Proses Kerja TRANSYT

Secara garis besar proses kerja software TRANSYT adalah sebagai berikut ini.

1. Dengan menggunakan model lalu lintas yang didasarkan pada data jaringan jalan dan volume lalu lintas serta setting lampu lalu lintas eksisting, maka akan diperoleh Performance Index (Indeks KInerja) berupa total hambatan jumlah henti dalam jaringan.

2. Indeks Kinerja ini kemudian dijadikan dasar untuk melakukan optimasi pengaturan setting lampu lalu lintas yang baru.

3. Setting lampu lalu lintas yang baru tersebut kemudian dibawa ke dalam model sehingga diperoleh nilai Indeks Kinerja yang baru.

4. Indeks Kinerja yang baru kemudian dapat dibandingkan dengan Indeks Kinerja sebelumnya untuk melihat perubahan yang diperoleh.

5. Proses tersebut dapat diulang terus menerus sampai diperoleh setting lampu lalu lintas yang paling optimal, di mana Indeks Kinerja yang diperoleh tidak bisa lebih baik lagi.

Di dalam optimasi pengaturan koordinasi antar simpang bersinyal atau tidak bersinyal, ukuran Indeks KInerja dapat digunakan secara proporsional, yakni dengan menggabungkan nilai kinerja simpang bersinyal dengan simpang tidak bersinyal, meliputi nilai tundaan, panjang antrian, serta kendaraan terhenti. Indeks Kinerja lain yang didapatkan adalah rata-rata kecepatan kendaraan dan konsumsi BBM dalam sistem jaringan jalan.

Leave a comment

Filed under Transport Sofwares

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s