Konflik Angkot Vs Omprengan Tak Berujung, Sopir jadi Korban

Selasa, 29 Juli 2008 | 11:19 WIB

JAKARTA, SELASA – Konflik antara angkutan pelat kuning dan omprengan (pelat hitam) di Tengarang sudah menahun tak terselesaikan. Sempat mereda, tiba-tiba memanas kembali. Pertengahan Mei lalu bahkan sempat hampir terjadi bentrok antarmassa sopir.

Senin (29/7) kemarin seteru kembali berlanjut setelah adanya perusakan armada, baik pelat kuning maupun pelat hitam. Bagaimana para sopir melihat persoalan yang ibarat api dalam sekam, dapat menyala setiap saat ini?

“Jujur saja, kami juga capek. Maunya selesai karena kerja juga enggak tenang. Kita waswas, apalagi kalau narik malam dikit, takut dicegat,” kata Pinem, sopir Roda Niaga G-03, jurusan Kali Deres-Kota Bumi, Selasa (29/7).

Pinem menuturkan, ia kerap mengalami penyegatan oleh sopir omprengan. “Tapi, alhamdulillah, enggak sampai anarkis,” ujarnya.

Keberadaan omprengan, ujar Pinem, telah menyedot sebagian pendapatannya. Sebab, omprengan tak mematok tarif bagi penumpangan. Hal ini menurutnya merugikan sopir angkot.

Namun, tak beroperasinya omprengan pada hari ini ternyata juga tak membawa pengaruh besar pada pemasukan para sopir angkot pelat kuning. “Kalau baru rusuh begini, memang enggak ngaruh, belum stabil. Mungkin karena penumpang takut juga naik, takut dicegat,” kata Andi, sopir angkot lainnya.

Dalam sehari, sebuah angkot bisa beroperasi 6-8 putaran (Kali Deres-Kota Bumi, PP). Pemasukannya sekitar Rp 300.000. Dari jumlah itu, mereka harus menyetorkan Rp 120.000 per hari. “Tapi, enggak tentu juga, tergantung penumpang,” ujar Andi.

Para sopir ini pun berharap konflik yang juga melelahkan bagi mereka akan segera berakhir. “Ya, pemerintah segera ambil keputusan. Kami berharap, yang namanya enggak resmi ditindak. Jangan ada lagi. Penumpang juga kan lebih nyaman kalau resmi,” kata Jauhari. (ING)

Leave a comment

Filed under Public Transportation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s