Transyt itu Software Apa?

Transyt adalah akronim dari Traffic Network Study Tools, yang merupakan suatu piranti lunak yang dibuat oleh TRL (Transport Research Laboratory) Inggris. Transyt digunakan untuk menganalisis dan mendapatkan koordinasi simpang pada sebuah jaringan jalan.

Koordinasi simpang? Maksudnya bagaimana?

Simpang adalah pertemuan dua buah ruas jalan atau lebih. Masalah akan terjadi apabila terdapat 2 (dua) buah simpang (yang berlampu lalulintas) atau lebih yang perhitungan fase lampunya hanya dihitung tanpa adanya integrasi. Artinya dihitung sendiri-sendiri tanpa dikoordinasi dengan simpang lainnya. Maka yang sering terjadi adalah ketika arus mendapat nyala merah di satu simpang, arus itu ternyata mendapat lampu merah lagi pada simpang berikutnya. Sehingga perlu adanya koordinasi supaya arus lalulintas pada satu simpang yang mendapatkan nyala lampu hijau akan mendapatkan nyala hijau pada simpang berikutnya. Itu namanya koordinasi.

Elemen pada Transyt bersifat mikro, karena pengukurannya lebih bersifat detil. Secara umum, metoda analisis pada Transyt terdiri atas 2 (dua) : analisis model lalulintas dan optimasi setting lampu lalulintas. Model lalulintas diperlukan untuk memberi gambaran mengenai perilaku lalulintas pada jaringan jalan secara makro. Model ini akan memberikan gambaran nilai Performance Index dari jaringan jalan secara keseluruhan. Sedangkan proses optimasi setting lampu lalulintas digunakan untuk perbaikan lampu lalulintas dengan menggunakan model dan untuk melihat perubahan kinerja yang diakibatkannya. Perbaikan setting lampu lalulintas ini biasanya dikatakan baik apabila Performance Index yang dihasilkan mengalami penurunan, dalam arti kinerja jaringan jalan semakin baik.

(catatan : Pada saat saya belajar Transyt dulu, versinya masih Transyt 11. Sekarang mungkin sudah versi 12 kali ya..)

23 Comments

Filed under Transport Sofwares

23 responses to “Transyt itu Software Apa?

  1. Donny

    Selain hasil koordinasi simpang, output apa saja yang dihasilkan oleh software TRANSYT? Thx..

  2. rizkibeo

    Selain data-data hasil simulasi koordinasi simpang, output TRANSYT lainnya adalah kinerja ruas, kinerja simpang (yang meliputi v/c, tundaan, panjang antrian), dan kinerja jaringan jalan (total distance travel, total delay, dan prediksi konsumsi bahan bakar).

  3. Ika

    Salam kenal sebelumnya…
    Makasih ya atas reviewnya tentang software Transyt … saya jadi punya sedikit gambaran. Saya tertarik untuk mempelajari software ini tapi tidak punya modulnya. Apa Mas Rizki bisa bantu saya? Data apa saja yang kita perlukan untuk analisis simpang koordinasi? Kalau kita menganalisis secara manual (dengan MKJI 1997 misalnya) apa kekurangannya? Makasih dan ditunggu jawabannya….

  4. rizkibeo

    #Ika
    Salam kenal kembali.
    Jawaban sudah saya posting di sini ->https://rizkibeo.wordpress.com/2008/05/06/transyt-vs-mkji-1997/ Kalau ingin belajar Transyt silakan baca modulnya di perpustakaan Teknik Sipil UGM, atau pinjam ke saya juga boleh..

    • ariestian

      Mas Rizki, saya butuh bantuan mas. Skripsi saya tentang analisa perimpangan dan menggunakan software TRANSYT. Apakah bisa mas Rizki bantu saya? Bagaimana saya bisa menghubngi mas Rizki. Terimakasih. Saya tunggu Balesannya mas.

  5. achmad chabib

    mas rizki ni pinter banget transport ya.., belajar berapa tahun mas.. bisa ky gitu?
    kalo boleh menambahkan Transyt tu untuk menghitung simpang bersinyal 2/lebih atau juga yg koordinasi. Aku sempat belajar,tpi ga dalam2 amat. bener gak mas….
    salam transportasi….

  6. rizkibeo

    #achmad chabib,
    waduh, saya ini ga segitu2 amat kok.. ilmu Allah itu sangat luas..dalam Al Qur’an disebut, seandainya seluruh air laut dunia menjadi tinta dan seluruh pohon dunia menjadi pena, itu tidak cukup untuk menuliskan seluruh ilmu Allah.
    Saya memperdalam transport sejak lulus S1 tahun 2000 (jadi baru 8 tahun ya?).
    Tentang Transyt, betul bahwa Transyt digunakan untuk menghitung koordinasi 2 atau lebih simpang bersinyal. Transyt juga dapat digunakan untuk menghitung konsumsi BBM yang terjadi pada saat simpang tidak dikoordinasi dan pada saat simpang sudah dikoordinasi.

  7. dani adam

    ass. wr.wb. mas,
    punya nggak ya serial atau patch untuk transyst-12
    atau contram8.3 atau teapac software

    trima kasih lho
    wassalam

  8. rizkibeo

    #dani adam,
    Waduh, saya ga punya s/n ato patch-nya mas…kalo transyt tergantung pada s/n windowsnya, jadi tidak bisa dicopy pada 2 windows yg berbeda.

  9. bagus

    assalamu’alaikum
    mas rizqy, untuk nilai stop dan delay dalam rumus PI perlu dikalibrasikan dengan kondisi di indonesia kah?(default 680-1100 dan 200)
    bagaimana caranya?
    matur nuwun
    @Beo : wa’alaikumsalam mas bagus.
    Ya, sebaiknya nilai stop dan delay harus disesuaikan dengan kondisi tiap2 daerah. Misalnya Jakarta dan Yogyakarta pasti memiliki nilai waktu yg berbeda kan? So, perlu ada justifikasi lebih lanjut untuk memerhitungan nilai stop dan delay.

  10. aries

    mas cara download software transyt gmn yah?
    makasih yah.. hehee

    • rizkibeo

      #aries : software transyt tidak ada yang freeware, jadi setahu saya belum bisa didownload fullversion

      • aries

        begini mas,,
        saya mengambil skripsi ttg analisa persimpangan menggunakan TRANSYT..
        dimana mas saya bisa menemukan jurnal ttg TRANSYT untuk keprluan tinjauan pustaka saya.. boleh saya minta link nya mas??
        terimakasih sebelumnya..

      • aries

        mas Rizki.. tolooooooooooooong saya sudah kena garis mati nih.. hhehehe
        makasih yah mas..

  11. heru

    ass mas rizqi saya sedang melaksanakan tugas akhir berupa skripsi saya mengambil tema mengenai koordinasi simpang dengan menggunakan transyt,yang mau saya tanya kalo perhitungan manual untuk simpang koordinasi sepertia apa ya . .
    trima kasih . . .

    • rizkibeo

      Heru, koordinasi simpang dapat dihitung teoritis dengan teori aliran lalulintas…Transyt hanya software yang membantu menghitungkan secara cepat…
      Nanti kapan2 teori aliran dan koordinasi simpang akan saya sampaikan di blog ini, karena masih terkendala keterbatasan waktu saya untuk menulis….

  12. heru

    ok mas makasih bgt,bwt nahbh2 ilmu jg . . .
    ditunggu y mas,hehe

  13. muslim

    mas,dapetin software itu dari mana ya?mohon infonya dong

  14. isom bahri

    mas tolong bagi sofware program transyt dong………saya kebetulan skripsinya pakai program transit juga

    • rizkibeo

      #isom : program transyt saya tidak punya karena memang harus membeli langsung ke TRRL Inggris.
      Namun beberapa unversitas sudah punya software ini, seperti di UGM, UII (Yogyakarta), UI Jakarta, dll. Bisa digunakan di lab transport di masing-masing universitas tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s