Ketua KNKT Duga Pembocor Rekaman AdamAir Punya 5 Motif

(posting ini saya salin sesuai aslinya dari detiknews.com)

Senin, 04/08/2008 18:19 WIB
Ketua KNKT Duga Pembocor Rekaman AdamAir Punya 5 Motif
E Mei Amelia R – detikNews

Jakarta – Ketua KNKT Tatang Kurniadi menyayangkan ada rekaman yang disebut-sebut sebagai percakapan terakhir pilot-kopilot AdamAir KI-574. Menurutnya, orang yang menyebarluaskan rekaman tersebut di dunia maya memiliki 5 motif.

“Satu, iseng. Dua, dengan niat tertentu yang lebih besar melemahkan KNKT. Ketiga, mendiskreditkan KNKT. Keempat, mendiskreditkan investigator, dan kelima mendiskreditkan ketua KNKT,” ujarnya kepada wartawan di kantornya, Jl Medan Merdeka Barat, Senin (4/8/2008).

Tatang menyebut perbuatan orang yang membocorkan rekaman itu sebagai tindakan yang konyol. Rekaman yang beredar sekarang penuh dengan hasil modifikasi.

Menghadapi hal itu, Tatang mengatakan akan mengambil langkah sesuai dengan 6 instruksi Menhub Jusman Syafii Djamal.

1. Agar menggunakan peristiwa rekaman tidak resmi tersebut sebagai momentum untuk menata ulang organisasi KNKT agar lebih efisien dan kredibel sesuai standar internasional.

2. Menhub meminta dilaksanakan penelitian ke dalam perihal peraturan, prosedur dan tata cara penyimpanan dokumen dan benda hasil penyelidikan kecelakaan.

3. KNKT diminta melaksanakan proses ulang untuk menata kembali hierarki susunan jalur peredaran dokumen rahasia yang diperlukan bagi penyelidikan kecelakaan.

4. KNKT diminta menemukan sumber rekaman yang beredar jika ada orang dalam KNKT yang terlibat, dia harus dijatuhi sanksi sesuai ketentuan yang berlaku. Jika dilakukan di luar institusi KNKT, dia harus diserahkan pada mekanisme hukum yang berlaku, terutama dengan menggunakan payung UU.

5. Membebaskan institusi KNKT dari unsur yang tidak hormat pada rule of engagement yang telah ditetapkan ICAO dalam annex kecelakaan pesawat terbang.

6. Diminta membangun rasa hormat pihak karyawan dan kantor pada kredibilitas KNKT sebagai satu-satunya institusi penyelidikan kecelakaan transportasi.(gah/nwk)

Leave a comment

Filed under Air Transport

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s