Daops VI Prediksi Penumpang Lebaran Naik 7 Persen

Posting saya salin dari okezone.com

Sabtu, 30 Agustus 2008 – 16:53 wib

YOGYAKARTA – PT Kereta Api (KA) Daaerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta memprediksikan jumlah penumpang pada musim lebaran ini akan mengalami kenaikan 6-7 persen jika dibandingkan pada tahun lalu.

Kepala Humas PT KA Daops VI Yogyakarta Hartomo WP mengatakan pada puncak lebaran tahun lalu, jumlah penumpang mencapai 14.652 orang. Sehingga dengan adanya kenaikan 6-7 persen tersebut, jumlah penumpang diperkirakan sebanyak 15.800 orang.

“Puncak lebaran tersebut terjadi pada H+2 hingga H+5,” ungkap Hartomo di kantornya, Sabtu ( 30/8/2008 ).

Untuk itu, dalam mengantisipasi terjadinya kenaikan penumpang ini, pihaknya telah menyiapkan tambahan rangkaian kereta api. Baik eksekutif, bisnis maupun ekonomi. Untuk eksekutif Daops VI menyiapkan tambahan KA Argolawu jurusan Solo-Gambir dengan kapasitas 400 tempat duduk.

KA Bisnis, yaitu Senja Utama Lebaran jurusan Yogyakarta-Pasar Senen dengan kapasitas 560 tempat duduk dan KA Ekonomi, yaitu Begawan Lebaran jurusan Jebres-Tanah Abang dengan kapasitas 102 tempat duduk.

“Untuk bisnis dan ekonomi sesuai dengan Kepmen No 8/2001, ada toleransi kelebihan tempat duduk. KA bisnis sebanyak 25 persen dan ekonomi hingga 50 persen,” terangnya.

Hartomo juga mengatakan untuk moda angkutan sendiri, pihaknya membagi dalam tiga jenis angkutan, yaitu angkutan KA pra lebaran dari tanggal 21-30 September, angkutan lebaran dari tanggal 1-2 Oktober dan angkutan pasca lebaran dari tanggal 3-12 Oktober.

Sedangkan terkait dengan tarif angkutan lebaran ini, untuk KA ekonomi tidak ada kenaikan tarif. Namun untuk kelas bisnis dan eksekutif (komersial, diterapkan tarif batas atas dan bawah, atau tergantung kapan waktu pemberangkatannya. (Priyo Setyawan/Sindo/hri)

Leave a comment

Filed under Railway Transport

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s