Produksi Global Honda Juli 2008 Melonjak

Jumat, 29/8/2008 | 09:31 WIB

TOKYO, JUMAT ā€” Pabrikan mobil Honda di Jepang melaporkan, Kamis (28/8), produksi global untuk Juli 2008 melonjak 17,7 persen atau 342.152 unit. Ini adalah suatu rekor dan pertumbuhan yang bagus di tengah-tengah kesulitan serius yang dihadapi pesaingnya di Amerika. Saat harga bahan bakar menguat di dunia industri otomotif, justru pasaran global Honda tumbuh sehat.

Dari semua produk Honda, sedan subkompak Honda Fit memimpin dan menjadi penjualan terbaik di negerinya sendiri untuk Juli lalu. Kalau di Indonesia, Fit tak lain adalah Honda New Jazz dengan sedikit perbedaan yang disesuaikan dengan kondisi di negeri Matahari Terbit itu.

Mazda juga melaporkan kenaikan 25,5 persen pada Juli lalu untuk pasar global dengan 126.025 unit. Produsen Jepang yang bermitra dengan Ford Motor Company untuk pasar di Amerika itu menjelaskan, permintaan tertinggi diraih Mazda2 (untuk pasar global) yang di Jepang bernama Demio.

Honda sendiri sebagai pabrikan terbesar nomor dua di Jepang justru produksi kendaraannya lebih banyak dibikin di luar negeri. Dari seluruh penjuru dunia, produksi untuk Juli mencapai 19,3 persen atau 229.996 unit, sementara produksi dalam negerinya 112.156 unit (14,5 persen).

Kontribusi terbesar didapat dari pasar di Amerika Utara dan pasar Asia. Dan khusus Juli lalu, Honda sudah melemparkan total produksi untuk Juli sebanyak 363.532 unit. Rekor tersendiri, di mana angka tersebut baru diraih Honda pada Oktober tahun lalu.

SBT
Sumber : AP

Leave a comment

Filed under Automotives

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s