Tips Menghentikan Mobil Jika Rem Blong

Anton Suhartono – Okezone

JAKARTA – Tak sedikit kecelakaan lalu lintas terjadi disebabkan rem blong. Kondisi ini dapat terjadi kapan saja meski perangkat rem baru dicek. Untuk itu, caa menghentikan mobil saat terjadi rem blong baiknya diketahui.

AstraWorld berbagi tips apa yang sebaiknya dilakukan pengemudi jika mendapati masalah ini. Ada dua kemungkinan terjadinya fungsi rem yang umumnya baru diketahui saat kendaraan melaju, yaitu rem blong dan macet. Bahkan rem yang macet (menjepit terus) dapat mempengaruhi arah steer (kemudi). Rem yang macet dapat mengakibatkan kemudi tertarik ke kiri atau ke kanan karena roda terkunci.

Bila mendapati kerusakan rem dalam kondisi kendaraan sedang melaju, yang pertama harus dilakukan adalah menghentikan laju kendaraan.

Pada kondisi seperti ini dapat kendaraan dapat dihentikan menggunakan rem tangan. Masalahnya rem tangan baru bisa dioperasikan jika kecepatan sangat rendah, yaitu di bawah 10 km/jam. Untuk ini, ada beberapa step yang harus kita lakukan sebelum mengoperasikan rem tangan.

Turunkan kecepatan kendaraan dengan memindahkan gigi perseneling yang lebih rendah secara bertahap (5-4,4-3,3-2,2-1). Apabila pada bahu jalan terdapat rumput, gunakan bahu jalan yang berumput memperlambat laju kendaraan. Setelah kecepatan kendaraan sudah relatif pelan, lakukan pengoperasian rem tangan untuk menghentikan laju kendaraan.

Setelah kendaraan berhenti total, segera lakukan pemeriksaan komponen rem. Bila ada kerusakan, segeralah lakukan perbaikan. Menghentikan kendaraan tanpa fungsi rem seperti di atas ini relatif lebih aman ketimbang panik yang berpotensi kendaraan melaju tanpa kontrol. (ahm)

(sumber : autos.okezone.com)

Leave a comment

Filed under Traffic Safety

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s