Fakta dan Klarifikasi atas Opini Trans Jogja

Saya mohon maaf apabila belum sempat memberikan tanggapan/jawaban atas banyaknya pertanyaan dan komentar yang masuk, khususnya mengenai Trans Jogja. Beberapa pertanyaan yang masuk seperti misalnya kajian historis atau konsep-konsep dasar Trans Jogja. Ini akan saya kupas perlahan-lahan dalam beberapa tulisan ke depan. Bahkan saya khusus membuatkan kategori baru yang saya beri judul Trans Jogja untuk mewadahi komentar-komentar tentang Trans Jogja.

Yang pertama ingin saya kupas di sini adalah beberapa fakta penting dan klarifikasi atas opini-opini yang muncul di berbagai media (termasuk media internet) tentang Trans Jogja.

1. Trans Jogja, adalah nomenklatur yang sudah diberikan oleh Gubernur DIY melalui surat kepada Dinas Perhubungan Provinsi DIY setelah sebelumnya diberikan gambaran mengenai beberapa nomenklatur yang sudah berkembang di masyarakat, misalnya Bus Patas Jogja.

2. Bus Trans Jogja bukan Patas, karena Patas adalah sifat pelayanan (cepat dan terbatas), sedangkan Bus Trans Jogja hanya merupakan bagian dari pelayanan angkutan umum perkotaan (orang sering menyebut Bus Kota, di Jogja disebut Bus Perkotaan karena melayani rute Perkotaan/aglomeras, bukan hanya di dalam wilayah administrasi Kota Yogyakarta.

3. Bus Trans Jogja tidak menambah beban armada bus di dalam trayek yang sudah ada, karena konsep dasarnya adalah peremajaan armada, dengan rasio perbandingan 1 bus baru menggantikan 2 bus lama.

4. Bus Trans Jogja bukan ‘busway’ (klarifikasi atas tulisan bahwa di Jogja akan ada busway seperti di Jakarta), karena ‘busway’ adalah jalan khusus bus, sedangkan Trans Jogja tidak memiliki jalan khusus, hanya berupa buslane (lajur bus) yang masih terbatas di depan halte.

5. Konsep dasar Bus Trans Jogja adalah Buy the Service, atau pembelian pelayanan, yang menggantikan sistem setoran, sehingga mekanisme subsidi dari pemerintah diharapkan dapat berlangsung dengan baik.

6. Bus Trans Jogja merupakan program Pemerintah Provinsi DIY, sehingga subsidi terhadap Trans Jogja berasal dari anggaran Pemerintah Provinsi DIY (APBD) selama 7 tahun.

(Rizki Beo)

11 Comments

Filed under Trans Jogja

11 responses to “Fakta dan Klarifikasi atas Opini Trans Jogja

  1. Winda

    Pencerahan mas sedikit banyak telah membuka wawasan saya. Lalu pertanyaan selanjutnya, apa tujuan besar (big aim) atau visi dari transjogja ini? Dapatkah transjogja mengurangi kemacetan di yogyakarta?

  2. Heru

    Pak beo dan mb winda, kalo mnurut saya trans-jogja tidak akan mengurangi kemacetan lalu lintas di jogja. Kenapa?
    1. Karena tidak ada jalur khusus.
    2. Karena orang jogja lebih suka naek motor (lebih irit kan?)
    3. Angkutan umum terlanjur dicap sebagai angkutan kelas dua.
    Demikian komentar saya.

  3. Susanti

    Mas Rizki, salam kenal.
    Saya ingin tahu lebih jauh mengenai sistem buy the service, karena di mana-mana (bahkan di internet) saya belum mendapatkan informasi mengenai hal ini.
    Terima kasih.

  4. Bekti Sukmana

    Saya sudah lama membaca blog mas, tapi baru sekrang baru berani komentar, he3x.. Karena saya backgroundnya bukan orang teknik, jadi takut komentarnya salah. Tapi penuturan mas yang mudah dicerna cukup membantu saya dalam memahami persoalan2 transportasi (dan ternyata transport itu ada ilmunya yaa???)
    Kalau masalah bus transjogja itu, menurut saya sudah benar dengan mengganti bus baru dengan bus lama. Jadi penumpang lama sedikit banyak bisa berpindah ke transjogja. Untuk membuat jalur khusus di jogja menurut saya sangat sulit karena jalannya tidak selebar di jakarta. Parkirnya juga ruwet, ditambah PKLnya.

  5. Ruben

    Mas, saya denger kalo transjogja make sistem tiket smart card. Tarifnya berapa en gimana cara makenya? Apa kayak nyang di Jakarte itu? Thanks.

  6. ari

    Menurut saya trans yogya kurang efektif untuk mengurangi kemacetan.. trans hanyalah salah satu alternatif pilihan transportasi d yogya..
    \Harusnya trans yogya juga diimbangi dengan pengurangan armada bus lama, kopata, aspada, dan lain2.. yang tidak layak jalan.. Mohon diperhatikan.

  7. alit

    bus trans jogja pada hakikatnya adalah bus kota atau bus perkotaan. nah yang menjadi prtanyaan saya adalah sejauh mana peran pemerintah kota sendiri dalam pengadaan bus trans tersebut?
    apakah pemerintah kota yogyakarta mengeluarkan kebijakan2 mengenai bus trans tersbut.tlg dijawab ya pak..
    terima kasih sebelumnya.

  8. cHaNa

    sayA penGaGum daLAm haL tRanspoRtasi apaLagi saYA mendaPAt TugAs menGAnaLisis PenGadaaN tRans JoGja…
    .Saya maU tAnyA…keuNtuNgAn baGi maSyaRAkAT menenGah ke BAwaH apA dengaN adaNyA tRans joGja???
    LaLu apAkah suDagH dipIkrKan jaUh2 aSAp TranS joGJa menaMbah buMi menJAdi TAmBah PAnaS?
    triMA kasiH.

  9. rizkibeo

    #chana:
    Pertanyaannya bagus. Beberapa komentar saya posting di sini –> https://rizkibeo.wordpress.com/2008/04/29/transjogja-segmentasi-dan-global-warming/

  10. dila wawa

    hemz…bergulat dgn kinerja trans-jogja demi tugas akhir.mohon bantuannya.

Leave a Reply

