Mobil Nol Emisi Tak Sekadar Impian

sumber : autos.okezone.com

Minggu, 24 Agustus 2008 – 11:51 wib

Sebenarnya perkembangan mobil ramah lingkungan sudah dilakukan sejak 24 Maret 1995 lalu. Saat itu pemerintah Amerika Serikat (AS), khususnya di negara bagian California, mendapat persetujuan kongres untuk pemberlakuan kebijakan Zero Emission Mandet.
Salah satu poin penting di dalamnya adalah pembatasan pengoperasian kendaraan bahan bakar minyak (BBM) di negara bagian California dengan kebijakan 10 berbanding 1 (untuk setiap produsen yang menjual 10 unit mobil BBM diwajibkan menjual 1 unit mobil Zero Emission Vehicles/ZEV).

Ketika GM mendapat mandat dari pemerintah California untuk memproduksi mobil listrik, GM tidak tanggung-tanggung mengeluarkan investasi senilai USD1 miliar dengan memulai membangun teknologi mobil listrik yang berbasis pada battery operate yang disertai dengan pengembanganinfra-struktur charging di berbagai tempat di negara bagian California.

Produksi mobil listrik tahap pertama GM berjumlah 4.000 unit. Mobil yang diberi nama EV1 itu dipasarkan dalam waktu yang sangat singkat, semuanya habis terjual. Beberapa pabrikan lainnya ikut memproduksi dan memasarkan mobil listrik tersebut di California.

Di antaranya Peugeotyangbekerja sama dengan Royal Mail,East Midlands Electricity, merilis mobil listrik di Inggris, kemudian Toyota dengan RAV4 EV,Honda dengan EV PLUSnya, Nissan Altra Evs,Chevrolet S-10 Electric,dan Chrysler EPIC (Electric Minivan).

Pamor mobil elektrik ini mulai pudar pada 2003 seiring dicabutnya Zero Emission Mandet.Namun, produsen mobil kini justru menyuguhkan teknologi yang lebih maju lagi, yakni fuel cell.Toyota misalnya merilis Toyota FCHV yang bisa mencapai kecepatan maksimum 155 km/jam dan jelajah maksimumnya 300 kilometer.

Kemudian Honda FCX dengan kecepatan maksimum 150 km/jam dan jelajah maksimum 355 kilometer,Nissan XTrail FCV dengan kecepatan maksimum 125 km/jam dan jelajah maksimum 200 kilometer. Adapun Mercedes Benz merilis Mercedes F600. Mobil fuel cell pada prinsipnya adalah mobil bermesin listrik yang mendapatkan tenaga listrik dari fuel cell.

Fuel cell menggabungkan hidrogen (yang dibawa dalam tabung) dengan oksigen (yang diambil langsung dari udara) lewat rangkaian proses kimia sehingga menghasilkan tenaga listrik.Sisa proses kimia itu hanyalah air dan panas, yang sepenuhnya bebas pencemaran. Sisa proses kimia itu bebas karbondioksida (CO2),bebas nitro oksida (NO), dan sulfur oksida (SO). (sindo//ahm)

Leave a comment

Filed under Energy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s