Jelang Mudik, 355 Perlintasan KA Tanpa Palang

Jelang Mudik, 355 Perlintasan KA Tanpa Palang
Rabu, 3 September 2008 – 11:41 wib

PURWOKERTO – Musim mudik hampir saja tiba. Namun hingga kini, sedikitnya masih terdapat 355 perlintasan kereta api di wilayah Daop V Purwokerto tidak dilengkapi dengan palang pintu.

Untuk mengantisipasi bahaya bagi para pemudik yang melintas di perlintasan KA, pihak Daop V hanya memberikan rambu-rambu sekitar perlintasan.

Menurut Mochammad Fatcham, Humas Daop V Purwokerto, Rabu (3/9/2008) mengatakan, pihaknya tidak mungkin sanggup menempatkan petugas pada tiap perlintasan tanpa pintu tersebut dengan alasan keterbatasan personel.

“Keterbatasan pegawai kami yang hanya 1.800, tidak akan mencukupi ditempatkan di perlintasan tanpa pintu yang ada yaitu 355. Andai setiap perlintasan di jaga 4 orang saja, bisa dibayangkan berapa personel yang kami butuhkan,” kilahnya.

Namun, sebagai antisipasi, pihak Daop V telah memasang rambu di sekitar perlintasan serta membuat garis kejut menjelang perlintasan. Meski sudah ada rambu-rambu, namun Factham mengimbau kepada pengguna jalan agar berhati-hati dan memperhatikan rambu-rambu jika melewati perlintasan KA.

Untuk perlintasan KA yang tidak berpalang pintu paling banyak berada di jalur Purworejo-Kroya hingga Banjarnegara, yaitu ada 158 perlintasan tanpa pintu. Di jalur Kroya – Prupuk ada 104 perlintasan tanpa pintu. Jumlah perlintasan KA yang dilengkapi pintu jauh lebih sedikit, yaitu 72 perlintasan ditambah 13 perlintasan swakarsa.

Untuk persiapan pra Lebaran, Fatcham mengatakan, pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan dan uji kelayakan KA secara menyeluruh sesuai standar operasional. Selain itu, Daop V juga melakukan identifikasi daerah yang rawan banjir, longsor dan pencurian rel.

Untuk daerah yang termasuk kategori rawan longsor antara lain di jalur Prembun, Purworejo, kemudian di Jeruklegi, Cilacap termasuk rawan banjir dan lain-lain. Untuk pemeriksaan sarana-prasarana dilakukan di Stasiun Kutoarjo, Kroya dan Purwokerto. (Saladin Ayyubi/Global/fit)

Leave a comment

Filed under Railway Transport

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s