgot about me,coz all of ur student did it..:P) heee
    pernah chatting juga di ym..tanya2 soal TA transport..tapi akhirnx saia ambil struktur.. hehe
    kalo lupa ya gpp…wajjar sajja… :D

  39. Aditya Rakit

    Assalammuaikum wr.wb pak rizki..
    ikutan nimbrung ya..

    saya adit (angk.03 ),alhamdulillah sudah lulus..salam kenal ya pak..

    sekarang saya kerja di JGC-indonesia,rada sedikit melebar ke Oil&Gas Industry nie pak..hehe,

    btw saya mau nanya mengenai AASHTO HS20-44 nie pak…

    saya melihat ada sedikit perbedaan dengan loading yang kita ambil di HS20-44 ya?,kalo gak salah pake beban equipment terberat yang direncanakan melewati jalan itu (dalam case saya,untuk design culvert box pak)..mohon masukan dari masternya jalan nie pak??

    oh iya,senang juga bapak bisa ikut meramaikan blog HMTS,btw saya juga pengurus HMTS 2006-2007 pak..

    salam organisasi..!!!

    regards

  40. wah..bapak dosen UII yak?? :D

  41. salam..
    saya juga alumnus Pascasarjana UGM yogyakarta, tp baru lulus juli kemaren. senang bs berkenalan dgn anda :)

  42. robbyirza

    apa kabar mas rizki..
    masih inget ama EMME2
    thanks all support selama di MSTT

    robby
    -aceh-

  43. rizkibeo

    #robby,
    halo juga mas robby, tentu saja masih inget,hehe…kabarku baek2…di aceh gimana?

  44. Reza Prisman

    Bagus sekali mas, saya apreciate dengan blog ini.
    sekarang saya sedang menimba ilmu tentang Intelligent Transport System di Linkopings Universitet, Sweden. Kebetulan ketemu blog ini waktu cari2 referensi.. Kebetulan juga, dosen pembimbing thesis saya nanti sekembalinya dari swedia adalah pak Ahmad Munawar.. Semoga kita bisa berdiskusi, mohon petunjuknya.

  45. Reza Prisman

    satu lagi mas.. kelemahan transportasi di indonesia adalah Data.. saya rasa mas Rizki sebagai “outsider” bisa mengkritisi pihak yang berwenang di bidang transportasi mengenai hal ini.
    bagaimana kita bisa merencanakan sebuah masterplan bila data tidak sinkron ??
    trims.

  46. rizkibeo

    #Reza Prisman,
    Betul mas, kelemahan kita ada di DATA, padahal data adalah sumber utama dalam menentukan kebijakan..Kalaupun kemudian kita punya data, kadang2 kita lemah di SDM yang mengolahnya menjadi sesuatu yang dapat dianalisis.
    Oke mas, ditunggu ilmu2 tentang ITS-nya..hehehe..

  47. jeng rini

    Waahhh…blog yang cantik mas !!!
    Semoga mas Rizki masih ingat dengan saya…..
    Sukses tuk temen2 dishub..salam tuk mas topik,mbak sari, mas sigit dll.
    Beo : wahh, tentu saja saya inget sama jeng Rini tho..hidup prajab!!hehe..btw alamat emailnya ganti ya?

  48. Justian

    Perkenalkan nama saya Justian, seorang mahasiswa S1 sebuah PTS di Yogyakarta,
    Saat ini saya sedang mengambil mata kuliah perencanaan pembangunan dan tertarik untuk mengkaji tentang hubungan antara tata ruang dengan sistem transportasi di Yogyakarta, khususnya mengenai TransYogya

    mungkin Anda bisa memberikan saran yang berguna bagi saya

    Saya tunggu balasan Anda pada alamat email saya:
    justian_bizznet21@yahoo.com

    Terima Kasih

    Justian

  49. adin

    assalamualaikum….
    salam kenal karena saya belom pernah diajar ama pak rizky, pak saya apryadin civil 02 UII,
    saya sekarang kerja di salah satu konsultan di kota Batam,
    setelah saya kerja di batam ada hal yang menarik dari dunia transportasi, terutama di masalah sistim lapu merahnya….
    klau di jogja dulu urutan nya lampunya setelah hijau-kuning- merah….sedangkan di batam saya perhatikan urutanya Hijau-Merah-Kuning…
    saya teringat kuliah pak sigit dulu, urutan Hijau-merah-Kuning biasa di gunakan di luar negeri……Piye nich pak rizky…..?
    Beo : wa’alaikum salam.. pertama saya ucapkan selamat dulu ya udah kerja di konsultan. Masalah sinyal APILL, kok aneh ya urutannya “Hijau – Merah – Kuning”?? Ga salah?? Kalo “Hijau – Kuning – Merah – Kuning” itu masih boleh, tapi kalo “Hijau – Merah – Kuning” itu salah, karena akan berpotensi kecelakaan, karena waktu kuning (plus waktu all red/semua merah) itu digunakan untuk membersihkan simpang dari kendaraan (supaya di tengah simpang kosong dulu), agar tidak berpotensi kecelakaan. Kalo dari Hijau langsung Merah, tentu saja pengemudi kendaraan akan kaget karena tidak ada pemberitahuan melalui nyala Kuning..

  50. deeTo

    mas,
    lam kenal. . .
    deeTo nak sipil 07
    mas maw nanya apa hubungan nya land use dengan transportasi
    trus judul buku yang ngebahas itu apa ?
    ditunggu secepatnya jawabannya mas
    di email d11luvvolly@yahoo.com
    Beo : oke, nanti coba kita share ttg transport dan land use..sekarang masih agak repot, hehe..

  51. salam kenal pak, :)
    Info2nya sangat membantu. Secara saya anak planologi :)
    Beo : salam kenal kembali, mba Mitra.. planologi mana nih?

  52. Sara

    Pak Rizky, saya bisa minta emailnya?
    Terima kasih

    Sara-Sipil Ugm
    Beo : sudah terkirim alamat emailnya..Btw kok namanya masih Sara-Sipil UGM, bukannya udah Sara-MSTT UGM?hehehe..

  53. pak rizky..saya cuma mau nanya,saya denger2 apakah bener MKJI 2002 sudah ada?bila ada dimana saya bisa mendapatkannya? thanks
    Beo : mas Jaya, MKJI belum direvisi sampai sekarang (2008), sehingga masih menggunakan MKJI 1997 (wah, sudah 10 tahun lebih ya??), yang versi softwarenya berupa KAJI 1997. Sofware KAJI ini berbasis DOS, sehingga dulu tidak bisa digunakan pada Windows XP, namun setelah ada utak-atik dari beberapa mahasiswa, KAJI sekarang bisa digunakan di XP dan VISTA. Memang idealnya MKJI harus direvisi minimal tiap 3-5 tahun sekali, seperti halnya AHCM (American Highway Capacity Manual).

  54. chris

    Salam kenal Pak Rizki, penasaran saja Bapak seorang Dosen tapi koq penggambaran di foto mirip seorang pegawai Dishub seperti saya…
    Terima kasih, saya banyak belajar dari karya-karya Bapak.
    Beo : salam kenal kembali mas Chris..Kita sama2 belajar mas, sama2 sharing ilmu..apalagi pegawai Dishub sudah terkenal pinter2 masalah lalulintas kan? Hehe, masa fotonya mirip pegawai Dishub?

  55. vie

    maap, numpang nanya yang gak penting tapi penasaran…hehehe…ini mas budi utomo yang rumahnya di solo (jl.veteran) bukan? smp 1 dan sma 1 di solo? kalo bener, salam bertemu kembali dari sayah. kalo salah, ya abaikan sajah. nuwun :-)
    Beo : waduh, bener… ini siapa ya? vie? vie siapa?

  56. ronny

    saya teringat waktu sama sama masih jadi asisten nya pak munawar, waktu itu kita makan es doger didepan fak kehutanan yg lg di bangun. mas pernah ngomong ke saya.. “saya ingin ikut ilmu semar yaitu .. nyantrik .. ” trus saya nanya.. ” nyantrik ki opo mas?? mas njawab.. ” rela tidak dibayar dalam bekerja tapi dapet ilmu yg banyak” sekarang kesampaian ya mas… memetik hasilnya…
    Beo : hehehe..iya ron..ilmu nyantrik masih relevan yah…jazakillah..

  57. Hi there,

    A couple colleagues of mine keep mentioning your site so I decided to check it out for myself. After spending some time browsing through your site, I’ve got to admit that they were onto something. I have bookmarked it and will check back regularly to keep up with what’s new.

    About what I do, I work for NetQuote, which deals with auto and home insurance among other things. Since the material on your site compliments the material of my site, let me know if you would like to work something out with us.

    I have a team of writers available that can write articles, web pages, blogs, etc… We’re also open to freelance opportunities should you be interested. Let me know if you’re interested or have any questions.

    Thanks and keep up the good work!

    Adam Keyes

    tsa@netquote.com

  58. standly

    Sugeng siang mas rizki….

    sebelumnya, thanks untuk penyambutannya di yogya kemarin……

    Tgl 19 desember ini kami buat workshop penanganan angkutan perkotaan di Denpasar dan sekitarnya dengan salah satu pembicaranya pak Mulyadi (Kadis Yogya). Td saya sdh hub beliau untuk materinya biar dikirim via email. Beliau bilang Ok dan diminta menghubungi mas rizki.
    Tolong ya mas rizki …. biar dikirim via email saya. kalo bisa hari kamis udah terkirim.
    Terima kasih banyak atas bantuannya…….

    standly
    08179715030
    Beo : ok mas Standly, nanti saya siapkan, harus saya review ulang krn bahan powerpoint yg kemaren sangat besar filenya, harus dire-edit..

  59. Nanang Ary, SSiT

    Mas, perkenalkan, saya nanang ary, lulusan STTD Bekasi, bekerja di Dishub Kudus. Saya pengen banget jadi anggota mas rizky. mohon info2 dan bagi2 ilmu dari mas rizky. email saya nanang15_ssit@yahoo.co.id……….. saya masih perlu banyak belajar dari senior2 transporter ky mas..
    Beo : salam transportasi juga mas nanang ary…wah, saya bukan kelompok band atau parpol, jadi ga ada anggota,hehehe..(tapi, ngomong2 selama ini ga ada parpol yang mengusung isu2 transportasi yah?). Tapi gpp, selamat datang di blog saya mas, silakan berbagi ilmu di sini. Bebas dalam keteraturan, teratur dalam kesisteman (wah, jadi kaya Sistranas ya?) Silakan melontarkan ide2 atau apapun yang berkaitan dengan transportasi. Btw, di STTD angkatan tahun berapa? Saya banyak kenal teman2 STTD lho..

  60. ONY SMANSA

    Halo Mas Rizki…
    Opo sampeyan sing ning kelas 2 tau digebyur bapake pas mangkat sekolah… he he … ning sekolah rambute klimis bar digebyur…
    Yen bener .. opo ora gabung karo Katon KLA to ???

    Ony
    Beo : wah, Ony tho…kita kok malah ketemuan di sini ya? hahaha…nyelukmu pake Mas lagi, koyo tamu ae..iya bener On, aku dulu sering diguyur aer krn males sekolah, tapi kok saiki malah dadi guru yo?? nek masalah Katon, wajah mirip, tapi rejeki blas ga mirip On..huahaha..
    Sekarang dimana On? kapan reunian? Aku kirim nomer hape via emailmu yo, biar bisa kontak

  61. ika

    budi…………………..!!!
    aku kancamu ngepit mangkat sekolah di smp 1….
    mbiyen ngepit manahan gading…eee…skg kamu jd pakar transportasi!!
    gmn kabar puisi n rekaman kasetmu itu???
    aku plg sebel kalo kamu mulai nyanyi lg wajib belajar…ingat ndak?
    ika (kembarane yeni)
    Beo : waduh, ono tamu agung pengusaha sukses soko Solo ki..hehehe.. Ika, ..justru karena pengen nostalgia ngepit meneh iku aku mlebu jurusan transportasi, biar nyaman, aman kayak dulu, ga ada polusi gitu… Puisi + lagu masih jalan donk..Eh, Ika, jelek2 gini laguku jadi lagu temanya Trans-Jogja lho..hahaha.. Ayo kapan2 ngobrol2 lagi bareng Yeni, reunian di Solo, malem 1 Suro po biar keramat?..

  62. Nanang Ary, SSiT

    Assalamualikum… saya DIII angk.23, DIV angk 15. masih junior bangetlah..
    betul mas, selama ini ga ada parpol yg mengusung tema transport knp ya??
    Minta emailnya ya mas..
    O ya mas, apakah kebutuhan armada angkudes boleh berubah tiap tahunnya (bahkan berkurang?) berdasarkan kajian evaluasi jumlah armada.. masalahnya perubahan itu brarti ngrubah SK Bupati tiap tahunnya? minta pendapatnya ya mas..
    Beo : Wa’alaikumsalam…alamat email sudah terkirim..Kebutuhan jumlah armada tentunya “sangat” bisa untuk berubah (lihat SK Dirjen ttg Angkutan Perkotaan), dan tentu saja harus merubah SK Bupati tiap tahun, atau tiap ada perubahan. Tapi yg sering menjadi kendala adalah masalah sosial, karena operator merasa “punya” trayek (padahal ijinnya kan di pemerintah kab ya?), sehingga sulit diatur dan dikendalikan. Merubah trayek saja sangat sulit, apalagi merubah jumlah armada. Ini karena sistem angkutan kita yg masih berbasis setoran. Sistem ini perlahan digantikan dengan sistem baru berupa Buy the Service (yg sudah saya kupas dalam tulisan2 terdahulu). Contoh terapan buy the service adalah di DKI Jakarta via Bus Trans-Jakarta, dan di Jogja via Bus Trans-Jogja. Dengan sistem ini kita akan sangat mudah mengendalikan trayek dan jumlah kebutuhan armada.

  63. Nanang Ary

    Assalamualikum mas.. makasih atas emailnya.. betul mas, kondisi sosial adalah salah satu kendala di lapangan dlm perencanaan trayek n kebutuhan armada.. kadang2 kajian yg kita buat malah jd tidak relevan atau subyektif.. susah ya mas jd birokrat… ilmu transport yg didapatkan kdg harus dicampur dgn ilmu sosial.. o ya mas, saya mau lho mas kalo dikirimin makalah2 atau hsl penelitian2 dr mas rizki.. di tunggu ya mas.. Hehe.. he.. ngarep..
    matur nuwun mas.. Wassalamualaikum
    Beo : waalaikumsalam ww..utk makalah2 sudah banyak tersedia di internet, mas nanang..di websitenya dephub ato hubdat juga banyak..kalo yg kaitannya dg ilmu transportasi ada juga dalam bentuk cd2 makalah simposium FSTPT (Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi) yg diadakan rutin tiap tahun. Atau kapan2 kalo ke Jogja silakan mampir, nnt saya kopikan…

  64. Nanang Ary

    Ok Mas.. Trims. Kapan2 saya mampir sekalian belajar lagi mas…

  65. I enjoyed your excellent explanation of hybrid cars.
    You may find our non profit organization of interest

    http://EVtransPortal.com

  66. denny

    salam kenal….
    saya mahasiswa planologi its surabaya. saya meminta bantuan untuk penelitian TA saya tentang evaluasi trayek bis kota.
    kira-kira bapak bisa bantu ga dalam hal teori-teori tentang penentuan trayek suatu angkutan? soalnya saya masih belum bisa mendapatkan teori-teori yang bersangkutan.
    terima kasih sebelumnya, saya berharap sekali untuk bantuan yang bapak berikan.
    salam….
    Beo : Mas Denny, salam kenal kembali. Untuk teori2 penentuan trayek nanti kapan2 saya upload di blog ini. Bahan-bahan masih saya kumpulkan..

  67. mochamad arif wibowo

    bud…aku ndhredheg je baca jawaban2mu…
    yang dulu waktu sma pake tas panjang niru lupus, trus ilang beberapa waktu…tau-tau pas kelas 3 ( fisika satu masih inget bud, yang ada gambar mbah tua yang katanya orang pintar…mbah enstin ya?) si Jeki mbacain surat perpisahanmu…..

    salut Bud….salam wat keluarga.
    (arif he-man, moga2 masih inget bos)
    Beo : waduh, ono tamu agung lagi tho…hehehe..aku isih kelingan awakmu tho, Arif HE-MAN!!!..Iya, Rif, aku pindah ke Semarang waktu itu, mertopo sik, hahaha…Walah, kok ndhredeg ngopo je Rif? Saiki dimana? Melu milist tho, kok ga pernah muncul ke permukaan? Ayo ketemuan…

  68. niam

    assalamu’alaikum…

    pak, saya mahasiswa ugm yang tempo hari minta data tentang AKDP jogja kaliurang untuk tugas akhir, bimbingan pak sigit priyanto.
    sekarang rencana dari dishub seperti apa pak??? apakah studi untuk masalah ini sudah akan digelar? lalu kebijakan apa saja yang sudah atau akan ada dari dishub tentang masalah ini pak?
    apakah jadi diintegerasikan ke trans jogja pak???

    terima kasih atas masukannya pak…

    assalamu’alaikum…
    Beo : wa’alaikumsalam wr wb..untuk AKDP dalam skema perencanaan ke depan memang akan dijadikan feeder atau pengumpan bus perkotaan (di antaranya Bus TransJogja). Namun membutuhkan waktu antara 2 – 3 tahun dari sekarang, karena adanya beberapa prioritas pengembangan dan pembenahan serta dana APBD. Untuk studi feeder mungkin direncanakan tahun depan (2010)..

  69. Halo mas Rizky,
    kalo gak salah, anda MSTT angkt 8 ya ?
    kalo memang ya, berarti kita satu angkatan nih…

    Kapan2 kita sharing ….
    Kebetulan saya punya pengalaman dlm peluncuran TransBintaro Jaya (pioneer angkutan pemukiman & feeder busway di Indonesia).

    salam
    Beo : halo mas Gatot…wah, saya ingat njenengan kok, hehehe..iya, saya tunggu sharingnya lho..btw, blog-nya saya link ya…

  70. salut untuk Anda …
    semoga semakin sukses dan selalu diberi kebahagiaan
    Beo : terima kasih Mas Stainly, semoga njenengan juga tambah sukses dan selalu diberikan kesehatan dan kebahagiaan lahir batin…btw blog-nya saya link ya…

  71. silahkan trima kasih.

    kalo mampir ke MSTT, salam buat mas jaiz.

    sukses selalu buat mas Rizky …..

  72. maya

    Assalamu,’alaikum Pak Rizky. salam kenal….awalnya gak sengaja ketemu sama blognya p. rizky. tadinya pengen banget memperluas wawasan / nyari2 makalah atau tulisan dkknya ttg transportasi, krn ternyata transportasi itu ilmunya kompleks banget.kalau dibandingkan mungkin bisa disamakan kayak rumus kimia dari satu benda yang terurai menjadi senyawa yang tergabung dari beberapa molukel, unsur, dll. duh rumit deh kayaknya. makanya pingin banget dibagi ilmunya dari bapak…mudah2an sedekah ilmu yang berguna diberikan pahala yang tidak terputus2. krn, kadang2 orang “pinter” tidak suka berbagi. tapi sepertinya ciri2 itu tidak ada di bapak. alhamdulillah. boleh kapan2 minta petuahnya pak? syukron sebelumnya……….
    Beo : Wa’alaikum salam Wr Wb…salam kenal kembali mbak May (bener mba kan?)…silakan share apa aja tentang transportasi di sini..Transportasi memang sangat kompleks dan dinamis, karena perkembangan ilmunya sangat progresif…Ditunggu komentar atau tulisan2nya di sini lho…Jazakumullah..

  73. maya

    P. Riz…….di kota madiun, sepertinya masyarakatnya cenderung untuk menggunakan sepeda motor untuk sarana transportasinya, sedangkan angkutan umum terlihat lebih lesu.bukannya hal ini tidak sehat, kalau dibiarkan, kota akan crowded oleh sepeda motor?(tapi kalau terlalu banyak angkutan umum kan juga g sehat? salah g maya???)kalau menurut P. rizky gmn?mohon penjelasannya…….oh iya pak, boleh minta paper tentang andal lalin???maya awam banget tentang transportasi, tapi pingin bisa dan pingin banget belajar.kalau mau kuliah, rasanya ada beberapa hal yang membuat keinginan itu tidak dapat terwujud.
    Beo : saya pernah beberapa kali singgah di Madiun..ya, hampir sama dengan kota-kota lain yang identik dengan kota berkembang, Madiun akan memiliki problematika yang sama pula..Kesalahan2 kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan dll seharusnya tidak lagi terjadi di kota-kota kecil dan berkembang. Belajar dari pengalaman kota besar itulah seharusnya stakeholder di Kota Madiun sudah sejak dini memikirkan perencanaan transportasi yang baik dan integrated, termasuk dalam hal penyelenggaraan angkutan massal. Kesalahan pemerintahan kita adalah mempercepat laju ekonomi dengan cara industrialisasi, termasuk motorisasi itu. Akibatnya adalah kendaraan pribadi (sepeda motor khususnya) menumpuk di jalan, sementara angkutan umum semakin ditinggalkan..Angka perbandingan jumlah angkutan umum dengan pribadi di Indonesia sangat mengkhawatirkan, yakni sekitar 15 : 85, terbalik dengan kota2 sustainable seperti London (80 angkutan umum, 20 angkutan pribadi). Kenapa harus angkutan umum? Ya karena itu dapat mengangkut jumlah penumpang yg banyak (1 bus bisa sebanding dengan 15 mobil), sehingga dapat mengurangi kemacetan, polusi, penghematan BBM, dan lain2. Itulah yang disebut dengan sustainable transportation atau transportasi berkelanjutan…
    Untuk paper andal lalin, coba saya cari dulu ya..nanti saya kirimkan via email…tolong diingetin kalo lupa, hehehe…

  74. maya

    maaf pak…satu lagi,kalau seandainya sudah terlanjur terjadi hal yang seperti itu, menurut bapak…..salah satu atau salah dua (atau salah berapa aja deh…) solusinya gmn? matur nuwun sebelumnya.
    Beo : ya, kalo udah telanjur memang dapat diperbaiki, tapi dengan cara yang sangat ekstrem dan biaya yang sangat mahal. Contohnya adalah Jakarta yang harus mengorbankan triliunan rupiah untuk membangun koridor busway, serta membayar biaya operasional Rp 500 – 700 Miliar per tahun. Gitu May…

  75. Nice blog & articles…
    See you around.. Have a great day! :D

  76. mas rizky ..
    buka account donk di facebook. ada prof. danang parikesit & pak dirjen iskandar abubakar.

    ternyata beliau2 gaul juga …. ha ha ha
    Beo : iya mas, mereka sudah aku add….hehehe…btw mas gatot juga sudah aku add di fesbuk tuh…

  77. theo

    Bisa minta bahan materi kuliah dan software Pemodelan transportnya pak?
    Theo manado,
    theosendow@yahoo.com
    terima kasih
    Beo : bahan materi pemodelan sedang saya kumpulkan, mudah2an bisa saya upload dalam waktu dekat…

  78. niam

    Assalamu’alaikum…
    pak, mohon penjelasannya tentang subsidi angkutan umum di DIY…
    saat ini, angkutan umum apa saja yang disubsidi pemerintah provinsi yogyakarta dan atau kabupaten di DIY????
    lalu, angkutan umum yang bagaimanakah yang “patut” diberi subsidi oleh pemerintah? (provinsi maupun kabupaten)
    dalam jangka waktu dekat atau jangka panjang, kebijakan apa saja yang akan dilakukan oleh dishub DIY pada khususnya, dalam masalah “subsidi” ini???
    karena, sepenglihatan saya banyak kinerja angkutan umum di DIY (buskota maupun AKDP) yang “berjuang” mencari penumpang hanya untuk sekedar makan sehari2 dan bertahan hidup…
    mohon maaf kalo ada salah2 kata… terima kasih…
    Beo : masalah subsidi memang agak rumit. Ini disebabkan selama ini angkutan umum berada dalam kondisi “serba telanjur”, dibiarkan hidup tanpa dukungan finansial yang nyata dari pemerintah.
    Mekanisme subsidi sekarang sedang diterapkan Pemprov DIY pada angkutan umum, dimulai dari angkutan perkotaan Trans-Jogja, dengan sistem buy the service. Di sini mekanisme subsidi dapat berjalan, karena biaya pokok angkutan ditanggung pemerintah melalui APBD, dengan menerapkan sistem subsidi tarif, jadi yg mendapatkan subsidi adalah penumpang. Hitungan subsidinya adalah dengan menerapkan tarif di bawah hitungan biaya pokok yang ditanggung pemerintah.
    Ke depan, sistem subsidi seharusnya diterapkan pada seluruh angkutan umum, baik itu angkutan perkotaan, AKDP maupun perdesaan, namun ini harus melibatkan APBD Kabupaten/Kota di seluruh DIY, karena biayanya sangat besar.

  79. eddy

    pak rizki, saya sedang garap skripsi. saya minta perlu saran dan masukan dari bapak, boleh saya minta emailnya
    Beo : alamat email sudah saya kirim mas eddy…

  80. Nanang Ary

    Apa kabar mas… ? minta saran mas.. apakah mungkin satu jalur trayek angkudes terdapat 2 terminal type C….? O ya mas, aq kan PNS daerah, bisa ga sih ikutan program beasiswa S2 MSTT?
    Beo : kayaknya bisa mas, tapi harus ada program beasiswa dari Pemerintah Kota/Kab yg bersangkutan (APBD), biasanya ada beasiswa dari Bapeda…

  81. Rianto

    Assalamualaikum pak Rizki,
    Saya mau tanya, menurut kabar di dishub jogja sedang ada proyek ya dlm waktu dekat? Bisa untuk magang ga ya?
    Btw, saya mahasiswa programnya MSTT. Sekarang baru nunggu wisuda.
    Terima kasih infonya….
    Wassalamualaikum….
    @Beo : wa’alaikumsalam mas rianto.
    Project atau kegiatan ada tiap tahun mas. Untuk magang saya tidak tahu persis, mungkin bisa ditanyakan ke Bagian Sekretaris Dishub DIY, atau melayangkan surat langsung kepada Kepala Dinas.

  82. dodol

    saya kagum dengan trans jogja, kalau di banding dengan trans jakarta sekarang kayaknya trans jakarta kalah. Trans jakarta hanya satu jalur saja, walaupun ada halte transit, tapi gak memberi manfaat maksimal. saya acungkan jempol untuk trans jogja, saya harap bus nya di perbaharui, agar lebih nyaman.

  83. lita

    Pak kapan2 saya pengen sharing soal transportasi terutama trans jogja ke Bapak.
    boleh kan Pak??
    Makasih
    @Lita : monggo Lita, silakan….

    • evan

      Pak, saya mahasiswa T.Sipil UNDIP, terimakasih atas informasi dan penjelasan ttg Transjogja yg bpk berikan beberapa wktu lalu, dan itu sangat membantu Tugas Akhir saya.
      Saya ada pertanyaan lagi pak, berkaitan dengan judul TA saya “analisa hubungan pengembangan Bandara Adi Sucipto terhadap Pelayanan moda transportasi massa”
      apa saya bisa menghubungi via email.
      terimakasih sebelumnya… :)
      @ Evan : ok mas, sama-sama, sudah dapet email address saya kan?

  84. tepen

    mas rizky, saya tepen mstt angk. 16…pasti dah gak inget, hehehehehe…
    numpang tanya mas, dalam evaluasi sistem BRT pada umumnya indikator kinerja apa aja yang perlu ditinjau?…saya sedikit bingung karena setiap referensi, ngeluarin indikator kinerja BRT yang tidak sama…kalo ada referensi tentang evaluasi sistem BRT, boleh kirim2x mas?…
    @ halo mas Tepen, masi inget donk….hehehe…
    untuk kinerja BRT, kayaknya di Indonesia belum ada deh (atau udah ada tapi saya ga tau ya? hehehe, maklum udah lama ga update ilmu), karena kalo ngeliat aturan2 yang ada di Indonesia (lihat PP, KM, atau SK Dirjen) masih mengacu pada angkutan bus yang mix traffic, so kinerjanya ya masih berupa kinerja2 untuk bus dengan karakter mix traffic.
    Kalo di luar negeri, udah ada mas, silakang digugling, soalnya saya juga belum sempet nyari…
    Sukses yah…

  85. niam

    pak, kok blognya gak di update ya???
    atau saya yang tidak memperhatikan???
    Hehehe….iya nih, emang lama ga update nih, lumayan sibuk bulan2 ini….nanti deh pas ada waktu senggang diupdate lagi….

  86. Nanang

    Mau minta tolong neh, kalo saya ingin mendapatkan/beli buku “Program Komputer untuk Analisis Lalulintas” karangan Prof. Munawar gimana ya.
    saya tunggu infonya via email,
    nanang.zain@parsons.com
    banda aceh
    @nanang : bukunya sepertinya masih ada di toko2 buku mas. Tapi kalo tidak ada (kehabisan), saya bisa mintakan langsung ke Prof. Ahmad Munawar.

  87. Akhmadali (DALI)

    Ass. Wr. Wb
    Salam kenal dari Pontianak, saya alumnus UII angkatan 77 satu angkatan dan sama2 lulus dgn DR.Teguh. Saya ngajar di S1 dan S2 di Universitas Tanjungpura Pontianak, juga dibidang transportasi. Nampaknya saya perlu bertukar pengalaman khususnya ttg JogjaTrans, krn di Pontianak angkutan umum mulai ditinggalkan, krn mudahnya memiliki kendaraan pribadi (sepeda motor /mobil).
    Di S2 saya ngajar Pengembangan dan Pengelolaan Angkutan Umum.
    Kami di Pontianak, sedang merencanakan angkutan bis untuk menggantikan oplet yg hanya berkapsitas 11 org.
    Terima kasih, Wass
    @Wa’alaikumsalam pak Dali, salam kenal kembali…. wah, brarti kakak kelas saya ya pak, hehehe….monggo silakan share ilmu khususnya di bidang public transport, karena hanya dengan public transport-lah kita dapat memperbaiki kualitas kehidupan transportasi kita. Untuk reformasi angkutan, sebenarnya yg palling penting adalah memperbaiki sistem dan manajemen angkutan umumnya, yang selama ini berbasis setoran dirubah dengan manajemen buy the service. Hal ini dapat dilakukan dengan kemauan dari Pemerintah Daerah untuk memberikan subsidi dari APBD khususnya untuk angkutan umum.

  88. Salam Mas Rizki,
    Nama saya unggul dari nusantara steel dan kami telah berhasil memproduksi steel sheet pile yang banyak dipakai sebagai material dalam pembangunan sektor transportasi khususnya sebagai retaining wall untuk jalan dan jembatan.
    Mohon berkenan memberikan alamat email mas Rizki untuk pengiriman E-brochures sebagai referensi untuk teman-teman praktisi sektor transportasi.
    Matur nuwun
    Salam kembali Pak Unggul, silakan, alamat email saya sudah terkirim….

  89. Assalamuallaikum pade’…
    Kalimantan butuh busway, tapi jalannya belum ada….
    terus gimana pade’ solusinya… ????
    Pareng pade’
    Sukses buat Mr. Trasporter..
    #Anton : hahaha……….pake helicopterway aja om…..

  90. fadhil

    Salam Pak Rizki,
    Numpang nanya informasi : person yang bisa memberikan training beberapa software transportasi seperti : emme3, transyt, Arcady, Picady, Oscady.
    Kami ada kerjaan untuk memberikan training . Mohon jika berkenan dpt diinfokan pak.
    Thanks,
    Fadhil
    #Fadhil : sudah saya balas via email. Terima kasih

  91. fitta

    mas,,saya mahasiswa MSTT angkatan XXI.
    menurut mas,,topik apa yang bisa diangkat sebagai bahan tesis yang sesuai dengan kondisi sekarang ini?
    bagaimana caranya untuk bisa ikut proyek salah satu dosen MSTT sekaligus bisa ambil data untuk tesis?
    bisakah mas rizki membagi tips supaya bisa jd asdos atau dosen,,karena saya sgt suka mengajar.
    terimakasih.
    #fitta : ini fitta yg mana ya…..? hehehe…..
    untuk topik thesis sangat banyak, tergantung dari pilihan jurusan yg diambil di MSTT. Misalnya utk pilihan transport system, yg sekarang sedang hangat dibicarakan adalah masalah ITS (intelligent transport system) yg terintegrasi secara sistemik di seluruh kawasan kota.
    Ikut proyek atau jadi asdos? mmm, gimana ya? hehehe…..yg jelas kita harus punya prestasi atau keunggulan “lebih” di mata dosen yg bersangkutan, sehingga ga kita minta pun dosen akan melirik ke kita, hehehe….”Lebih” itu bukan brarti harus pinter lho, tapi kita punya kemampuan khusus (spesial) misalnya di dalam hal transport modelling, atau yg lain….

  92. Nurm@

    Assalamu’alaykum wrwb.
    Pak Rizki..saya Nurm@ dari T.Sipil_UNS.
    Saya sekarang tertarik sekali dengan dunia transportasi pak…dan Alhamdulillah ketika cari2 ilmu lewat sarana internet ini ketemu dengan blog bapak..nah ini awal silaturahim saya pak..alam kenal..:)
    seperti temen2 yang lain saya juga tidak mau kalah ni pak, ingin menimba ilmu dari bapak, terbilang saya masih sangat baru/awam.
    ohya, pak bisa dijelaskan tentang program EMME-3? dan kekurangan atopun juga kelebihannya? kalo boleh saya minta alamat email bapak njih…..jazakumullah khoiron katsir
    #nurma : wa’alaikumsalam wr wb.
    jawaban akan saya kirim via email sekalian ya..salam buat temen2 sipil UNS….

  93. wah nice blog pak rizki :)
    kebetulan sy mahasiswa psikologi yg sedang mengerjakan tesis tentang safety behavior para pengemudi, inspiring membaca tulisan2 pak rizki, kapan2 boleh nih konsultasi, hehehe
    #zenita : silakan….hehehe…..selamat berkarya….

  94. linda astuti

    salam sejahtera ada kah email yg menuju saran ke transjogja dan adakah facebook transjogja
    #linda : silakan kirim email ke trans.jogja@yahoo.co.id, untuk facebook trans-jogja belum membuka official facebook…

  95. Reza

    assalamu’alaikum..mas rizki saya mahasiswa TS UGM skr sdg TA tentang analisis dampak keterlambatan pesawat terbang…sy mohon bantuan referensi dan metodologinya soalnya dosen pembimbing ingin yg dkaji dampak ekonomisnya dg acuan time is money.sy bnr2 butuh bantuan pak rizki.trmakasih dan dtunggu jawaban bpk di email saya…
    #reza : sebelum menjawab, hitungan analisis dampak keterlambatan pesawat ini objeknya siapa, apakah perusahaan penerbangan atau penumpang? kalo objek penelitian adalah penumpang, maka berarti analisis dilakukan dengan menghitung nilai waktu (time value) terhadap tiap individu passenger dengan cara mensurvai secara kuesioner, yang mempertanyakan variabel2 seperti income (pendapatan), ongkos transportasi, dll, yang nanti akan dapat digeneralisasi menjadi nilai waktu rata2 penumpang, sehingga kerugian akibat delay pesawat dapat dinilai dalam bentuk rupiah…

    • Reza

      pak rizki trima ksih atas msukannya. pak untuk analisis yg obyeknya perusahaan bgaimana?rumus time valuenya apa?buku acuan yg dgunakan apa pak?saya bs dapat dToko buku apa di perpustakaan teknik? saya tunggu jawabannya…trmaksih byk pak..

  96. virza

    Pak rizki sy mhsiswi sipil ugm.sy sdg TA dg judul analisis kecelakaan kereta api.nah sy mohon bntuan referensi n rumus-rumus untuk angka kecelakaan dan angka fatalitasnya.trmakasih..sy tunggu jwban bpk…

  97. idris

    Assalamu’Alaikum Wr. Wb..
    Salam Kenal…
    Saya Idris Mahasiswa MSTT XXI Asal Makassar. kebetulan Saya Rencana mengambil Tesis dengan mengunakan Softwere Emme 2. Saya Mohon Bantuan Bapak tentang Program Tersebut. Terima Kasih sebelumnya.
    #idris : kemaren kita udah ketemu ya mas, hehehe….ok mas, nanti saya carikan bahan2 tentang emme2…salam transportasi…

  98. Salam kenal Pak Rizki, saya dari PT Oriental Sheet Piling. Kami adalah produsen steel sheet piles yang mempunyai berbagai jenis steel sheet piles (turap baja) yang dapat digunakan sebagai retaining wall, yang saya rasa dapat membantu Bapak. Untuk permanent dan temporary steel sheet piles pun dapat kami layani. Bila berkenan, bapak dapat memberikan email, supaya saya dapat memberikan brosur2 perusahaan kami. Terima kasih Pak.
    #Pak William : alamat email sudah saya kirimkan pak, terima kasih sudah mampir di blog saya….

  99. Ambarum Sari

    Hallo rizki,
    ketemu blogmu…:D…ternyata aku kenalan sama orang pintar..Btw. karya photomu ada di site yang mana?
    #ambar : hai mba, hehehe, wah wah, ada tamu agung dari Belanda nih,…..
    Engga kok mba, hanya share beberapa tulisan tentang transportasi (sesuai ilmu pas kuliah)….
    Kalo photo, aku belum bikin blog tentang karya2 fotoku mba, soalnya blog ini aja susah cari waktu buat ngurusnya, hehehe…..

  100. Minimint

    asslmkm…
    salam kenal,
    Pak rizky, saya mahasiswa ugm yang mau mengambil tugas akhir yang berhubungan dengan software scrits untuk teknokogi ITS. Saya mau tanya pak, apa ada buku petunjuk penggunaan sotfware scrits.
    trima kasih

  101. maya

    assalamu’alaikum pak rizki…
    ngapunten, mau tanya tentang paper dan kajian teknis tentang andalalin yang pernah maya tanyakan dulu tanggal 12 pebruari 2009.maya cek di e-mail, sepertinya belum ada. matur suwun….
    #maya : wa’alaikumsalam…waduh, belum ya, maaf mungkin kelupaan, karena sekarang agak susah cari waktu ngelola blog ini,, hehe….saya sudah mengirim pesan ulang lewat email…..

  102. rizkibeo

    #gasfan : dalam pemodelan biasanya tahapan yang membutuhkan perhatian adalah pada saat kita membandingkan volume hasil model dengan volume sebenarnya. Tahapan ini disebut dengan tahapan validasi atau kalibrasi. Apabila hasil volume berbeda jauh, maka perlu diadakan perbaikan2 terhadap model yang kita buat, misalnya dengan melihat kembali data kapasitas (karena biasanya data ini berbeda dengan kondisi di lapangan, sehingga harus kita hitung kembali dan kita masukkan nilai kapasitas yang baru ke dalam model). Validasi juga dapat dilakukan terhadap Matrik Asal Tujuan (MAT) apabila MAT tersebut merupakan data sekunder.

  103. tomy

    mas beo….keren webnya..
    ijin liat2 ya…:D
    mas, saya lagi penelitian di blitar, sekarang terkendala di MAT, kira2 mas beo ada datanya atau punya informasi gimana saya bisa bisa memperoleh data tersebut,
    soalnya dari dinas2 di blitar sendiri tidak memiliki data MAT . data dari penelitian2 yang sudah ada juga tidak apa2.
    makasi mas….ditunggu balasannya…
    mungkin kalau ada, jika tidak keberatan email saya tomy_skateflip@yahoo.com

    • rizkibeo

      Mas Tomy, memang agak susah mendapatkan data OD atau MAT apalagi di daerah, karena data MAT berdasarkan survei OD Nasional biasanya tidak meliputi Asal Tujuan di dalam sebuah Kabupaten. Dinas di daerah pun terkendala masalah anggaran survei yang lumayan besar (tergantung cakupan wilayah dan populasinya). Namun ada beberapa cara untuk mengestimasi MAT, misalnya dari data populasi penduduk, data jumlah pekerja dan pekerjaan, atau estimasi berdasarkan Traffic Counting….

  104. didik_masinis_KA_Rajawali

    terima kasih atas tulisannya tentang kecelakaan itu, tulisan anda itu bisa membantu saya mengetahui apa yang hilang dalam ingatan saya, tetapi tulisan anda yang menyatakan bahwa ” termasuk masinis KA Rajawali Didik Mardiyanto, yang sudah pulang ke rumahnya di Semarang.” itu mohon ditinjau kembali. terimakasih.

  105. Elly

    Assalamu’alaikum… salam kenal bapak, saya mahasiswa teknik sipil UNS. Senang bisa menemukan blog bapak. Saya mau belajar banyak pak tentang transit assignment menggunakan software EMME sama pak rizky. kebetulan saya sedang mengerjakan skripsi tentang evaluasi rute angkutan umum menggunakan software EMME. Data matrik seperti apa yang harus dimasukkan pada waktu pembebanan ?? Mohon bantuannya ya pak. Terima kasih..

    • rizkibeo

      #elly : wa’alaikumsalam…salam kenal kembali…
      data matrik asal tujuan (MAT) dalam emme2 sangat variatif, bisa berupa MAT single moda, misalnya MAT mobil, MAT sepeda motor, MAT angkutan umum dll, namun bisa digabung secara bersamaan. Hal ini tergantung dari variable yang akan kita analisis, dan tujuan analisis kita. Apabila tujuannya adalah mengetahui beban lalulintas akibat adanya angkutan umum, berarti MAT yang digunakan adalah MAT keseluruhan, yang lalu dibandingkan dengan pembebanan MAT tanpa angkutan umum. Namun sebaiknya (apabila data dimungkinkan) memang MAT bisa dibagi2 berdasarkan moda, karena emme2 memiliki tool untuk menggabung MAT secara otomatis.
      Dalam analisis rute angkutan umum, MAT bisa diambil secara umum (MAT seluruh moda) untuk mengetahui pergerakan masyarakat, sehingga dapat ditentukan rute berdasarkan permintaan transportasi (transport demand management).
      Satuan MAT bisa smp/hari, smp/jam, trip/day, trip/hour, dll.

  106. hanief mstt

    asalam….

    saya mau tanya pak.Rizky punya data mengenai :
    1. gambar geometrik jalan kaliurang
    2. gambar / peta bangunan sepanjang jalan kaliurang antara simpang mirota dan simpang selokan mataram

    untuk infonya d tunggu, terima kasih.. sukses selalu

  107. Elly

    assalammua’alaikum …
    salam kenal Pak…

    saya ingin bertanya tentang macro demanjt.mac pada EMME/3..
    saya sudah mencoba berkali-kali tapi macro cannot open. padahal saya sudah melakukannya sesuai prosedur. Menurut Bapak apa yang perlu saya periksa lagi ? bagaimana cara nya agar dmanjt dapat di gunakan?
    terima kasih atas perhatiannya.

    Ellyta
    mahasiswa S1 Teknik Sipil UNS

  108. hanief mstt

    assalamualaikum

    mas Rizky.. saya mau tanya untuk mendapatkan pola pergerakan lalu lintas khususnya jalan kaliurang sekitar GSP itu minta data kemana yh mas?? apa mas Rizky punya datanya terima kasih….

    Hanief f
    Mahasiswa MSTT UGM

    • rizkibeo

      #hanief, wa’alaikum salam.
      Data lalulintas di seputar GSP UGM mungkin dapat diperoleh di Prof. Munawar karena beliau baru saja mensurvai lalulintas di seputar UGM pada tahun ini.
      Atau kalau tidak bisa ke kantor saya, karena saya punya sebagian kecil data-datanya.

  109. Salam Kenal sebelumnya Pak, saya seorang mahasiswa teknik sipil tahun akhir. Skripsi saya kebetulan pakai Software Trafficware Synchro 7. Sebuah software analisa traffic light. Yang saya ingin tanyakan, jika saya hendak membandingkan analisa software tersebut dengan MKJI, kira-kira apa saja hal-hal menonjol yang perlu diperhatikan Pak?

    Terimakasih banyak sebelumnya Pak! :)

    • rizkibeo

      #david, salam kenal kembali.
      Setahu saya Synchro 7 itu untuk analisis data waktu fase dan siklus ya? Program ini menghasilkan waktu siklus optimal beserta data waktu tiap fase. Kalau benar, program ini hampir sama dengan Oscady (buatan TRL).
      Nah, kebetulan MKJI belum bisa menghasilkan optimalisasi waktu tiap fase secara otomatis karena perhitungan waktu fasenya harus di-set dengan coba2 (trial and error), sehingga untuk membandingkan Synchro 7 dengan MJKI maka bisa dilakukan namun pada saat analisis dengan MKJi memang harus dimasukkan dengan cara trial and error.
      Hal-hal yang perlu diperhatikan tentu saja seluruh variabel masukan seperti waktu siklus, waktu tiap fase (data masukan ini harus sama karena untuk perbandingan), hingga outputnya seperti degree of saturation (derajat kejenuhan), kapasitas, delay (tundaan), number of queue (jumlah antrian), queue length (panjang antrian).

  110. Pak, mau nanya. :)
    MKJI kan mikro analisis, sdgkn Trafficware Synchro Studio 7 itu makro analisis.
    Bedanya macroscopic analysis ama microscopic analisys apa ya pak???
    makasi! :)

  111. arif budi permono

    pak rizki,
    saya arif mahasiswa MSTT mau menanyakan perihal pendeteksi otomatis kedatangan dan arah kereta api yang dipasang oleh Dishubkominfo disebelah timur bandara ( sebelum candi prambanan ).
    sistem apa yang digunakan, data teknis alat pendeteksi. kalau saya ingin mengetahui mendetail tentang alat ini saya harus menhadap kemana pak?
    terima kasih

  112. David

    Salam Pak Rizky,
    saya mengalami kesulitan pada saat memakai software synchro studio 7.
    Yakni masalah jalur lalu lintas yg dipakai. Di software itu jalur yg dipakai adalah sblh kanan, smtr di Indonesia kan sbelah kiri.
    Apa saya masih bisa pakai software ini, atw harus ganti software???
    Untuk analisa skripsi saya pak, mohon bantuannya.
    Ada alamat email yg bisa dihubungi gak pak?
    Atw kontak yg bisa di call pak???

    Terimakasih banyak atas perhatiannya pak.

    • rizkibeo

      #david : biasanya software ada tools untuk merubah jalur lalulintas. Saya belum pernah menggunakan Synchro Studio 7, jadi belum bisa memberikan jawaban atau membuat perbandingan dengan sofware lain.

  113. Permisi pak dosen,
    numpang tanya. Saya Ita, mahasisiwi Brawijaya Malang. Saya ada kesulitan penggunaan software KAJI. Apakah software ini ada yang dalam versi bahasa Indonesia. Kalau Bapak punya, bolehkah saya dikirimi softwarenya? di email saya, itak_cantik@yahoo.co.id.
    oya, satu lagi Pak, kalau mau ngeprint langsung dari software KAJI ini, bagaimana caranya ya? saya sudah pusing pusing tujuh keliling ndak bisa ngeprintnya. Terima kasih…..

    • rizkibeo

      #itak : setahu saya program KAJI memang dalam bahasa Inggris, bukan bahasa Indonesia, hanya manualnya (MKJI) yang berbahasa Indonesia. Untuk proses mencetak memang agak membingungkan, hehehe…. Proses cetaknya seperti ini : klik File, ASCII Text Output (atau Alt-A), pilih device : file, pilih format : Standard ASCII, Print Codes : Kaji default, lalu klik Print. Akan muncul new window untuk menulis output filename, dalam ekstensi *.prn. Klik OK. Lalu masuk ke explorer, open file tadi (*.prn), untuk pertama kali akan muncul Windows cannot open, maka klik Select the program from a list, open with : Wordpad atau Microsoft Office Word atau program word lainnya. Untuk memastikan selalu terbuka dengan program terpilih, klik Always use the selected program to open this kind of file.
      Selamat mencoba ya…..

  114. Anova Eko Setiaji

    Assalamualaikum pak Rizky..saya mahasiswa S1 Geografi UGM, kebetulan saya mengadakan penelitian tentang kebisingan di Jalan Diponegoro Kota Yogyakarta, yang saya mau tanyakan adalah bagaimana cara menentukan waktu trafic puncak (peak level) di jalan tersebut? adakah data2 atau survey yg dilakukan untuk mengetahui trafic puncak? Mohon infony pak…Makasih..

    • rizkibeo

      #anova, wa’alaikumsalam.
      Untuk mengetahui peak hour atau jam puncak lalulintas harus dilakukan survey secara langsung (atau bila ada data sekunder dari Dishub Kota Yogyakarta, bisa digunakan juga).
      Survey perhitungan dan pencacahan lalulintas lalu direkapitulasi per 15 menitan untuk kemudian diketahui volume jam puncak (VJP).

  115. arief

    salam kenal…

    mohon infonya kalau untuk software yg kira2 cocok dengan karakteristik diindonesia atau yang lumrah digunakan para engineer transport apa ya pak…
    mohon diinfokan lewat email saya untuk free downloadnya pak
    sy tunggu kabarnya

    salam sukses selalu

  116. saya bisa asistensi TA saya dengan pak rizky ?

  117. Arhiyah

    Bapak, saya arhiyah mahasiswa T.Geomatika ITS yang sedang mengambil tugas akhir tentangaplikasi SIG untuk evaluasi kepadatan lalu lintas jalan arteri di Surabaya. Dalam pengolahan datanya saya memakai rumus yang tertera dalam Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997, yaitu C= Co x FCw x FCsp x FCsf x FCcs, tetapi saya bingung bagaimana cara menerapkan parameter Fcw dan Fcs pada rumus tersebut dengan data yang saya punya yaitu volume(smp), lebar jalan, dan jumlah lajur, mohon bimbingan bapak dalam penjelasan rumus tersebut, besar harapan saya untuk mendapatkan balasan komen ini, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

    • rizkibeo

      Untuk analisis ruas jalan, parameter Fcw dapat dilihat berdasarkan tipe jalan dan lebar jalan. Dalam MKJI terdapat beberapa tipe jalan (lihat Tabel C-2:1 hal 5-51)
      a. 4 lajur terbagi (divided) atau jalan satu arah, dengan berbagai lebar (3 – 4 meter per lajur).
      b. 4 lajur tak terbagi (undivided).
      c. 2 lajur tak terbagi.
      Parameter Fcs adalah city size atau ukuran kota, lihat Tabel C-5;1 halaman 5-55. Angkanya diambil dari kedua tabel tersebut di atas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s