6.000 Perlintasan KA Jawa-Sumatra Tak Dijaga

Senin, 8 September 2008 – 18:26 wib

PURWOKERTO – Jumlah perlintasan kerata api (KA) di Jawa dan Sumatra tercatat ada sebanyak 8.000 buah. Namun, dari jumlah itu, diperkirakan sebanyak 4.000 hingga 6.000 perlintasan KA tidak dijaga petugas atau tidak berpalang pintu.

Direktur Operasional PT KA Sudarno Ramadan mengimbau kepada masyarakat penguna jalan raya untuk meningkatkan kewaspadaaanya ketika akan memasuki pintu perlintasan KA. “Apalagi saat melintas di perlintasan tak dijaga atau tak berpalang pintu,” ujarnya saat inspeksi di Stasiun Purwokerto, Senin (8/9/2008).

Dia mengatakan, pertumbuhan pintu perlintasan liar dan yang tidak dijaga di Jawa dan Sumatera tak bisa dicegah dan jumlahnya terus bertambah. Dia mengakui pihaknya tidak mampu mengendalikan perkembangan perlintasan liar yang tumbuh sepanjang jalur kereta api di Jawa dan Sumatera.

“Data yang ada di PT KA jumlahnya diperkirakan sudah mencapai 8.000 pintu perlintasan. Sebanyak 2.000 hingga 3.000 adalah perlintasan resmi yang dijaga, sedangkan sisanya antara 4000 – 6000 tidak dijaga dan pintu perlintasan liar,” jelasnya.

Dia juga mengakui, di pintu perlintasan rawan terjadi kemacetan dan kecelakaan sebab frekuensi perjalanan KA pada masa angkutan Lebaran sangat padat. “Untuk meminimalisasi terjadinya kecelakaan di setiap pintu perlintasan yang tidak ada penjaganya, PT KA melalui sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Kepolisian setempat untuk dipasang rambu-rambu lalu lintas,” imbuhnya.

Menurutnya, untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan perjalanan KA, pihaknya sudah menambah frekuensi kerja petugas juru pemeriksa jalan KA. Dalam keadaan normal, pemeriksaan maksimal dua kali per hari. Namun, pada masa puncak angkutan ditambah empat – lima kali per hari.(ful) (Ridwan Anshori/Sindo/mbs)

Sumber : okezone.com

Leave a comment

Filed under Railway Transport

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s