Simpang Siur Percakapan di Cockpit AdamAir KI 574 (bagian 1)

Kecelakaan AdamAir PK-KKW dengan Nomor Penerbangan KI 574 pada 1 Januari 2007 lalu di Majene ternyata masih berbuah kontroversi. Percakapan di dalam cockpit pesawat antara Pilot Capten Revri Agustian Widodo dan Copilot Yoga serta ATC (Air Traffic Control) Bandara Hasanuddin Makasar telah tersebar luas ke masyarakat melalui media internet.
Menhub Jusman Syafii Djamal menyatakan bahwa rekaman percakapan Pilot Capten Revri Agustian Widodo dan Copilot Yoga dalam pesawat AdamAir KI 574 adalah tidak asli (detiknews Minggu, 03/08/2008 )
Berikut petikan transkrip percakapan (yang juga telah saya cocokkan dengan copy file audio yang saya terima, rekaman suara berdurasi 5 menit 38 detik) yang beredar di masyarakat : (transkrip tulisan saya ambil dari detiknews.com). Dengan berbagai pertimbangan, file audio rekaman tidak saya upload di situs ini.

Pilot (P) : Ini…
P : Headingnya…..ini posisinya dia, di sono….
Kopilot (K): Iya ..
P : 21 mile..
P : Ujung Pandang….?
K : Yes??
P : Ujung Pandang jelas?
P : Haiyyah…. cuaca di Mike Kilo Sierra (MKS=Makassar) ampun deh…!
P : Loh, ini DME (Distance Measuring Equipment, alat bantu penentu jarak)-nya diyee… ???
K : Iya… makanya itu, Capt….ngaconya disitu!
P : Bukan, Ini Mike Kilo Sierra?
K : Iya.
P : Tapi…

ATC kemudian memanggil

ATC : Adam 574 confirm maintain heading 070 or tracking to DIOLA?
P : Adam 574, affirm, maintaining 070.
P : Berarti ga jelas….
K : Bearing 074, mach 74….
P : Anginnya dah mulai normal lagi ?
K : Iyah……
K: Syahrizal confirm? selamat tahun baru, Mas.
ATC : Gatut, ok dicopy, disampaikan nanti, Insya Allah.
P : Gue liat tadi, kok DME-mu beda sama DME gambarnya ini?
K : Iya…. Ngaco ni,Capt….bener…
P : Dah ngaco dah, emang …dah ngaco. Udah mulai kapal bambu deh. Mendingan kita percaya ama ini aja deh…hehehe…
K : Hehe..iyalah..Ga bisa..siapa-siapa nih….
P : Makanya…
K : Terlalu jauh banget

Terdengar suara gemuruh

P : Salah lagi ini dia..
K : Iya nih… Ccck!
P : Coba.. tolong confirm posisi aja…
K : Oke!
P : Confirm on radial sekian.. 124 DME gitu

Terdengar Kopilot memanggil ATC

ATC : Go ahead
K : I don’t have position..confirm radio..contact to radio 307…
ATC : Roger… Adam 574 position is 125 miles Mike Kilo Sierra, crossing radial 307 Mike Kilo Sierra
K : Ok….. that’s confirm… that’s confirm. Affirm.

K : Iya kan.. ngaco
P : Ngaco. FIDS (Flight Information Display System)-nya udah, FMS (Flight Management System, komputer di cockpit yang berfungsi mengatur penerbangan dari pesawat tersebut)nya…
FMS telah mengacaukan dirinya sendiri… Uedan opo(Gila apa)…Oi terbangnya melanglang buana’e….
K : Manual aja,Capt..yah
P : Coba ini.. apa.. ee.. gw pake ini aja deh terbangnya… pake IRS(Innertial Reference System)-nya taro di attitude
K : Yes
K : Masuk ke…?
P : Fail aja
K : Fail?
P : Yah, fault aja deh ..
K : Fault aja ya….
P : Ni taro di attitude (ATT) aja nih
K : Other’s more problems???P : Attitude nggak..
K : Yang left?
P : Iya…Arah angin dan headingnya saja, masukin ini ya..
K : SELCAL dan Attitude??
P : Masukin ini
K : Heading berapa nih,Capt? zero… zero seven nine yah??
P : Iya, masukin ini keatas
K : Ini,Capt?
P : taro NAV (Navigation) lagi….

Kemudian terdengar suara peringatan ‘Bank angle’ di cockpit pesawat (menandakan pesawat telah miring melewati 35 derajat) dua kali. Terdengar lagi suara ‘Bank angle’ dua kali.

P: Taro NAV lagi, taro NAV lagi….

Latar belakang suara peringatan, alarm, suara seperti tombol ditekan

K : Yes?
P : Taro NAV lagi !

Suara ‘Bank angle’ dan alarm peringatan masih terdengar

P : Taro NAV lagi !
K : NAV! Ok,Capt?
P : Jangan dibelokin nih… Kita..!! (suara Pilot meninggi)
K : Captain, captain, captain…(terdengar panik)

Terdengar suara kretek..kretek..

K : Aduh Capt, Capt, Capt….
P : Iya, iya…!
Cockpit: Allahu Akbar. Allahu Akbar.Allahu Akbar. Allahu Akbar.Mayday….. Argh..Allahu Akbar..Mayday.Mayday..Allahu Akbar.

Terdengar suara kretek-kretek yang makin keras. “Argh..Allaaaaahu Akbaar..!”.

(bersambung bagian 2 tentang rekaman versi KNKT)

Leave a comment

Filed under Air Transport

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s