Simpang Siur Percakapan di Cockpit AdamAir KI 574 (bagian 2)

Berikut adalah petikan percakapan di cockpit VERSI KNKT yang dilansir KNKT dalam laporan investigasi kecelakaan pesawat AdamAir KI 574 PK-KKW yang dirilis 25 Maret 2008.

Transkrip ini saya unduh dari detiknews.com. Foto saya ambil dari swaramuslim.net

Waktu percakapan dalam transkrip 06:56:55.2 Universal Time Coordinate (UTC) atau sekitar pukul 13.56 WIB.

Pilot (P) : Taruh di IRS attitude
Kopilot (K) : Oke Capt
P : Masukkan
P : Masih fail
K : Fail
P :
Ada fault. Pilih attitude
K : mengalihkan ke mode IRS
P : Attitude left
K : Left
P : Setelah ini heading set ya, masukin ya..

Suara autopilot mati 4 detik berikutnya.

Berikutnya, lanjutan transkrip yang diambil antara 06:47:10 UTC – 06:50:21 UTC atau pukul 13.47 WIB-13.50 WIB. Dalam percakapan ini terungkap bahwa sistem IRS tidak berfungsi.

P : Lihat QRH. Kalau IRS nomor 2 mati, lihat ada apa.
K : IRS
P : Navigasi, FMS (Flight Management System, komputer di cockpit yang berfungsi mengatur penerbangan dari pesawat tersebut), lihat FMS-nya.
K : IRS fault
P : Eleven four, itu nggak fault
K : Itu nggak fault
P : IRS-nya salah
K : Tapi faultnya harus dinyalakan Capt
P : Iya, itu nggak fault
K : Yes, on the ground flight
K : Yang satu ini on the ground
K : IRS fault eleven four
P : Itu nggak fault
K : No..no..no..

Ada kata-kata ‘flight‘ yang terekam, namun investigator tidak bisa memastikan siapa yang mengucapkan kata itu.

K : Yang left bagus
P : Ya, itulah kenapa
P : Bisakah kita mematikan salah satu IRS?
K : Sepertinya nggak perlu
P : Nggak ada apa-apa
P : Nggak ada apa-apa
K : Radial, two nine zero, yup

06:58:10.6 UTC atau sekitar pukul 13.58 WIB, suara peringatan ‘Bank angle’ berbunyi 4 kali.

P : Taruh NAV lagi, taruh NAV lagi
K : Yes
P : Taruh di NAV lagi, taruh NAV lagi

Ada suara peringatan ‘Altitude Deviation‘.

K : NAV
P : Jangan dibelokkan! Ini heading kita
K : Hentikan! Hentikan! Hentikan! Hentikan! Hentikan! Hentikan!

Berikutnya, terdengar suara berdebam-debam keras terekam pada 06:59:05 UTC atau pukul 13.59 WIB.

Sekali lagi ini adalah rekaman suara di cockpit AdamAir KI 574 versi KNKT, seperti yang tertuang di dalam laporan investigasi. Suara rekaman yang beredar di masyarakat dapat dilihat di sini. (yang diklaim palsu oleh Menhub ataupun KNKT).

Leave a comment

Filed under Air Transport

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s