Honda Gelar Kompetisi Safety Riding

Kamis, 24 Juli 2008 – 14:49 wib

Anton Suhartono – Okezone

Honda Safety Riding/Inbike

JAKARTA – Astra Honda Motor (AHM) menggelar kompetisi safety riding bagi para instruktur main dealernya di seluruh Indonesia. Sebanyak 40 instruktur mengikuti kompetisi ini di mana pemenang pertama akan dikirim ke Jepang untuk mengikuti Safety Japan Competition.

“Kompetisi ini merupakan upaya kami untuk merangsang main dealer Honda di daerah untuk melaksanakan acara serupa. Ini untuk memperkuat jaringan dan pelayanan terhadap konsumen,” kata Johannes Loman, Direktur Pemasaran Astra Honda Motor usai membuka 2nd Astra Honda Safety Riding Instructors Competition di AHM Part Center Cakung, Jakarta Timur, Kamis ( 24/7/2008 ).

Johannes menambahkan, pengaruh pelatihan safety riding dalam nenekan angka kecelakaan tak bisa terealisasi secar langsung. Ini membutuhkan proses dan dukungan tak hanya di pusat, tapi juga di daerah. Untuk itu pihaknya berupaya menambah infrastruktur terkait program safety riding selain menggandeng berbagai elemen, seperti kepolisian dan kalangan pendidikan untuk mensosialisasikan pentingnya safety riding.

Selain itu, AHM juga akan menambah Honda Training Center sebagai media pembelajaran mengemudikan sepeda motor yang benar. Saat ini AHM sudah memiliki 530 simulator yang tesebar di seluruh Indonesia. Jumlah tersebut akan ditingkatkan menjadi 1.000 unit hingga akhir tahun ini. Tahun lalu, AHM juga menyumbangkan 10 unit simulator untuk digunakan kepolisian yang sudah digunakan di Jawa dan Bali. Rencananya, tahun ini AHM akan menyumbang 10 unit simulator lagi.

Di kesempatan yang sama, Kepala Sub Direktorat Pendidikan Masyarakat, Ditlantas Polri, Kombes Suprodjo WS mengatakan, bertambahnya populasi sepeda motor identik dengan meningkatnya kecelakaan lalu lintas. Setidaknya 80 persen dari kasus kecelakaan yang terjadi, melibatkan sepeda motor. Oleh karena itu, kegiatan safety riding yang dilaksanakan ini mendapat dukungan penuh dari pihak kepolisian.

Sistem penilaian dan trek kompetisi yang dilaksanakan di sirkuit AHM Part Center, Cakung Jakarta Timur ini, mengikuti standar Japan Safety Riding Instructor Competition. Para peserta harus mengikuti serangkaian ujian termasuk teori. Untuk praktik, peserta diharuskan melewati rintangan, yaitu braking 60 km/jam, slalom figure + figure 8, slalom course, dan narrow plank. Postur dan posisi anggota tubuh saat mengendarai sepeda motor, juga termasuk dalam penilaian.

Pemenang pertama akan menjadi wakil Indonesia di ajang safety riding bergengsi internasional 12 th Safety Japan Competition di Jepang, pertengahan Oktober mendatang di Suzuka Traffic Education Center. Nantinya keempat puluh instruktur akan melatih instruktur-instruktur safey riding di daerah masing-masing, termasuk memberikan pembekalan kepada pembeli sepeda motor Honda. (ton)

Comments Off on Honda Gelar Kompetisi Safety Riding

Filed under Traffic Safety

Comments are closed.