Siapa Operator Bus Trans Jogja?

Klarifikasi kedua ini saya post untuk menjawab beberapa statement tentang permasalahan tenaga kerja, khususnya pengemudi Trans Jogja. Akankah pengemudi bus (dan kondektur) yang ‘lama’ akan tergusur? Sebelum menjawab pertanyaan ini ada baiknya saya bercerita sedikit tentang siapa operator bus Trans Jogja.

Banyak yang mengira bahwa bus Trans Jogja dioperasikan oleh Pemerintah sendiri. Ini adalah statement yang salah, karena konsep Trans Jogja didesain tetap berbasis ‘segitiga transportasi’, yakni Pemerintah, Operator (swasta) dan User (penumpang/masyarakat). Sehingga operator tetap pada posisi semula, yakni berkewajiban memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Operator Trans Jogja bukanlah operator baru. Mereka merupakan konsorsium gabungan dari koperasi-koperasi (dan BUMN) angkutan perkotaan yang telah ada, yakni Kopata, Puskopkar, Pemuda, Aspada dan DAMRI UBK (ada satu koperasi yang mengundurkan diri, yakni Kobutri). Kini mereka telah tergabung dalam bentuk PerseroanTerbatas (diharapkan lebih profesional dibanding Koperasi) yang bernama PT Jogja TuguTrans (JTT).

Dari sisi tenaga kerja, pengemudi tetap diambil dari operator lama. Posisi kondektur (lama) akan dipindahkan ke posisi keamanan (security) di dalam bus.

Demikian sedikit klarifikasi dari saya.

Rizki Beo.

3 Comments

Filed under Trans Jogja

3 responses to “Siapa Operator Bus Trans Jogja?

  1. Nadya

    Mas, saya mahasiswi Teknik Sipil yang ingin menyelesaikan Tugas Akhir dengan topik angkutan umum..saya tertarik dengan konsep trans-jogja..Tapi saya ingin konsultasi via email, bisa mas?

  2. rizkibeo

    Ok, nanti saya kirim alamat email saya..

  3. wawan

    Mas, punya data jumlah kepemilikan armada trans setiap koperasi ndak? saya juga perlu nama-nama pengurusnya. Buat studi neh.. mohon email jika punya. matur nuwun..
    #wawan : operator bus transjogja adalah PT JTT (Jogja Tugu Trans), dengan armada transjogja berjumlah 54 unit, yg 34 unit dibeli sendiri oleh PT JTT, sedangkan yg 20 unit merupakan bantuan dari Dephub RI. Jadi dari sisi kepemilikan armada, hanya 34 yg dimiliki oleh PT JTT (bukan koperasi), walaupun beberapa persen saham di PT JTT dimiliki oleh koperasi.

Leave a Reply

