Ribuan Pemudik Mulai Berdatangan ke Solo

Minggu, 28 September 2008 – 21:15 wib

SOLO – Puncak arus mudik yang menggunakan bus di terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, mencapai puncaknya. Dari data di posko terminal Tirtonadi, sebanyak 50.403 atau 15,12 persen pemudik yang rata-rata berasal dari Jakarta serta kota-kota lainnya, mulai berdatangan ke Solo.

Kedatangan para pemudik pada tahun ini, mengalami peningkatan 6 persen pada tahun lalu. Pada kondisi yang sama, pada H-3 2007 lalu, jumlah pemudik yang datang sebanyak 43.784 orang. Diperkirakan lonjakan penumpang masih akan terjadi pada H-2 dan H-1 lebaran. ini terlihat dari bus ekstra lebaran yang masuk ke terminal Tirtonadi sebanyak 288 armada.

Akibat lonjakan kedatangan bus yang mengangkut para pemudik, sempat membuat lalu lintas di jalan masuk terminal Tirtonadi Solo macet. Sebab, areal penurunan penumpang yang sempit, membuat bus lainnya antre sejenak sebelum akhirnya dipersilakan masuk terminal.

Menurut Petugas UPTD Terminal Tirtonadi Solo, Prayogo Agus Nugroho, banyaknya bus pada lebaran tahun ini, sedikit banyak ikut mempengaruhi daya tampung terminal. Dengan kondisi tersebut, nantinya bus-bus yang telah selesai menurunkan penumpang, diminta untuk segera menempati areal pakir terminal. “Apabila areal pakir terminal juga tidak mampu menampung jumlah bus, maka kami akan mengalihkan ketempat lainnya yang telah disediakan,” jelasnya.

Sementara itu Kepala UPTD Terminal Tirtonadi Solo Sarjono mengakui apabila jumlah bus pada lebaran tahun ini mengalami peningkatan. Terutama bus non reguler. Pada H-5 dan H-4 kemarin, bus ekstra lebaran dengan jumlah penumpang 32.118 mencapai 126 armada. “Kondisi ini akan terus terlihat hingga H-2 dan H-1 lebaran,” katanya. (Bramantyo/Trijaya/mbs)

Sumber : okezone.com

Leave a comment

Filed under Public Transportation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s