KA Argo Wilis Anjlok di Garut, Sejumlah Perjalanan KA Terganggu

Posting saya salin dari detiknews.com dan okezone.com.

Sabtu, 06/09/2008 11:28 WIB
KA Argo Wilis Anjlok di Garut, Sejumlah Perjalanan KA Terganggu
Mansur Hidayat – detikNews

Jakarta – Kereta Api (KA) Argo Wilis jurusan Bandung-Surabaya anjlok di Garut, Jawa Barat Sabtu (6/9/2008) pukul 08.54 WIB. Hingga pukul 11.15 WIB, 223 penumpang masih tertahan di lokasi anjok yaitu antara Cipende – Bumiwaluyo Km 233 100-200.

“Alat berat sedang didatangkan untuk mengevakuasi gerbong yang anjlok,” kata Kahumas Daops II Mateta Rizalulhak kepada detikcom pukul 11.00 WIB.

Mateta mengatakan, nantinya, setelah proses evakuasi selesai, penumpang kembali diberangkatkan dengan kereta yang sama. Hanya saya, gerbong yang anjlok yakni gerbong 4 tidak diikutsertakan.

“Nanti gerbong 3 langsung disambung ke gerbong 5 karena kalau mau diangkut pakai bus juga jauh dari jalan raya,” lanjutnya.

Hingga kini, kata dia, penyebab kereta anjlok yang berangkat dari Bandung pukul 07.00 WIB itu belum diketahui. “Masih diselidiki. Tidak ada korban,” ujarnya.

Mateta juga mengatakan, akibat peristiwa ini, beberapa perjalanan KA terganggu karena harus menunggu proses evakuasi. “Semoga bisa cepat dan jalur kembali lancar,” katanya.(ken/djo)

Sabtu, 06/09/2008 13:22 WIB
Gerbong KA Argo Wilis Belum Dievakuasi, Jalur Selatan Ditutup
Mansyur Hidayat – detikNews

Garut – 235 Penumpang KA Argo Wilis jurusan Bandung-Surabaya yang anjlok sudah dievakuasi pukul 12.30 WIB. Dengan menggunakan 5 gerbong KA Argo Wilis yang tidak anjlok, para penumpang langsung melaju menuju Surabaya.

Pantauan detikcom, Sabtu (6/9/2008), 1 gerbong yang anjlok di 1 KM jelang Stasiun Cipendey dalam proses evakuasi. Roda gerbong yang anjlok sedang diperbaiki.

Rencananya, gerbong yang anjlok itu akan dikembalikan ke relnya setelah rodanya diperbaiki. Gerbong tersebut akan diangkat dan ditarik menuju Stasiun Budi Waluyo yang jaraknya kurang lebih 8 KM.

Meski jauh dari perkampungan, masih saja ada warga yang antusias ingin menonton anjloknya gerbong KA tersebut. Seratusan petugas PT KA terlihat bekerja keras di lokasi untuk memperbaiki gerbong tersebut.

Karena masih berada di lokasi, jalur Selatan pun sementara ditutup sampai gerbong tersebut berhasil dievakuasi.(gus/ken)

PT KA Prioritaskan Evakuasi Argo Wilis

Sabtu, 6 September 2008 – 13:46 wib

Arief Pratama – Okezone

BANDUNG – Anjloknya KRD Bandung Raya di dekat stasiun Ciroyom Bandung dan Kereta Argo Wilis tujuan Surabaya di Malangbong Garut, menyebabkan pihak KA Daerah Operasi (Daop) Bandung harus mengutamakan evakuasi kereta yang berada di jalur utama.

Kahumas PT KA Daop Bandung Mateta Rizalul Haq mengatakan, pihaknya akan mengutamakan penormalan jalur kereta Argo Wilis yang anjlok di Km 23+ 100-200, tepatnya di kampung Warung Banteng, Cipendeuy, Malangbong, Garut.

“Kami memprioritaskan jalur Malangbong Ke Jateng dan Jatim, karena apabila tidak dinormalkan akan terjadi hambatan tiga sampai empat jam dari dua arah berlawanan,” ujar Mateta, di kantornya, Sabtu (6/9/2008).

Mateta mengaku, hingga kini proses evakuasi masih dilakukan. Kondisi ini menyebakan jalur KA di Malangbong masih tersendat. Kereta api, kata Mateta, masih menggunakan satu lajur secara bergantian.

Mateta menambahkan, sebanyak 235 penumpang Argo Wilis yang mengalami kecelakaan kini sudah dialihkan ke stasiun Tasikmalaya dengan menggunakan KA Lodaya. Dari stasiun tersebut rencana penumpang akan kembali melanjutkan perjalanan hingga tempat tujuan.

“Itu pun jika penumpang mau, kalau tidak penumpang akan dialihkan dengan bus kelas eksekutif dengan biaya yang ditanggung PT KA.

Sementara itu, evakuasi KRD Bandung Raya, menurut Mateta, baru akan dilakukan evakuasi nanti malam, karena dinilai tidak mengganggu jalur KA utama.

Hingga kini, Mateta mengaku masih belum memastikan penyebab kedua kecelakaan tersebut. Pihaknya juga mengaku masih akan melakukan penyelidikan terkait tragedi tersebut

Seperti diketahui, pukul 08.54 WIB, kereta api Argo Wilis dengan Nomor lambung C20195 yang menarik enam gerbong itu, anjlok saat melintas di kawasan Cipendeuy, Malangbong, Garut.

(ded)

Sabtu, 06/09/2008 17:18 WIB
Proses Evakuasi KA Argo Wilis yang Anjlok di Garut Selesai
Mansyur – detikNews

Garut – Proses evakuasi gerbong KA Argo Wilis yang anjlok di Kampung Cidahu, Desa Mekarmulya Kecamatan Malangbong Garut, Jawa Barat , selesai sekitar pukul 15.44 WIB. Gerbong KA yang anjlok ditarik ke ke Stasiun Cipeundeuy.

Saat melakukan evakusai petugas cukup kesulitan karena kondisi medan yang curam dan berada dihimpitan 2 bukit kecil. Namun demikian akhirnya, puluhan petugas PT KA berhasil memasang alat berat dan memperbaiki kondisi as yang terlepas dan anjlok ke luar rel.

Ratusan warga setempat berbondong-bondong menyaksikan proses evakuasi. Suasana di sekitar lokasi kecelakaan pun berubah menjadi wahana ngabuburit warga menunggu datangnya azan Magrib.

Meski KA sudah ditarik ke Stasiun Cipeundeuy, hingga pukul 16.30 WIB, warga masih terlihat kerumunan. Mereka melihat-lihat bekas as KA yang anjlok.

KA Argo Wilis anjlok pada KM 233+100.200 Daops II Bandung di Kampung Cidahu, Desa Mekarmulya Kecamatan Malangbong sekitar pukul 08.54 Wib. KA tersebut berangkat dari Bandung sekitar pukul 07.00 WIB dan mengangkut 235 penumpang.

Akibat kejadian ini, para penumpang baru bisa melanjutkan perjalanan pukul 12.30 WIB setelah sebelumnya dievakuasi terlebih dahulu ke Stasion Cipeundeuy.

(djo/djo)

1 Comment

Filed under Railway Transport

One response to “KA Argo Wilis Anjlok di Garut, Sejumlah Perjalanan KA Terganggu

  1. Yadi

    Tarif naik mbok yo keselamatan dan fasilitas di perbaiki jga jangan ambil untungnya aja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s