Penjualan Motor Akan Tembus 6 Juta Unit

From autos.okezone.com

Senin, 14 Juli 2008 – 09:13 wib

Penjualan Motor Akan Tembus 6 Juta Unit

JAMBI – Pasar motor nasional diprediksi akan menembus angka 6 juta unit hingga akhir tahun, melebihi target yang ditetapkan sebelumnya yang dipatok sebanyak 5,2 juta unit.

Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dan kenaikan suku bunga kredit yang dikhawatirkan menekan penjualan dinilai masih kalah oleh kebutuhan masyarakat atas alat transportasi ekonomis.

“Pengaruhnya tetap ada, tapi jika BI Rate tidak menembus angka 9 persen, penjualan motor nasional bisa menembus 6 juta unit pada akhir tahun,” ujar Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) Johannes Loman usai pembukaan Kontes Mekanik Nasional dan Kontes Front Line Honda di Jambi, Minggu (13/7/2008).

Sementara itu, lanjut Johannes, konsentrasi penjualan motor secara nasional akan mulai bergeser ke luar Jawa. Penyebabnya, kenaikan harga komoditas perkebunan dan tambang tahun ini meningkatkan daya beli masyarakat di luar Jawa.

“Kalau tahun 2007 penjualan di Jawa bisa mencapai 62 persen dari total penjualan nasional, maka sekarang di kawasan Jawa-Bali itu hanya 57 persen. Artinya peningkatan terjadi di luar Jawa,” tuturnya. Pendapat tersebut dibenarkan Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Gunadi Sindhuwinata. Penjualan motor di luar Jawa akan meningkat seiring kenaikan daya beli masyarakat daerah.

“Salah satu indikatornya adalah pendapatan per kapita daerah yang meningkat hingga Juni 2008. Kalau dirata-ratakan, daerah di luar Jawa pendapatan per kapitanya meningkat 1 persen tahun ini, sementara di Jawa malah ada yang berkurang, contohnya di wilayah Jabodetabek,” kata dia.

Namun, Gunadi menilai prediksi penjualan hingga 6 juta unit akan sulit tercapai karena ada penurunan penjualan Mei dan Juli akibat beralihnya kebutuhan masyarakat dengan masuknya tahun ajaran baru. Gunadi menjelaskan, pertumbuhan penjualan motor sebesar 44 persen pada semester I-2008 masih lebih kecil dibandingkan pertumbuhan penjualan mobil pada periode yang sama yang mencapai 50 persen. “Jadi, kalau 6 juta saya rasa agak terlalu besar, angka logisnya 5,4 juta unit hingga akhir tahun,” kata dia.

Sementara itu, General Manager Motorsport and Promotion PT Yamaha Motor Kencana Indonesia, Bambang Asmarabudi mengatakan, pihaknya memperkirakan penjualan motor tahun ini akan mencapai 5,5 juta unit. Atas dasar itu, Yamaha menetapkan target penjualannya tahun ini sebanyak 2,4 juta unit.

Sementara Honda, dengan perkiraan pasar yang mencapai 6 juta unit menaikkan target penjualannya dari rencana semula 2,6 juta unit menjadi 2,8 juta unit hingga akhir tahun ini. Peningkatan ini disebabkan besarnya persentase kenaikan penjualan yang dibukukan Honda yang meningkat 52 persen, yakni 1,4 juta unit pada semester I-2008.

Pencapaian ini, kata dia, bisa diperoleh Honda dengan hanya mengandalkan produk lama. Honda, imbuh Loman, berencana memperkuat jajaran produknya dengan sejumlah propduk baru menjelang masa puncak penjualan motor (peak season) pada Lebaran tahun ini.

(sindo//ton)

Leave a comment

Filed under Automotives

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s