Kenaikan PBBKB Bikin Distribusi BBM Kacau

Kenaikan PBBKB Bikin Distribusi BBM Kacau

Rabu, 10 September 2008 – 12:20 wib
Mochammad Wahyudi – Okezone
JAKARTA – Kenaikan pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) dinilai bukan solusi yang tepat untuk menurunkan tingkat konsumsi bahan bakar. Justru, kenaikan tersebut bisa membuat distribusi BBM dalam negeri menjadi kacau karena berpotensi terjadinya aksi penyelundupan.

“Kenaikan ini namanya kenaikan harga BBM terselubung,” ucap Anggota komisi XI DPR-RI dari Fraksi PAN Dradjad Wibowo, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (10/9/2008).

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam Rancangan Undang Undang tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD) yang saat ini sedang dalam pembahasan, pemerintah dan DPR telah sepakat menaikkan tarif pajak bahan bakar bagi kendaraan bahan bakar pribadi dari lima persen menjadi maksimal 10 persen terhadap harga jual bahan bakar.

Dengan kata lain, perubahan ini membuat daerah bebas menetapkan harga jual BBM eceran, asalkan tidak melebihi batas atas seperti yang telah ditetapkan sebesar 10 persen.

Menurut Dradjad, hal ini akan mengacaukan distribusi BBM dalam negeri karena bisa membuat potensi penyelundupan antardaerah. “Contohnya, harga BBM di Jateng dan Jabar bisa beda, sehingga orang bisa main selundup,” ucapnya.

Dradjad menambahkan, jika pemerintah memang berkeinginan untuk menurunkan tingkat konsumsi BBM di masyarakat, seharusnya cukup konsentrasi untuk menaikkan pajak kendaraan bermotor.

“Kalau pajak BBM yang naik, maka yang akan nanggung itu semuanya. Tapi, kalau pajak kendaraan bermotor yang naik, maka yang nanggung hanya yang punya kendaraan,” imbuhnya. (rhs)

(sumber : okezone.com)

Leave a comment

Filed under Energy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s