Software OSCADY untuk Simpang Bersinyal

OSCADY adalah akronim dari Optimised Signal Capacity And Delay, sebuah program buatan TRL Inggris yang digunakan untuk menghitung kinerja simpang bersinyal yang terisolasi (tertutup).

Kinerja simpang bersinyal yang dihitung oleh OSCADY adalah :

1. Kapasitas.

2. Panjang antrian.

3. Tundaan/delay (geometri dan antrian)

OSCADY dapat pula digunakan untuk menghitung prediksi indikasi kecelakaan pada simpang.

Tipe simpang yang dapat dianalisis dalam OSCADY adalah : Simpang Tipe T, Simpang 4, dan Simpang Staggered (simpang yang bentuknya tidak siku).

Beberapa algoritma yang digunakan di dalam OSCADY adalah :

1. Rumus kapasitas berdasar Webster (1966) : C = S x g/c

2. Green time : g = G – ds – de, dengan G adalah hijau aktual, ds adalah start displacement, de adalah end displacement.

3. Saturation Flow mengacu pada Kimber (1986) untuk 2 jenis protected (terlindung) dan opposed (terlawan).

4. Panjang antrian dan delay formulasinya sama dengan MKJI 1997.

Data input dalam OSCADY adalah :

1. Data geometri simpang : gradien, lebar keluar, lebar lajur, radius berbelok, storage beyond stopline, panjang stagger dan lebar rata-rata stagger (bila simpang adalah staggered), gerakan terlawan, dll.

2. Data kecepatan : kecepatan pendekat, kecepatan keluar simpang, batas kecepatan.

3. Data Fase APILL, termasuk ds dan de.

4. Data arus/volume lalulintas, dengan 4 pilihan data arus : DIRECT, LEVELS, FOUR, dan OD-TAB.

Beberapa kelebihan OSCADY (dibanding software simpang lainnya) adalah berbasis Windows dan user friendly karena data-data inputnya banyak berupa gambar sehingga memudahkan pengguna untuk mengetahui tata cara memasukkan data.

(disarikan dari bahan kuliah Komputasi Transportasi, Program Pasca Sarjana Magister Sistem dan Teknik Transportasi (MSTT) UGM Yogyakarta)

-Rizki Beo

6 Comments

Filed under Transport Sofwares

6 responses to “Software OSCADY untuk Simpang Bersinyal

  1. Nariasta

    Salam kenal Pak Rizki,
    Perkenalkan saya nariasta, saya mahasiswa teknik sipil Universitas Mataram. Saya tertarik dengan Software OSCADY yang ada bahas dan saya sudah download versi demonya, tapi saya kurang mengerti cara penggunaannya. Saya berharap kalo anda punya manual book-nya ataupun petunjuk penggunaannya dimana saya bisa dapatkan yang lengkap. dan kalo anda punya bisa nggak saya dapatkan. bantuan anda sangat saya harapkan. Terima Kasih atas bantuaanya
    Beo : salam kenal kembali mas Nariasta..Tentang OSCADY, manual booknya sama persis yang ada di menu “Help”, yang akan menampilkan User Guide. Saya tidak tahu apakah versi demonya bisa menampilkan menu “Help”. Dicoba dulu aja. Tapi kalo butuh hardcopynya, bisa maen ke Jogja (wah, jauh ya..hehe)…Atau bisa mengundang saya ke Universitas Mataram (hehe lagi..). Saya terakhir pernah diundang memberikan tutorial software transport di Unhalu di Kendari

  2. REZKY AGUNG

    Assalamualaikum,,,

    seLamat maLam pak rizki, saya rezky agung nuladani mahasiswa teknik sipi dan lingkungan UGM, saya ingin mendapatkan banyak pengalaman dari bapak di bidang transportasi,,

    karena saya ingin belajar lebih banyak dari bapak, untuk menyelesaikan tugas akhir saya di S! ugm,,

    jika bapak ingin memberikan pengalamannya kepada saya,,

    saya sangat berterima kasih sekali karena pengalaman itu sangat membantu saya kedepan,,

    salam hangat,,
    Beo : wa’alaikum salam Mas Rezky, you are welcomed….

  3. adi

    softwarenya dah ada di rental blm pak…??mw nyobain gt mksdnya..hehehe…
    @adi : software2 khusus/spesialis transport jarang ada yg mau ngecrack, jadi ga ada di rental, hehehe….

    • panda

      pak punya pejelasan dengan metode webster gk ???
      saya bingung carinya gk nemu2. kl pnya lngsung kirim ke email saja ya pak… terima kasih😀

  4. panda

    pak punya penejalasn tntang metode webster gk???
    ntar kirm ke email saya sj ya pak kl pnya
    terima kasih

  5. yuni karuniawati

    slmt mlm p rizki beo,saya sangat tertarik dengan softwere OSCADY,bagaimana saya bisa mmperoleh program tersebut.trimakasih
    #yuni : detail software OSCADY dapat dilihat di website TRL atau Transport Research Laboratory atau lihat di sini

Leave a Reply

