Bagaimana Membuat Lagu ? (5)

Kita lanjut ke Cakewalk yah..

Sebenarnya ada cara efektif untuk belajar mengaransemen lagu pake Cakewalk…Pertama-tama cari file midi yang lumayan enak, ambil file drum-nya (ada di channel 10).. Copy – paste di channel 10 juga di file yang baru. Set kecepatan irama dengan merubah di menu bar di atas.

Lalu, cobalah untuk setia, eh, cobalah untuk membuat chord sebagai dinding lagu (wah, kok istilahnya ’dinding lagu’ ya?). Maksudnya lagu itu pasti punya bingkai, yang disebut chord. Untuk pemula, buatlah chord-chord sederhana seperti C – F – C – F – Am – F.. dan seterusnya (kalo belum apal chord, liat buku2 chord utk sound keyboard atau piano). Masukkan chord-chord itu di channel tertentu, misalnya 1 atau 2. Jangan lupa untuk menjaga irama, artinya chord-chord itu harus selaras dengan ketukan drum yang sudah kita buat tadi. Chord yang kitabuat tadi bisa di-copy paste di bar selanjutnya, karena lagu itu biasanya berulang dalam beberapa bar.

Setelah membuat chord, langkah selanjutnya adalah membuat melodi (atau bass, tergantung kita). Masukkan instrument utama melodi dalam channel khusus, misalnya 3. Masukkan sound bass (pilih istrument bass yang sesuai lagu, misalnya lagu jazz atau swing ya bass-nya mungkin pake bass akustik, bukan slap bass..hehe) ke channel lainnya. Jangan lupa untuk menjaga irama bass sesuai dengan irama drum. Biasanya (untuk lagu pop), ketukan bass sama dengan ketukan pedal drum (plus beberapa variasi tentunya).

Apabila lagu terasa sepi, tambahkan beberapa instrument lain, seperti strings atau violin, dll. Tapi ingat bahwa penambahan instrument jangan sampai merubah bingkai yang sudah kita buat.

Di bagian refrain, buatlah perbedaan chord dan melodinya. Biasanya musisi membuat refrain dengan melodi yang mudah diingat, mudah dihapal dan menarik. Ubahlah gaya/style drum dengan memasukkan unsur-unsur bunyi lain, misalnya menambahkan bunyi cymbals, variasi snare drums, dll.

Silakan dipraktekkan.

(catatan : file midi banyak terdapat di web-web berbau midi. Jumlahnya seabrek-abrek dan free. Silakan didownload).

Enjoy your music.

Rizki Beo.

4 Comments

Filed under My Music

4 responses to “Bagaimana Membuat Lagu ? (5)

  1. Wah wah pak Risky ini musisi juga ta???
    Ngerti CAkewalk juga to pak?
    Ku pernah ublek2 tapi ya sama aja boong wong aku gak punya alat musik nya hehehehhehe
    Oya ngerti gak pak sopwer yg bisa produce sound, jadi virtual musik gitu bukan cakewalk yg cuma bisa compose aja…

  2. rizkibeo

    Halo mas Doni..
    Saya ‘mantan’ anak band, udah pensiun,hehehe..sekarang cuma hobi melepas penat aja..
    Software virtual musik ada, tapi saya belum nemu yang sound-nya bagus (meski didukung soundcard yg ok)..ada 1 yang bagus, tapi khusus gitar, namanya agak lupa…apa ya..m…’virtual guitar…’ apa gitu..suara gitarnya bener2 TOP ABISS…cuma ya butuh memori harddisc yg ‘lumayan’ gedhe’, sekitar 2GB..hehehe,maklum, kan dia kan software yg butuh sampler yg bermemori gedhe, bukan interface..

  3. Saya mau tax ada ngak aflikasi untuk kompiuter yg membuat midi dari lagu wap brubah jadi midi kalu ada gua ingin donlod ni

  4. permana

    hi mas Doni…
    aku minat menjadi anak band tapi aku ga yakin bahwa aku akan berhasil degan mudah kasena semuanya butuh seleksi and bayak band” yg bagus”….
    bagai mana cara percaya untuk diri sendiri and tak terpengarus sama band” yg ternama????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s