Honda Yakin Jual 2,8 Juta Sepeda Motor

Kamis, 24 Juli 2008 – 14:08 wib

Anton Suhartono – Okezone

JAKARTA – Target penjualan sepeda motor hingga akhir 2008 diperkirakan mencapai 6 juta unit. Astra Honda Motor (AHM) selaku pemain pasar terbesar di Indonesia, berambisi merebut 48 persennya atau sekira 2,8 juta unit.

“Paling tidak target kami menguasai 48 persen pasar. Ekspansi pasar yang kami lakukan dengan meluncurkan produk-produk baru, tak menutup kemungkinan angka tersebut akan melonjak hingga 50 persen hingga akhir tahun ini,” kata Siswanto Prawiroatmodjo, Executive Vice Presiden Director AHM usai membuka 2nd Astra Honda Safety Riding Instructors Competition di AHM Part Center Cakung, Jakarta Timur, Kamis ( 24/7/2008 ).

Target tersebut cukup realistis untuk dikejar mengingat selama semester pertama 2008 saja, Honda telah menjual sebanyak 1,4 juta unit. Pada semester kedua, tren akan menunjukkan kenaikan seiring masa lebaran. Oleh karena itu, Siswanto yakin, kenaikan permintaan masih akan terjadi di semester kedua sehingga tak tertutup kemungkinan perolehanm market share Honda meningkat menyesuaikan permintaan pasar. “Jika penjualan motor mencapai 6 juta, kami yakni setengahnya adalah produk Honda, imbuh Siswanto.

Disinggung usaha Honda untuk mengantisipasi kenaikan permintaan tersebut, Siswanto berkomentar, saat ini pihaknya dalam proses meningkatkan kapasitas produksi menjadi sekira 250.000 unit per bulan. Selain menambah shift, ketiga pabrik perakitan Honda di Indonesia juga dioperasikan selama 7 hari penuh. “Saat ini kami masih berusaha menekan inden agar tak lebih dari 2 bulan,” katanya.

Saat ini sebagian besar model sepeda motor Honda mengalami inden mulai 1 minggu hingga 2 bulan. Menurut data AHM, sepeda motor skutik Beat yang baru diluncurkan sudah inden sebanyak 20.000 unit atau sekria 2 bulan. Selain itu jenis sport, seperti Mega Pro dan Tiger, juga inden 1 bulan lebih. Jenis bebek Revo dan Supra X 125 juga inden, terutama jenis cast wheel. (ton)

1 Comment

Filed under Automotives

One response to “Honda Yakin Jual 2,8 Juta Sepeda Motor

  1. karno

    aku juga inden new mega pro, sudah 1.5 bulan lum ada kabar, aku inden di surya motor lawang, malang, tlp 0341.426345

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s