Sediakan 44 Ribu Kursi Mudik, Tingkat Isian Garuda Capai 75%

Jumat, 12/09/2008 08:37 WIB
Sediakan 44 Ribu Kursi Mudik, Tingkat Isian Garuda Capai 75%
Ramadhian Fadillah, Nograhany Widhi K – detikNews

Jakarta – Hadapi mudik Idul Fitri tahun ini, Garuda Indonesia menyediakan 44.533 kursi. Tingkat keterisian Garuda sudah mencapai 75 persen.

Garuda juga mengaku akan menerapkan pola kebijakan fleksibel dan responsif saat melihat kebutuhan pemudik.

“Jadi jika kita melihat ternyata kebutuhan meningkat, ya kita tambah frekuensi penerbangannya,” ujar Manajer Komunikasi Eksternal Garuda, Singgih Handoyo, kepada detikcom, Kamis (11/9/2008).

Untuk mudik, Garuda siap melayani 8 penerbangan domestik yaitu Jakarta ke Denpasar, Surabaya, Yogyakarta, Solo, Semarang, Padang, dan Batam, serta rute Surabaya-Denpasar. Garuda juga melayani 3 rute internasional ke Kuala Lumpur, Singapura dan Hong Kong.

Sebagai perbandingan tahun lalu, Garuda menyediakan 30.000 kursi. Jumlah ini kemudian ditambah menjadi 44.000 kursi karena melihat penumpang membeludak.

“Tahun ini kami prediksikan ada kenaikan sebesar 10 persen,” jelasnya.

Untuk tarif, Garuda memiliki 9 rate untuk satu penerbangan. Dari mulai yang terendah sampai yang tertinggi. Makin tinggi permintaan, maka harga akan makin tinggi.

“Pokoknya kita gunakan prinsip ekonomi saja,” pungkasnya.

Sementara menurut VP Corporate Communication Garuda Pujobroto, tingkat keterisian sampai dengan Kamis 11 September 2008, sudah mencapai 75 persen.
Sesuai karakter orang yang bepergian naik pesawat terbang, imbuh dia, sebelum puasa trennya meningkat karena orang pulang kampung untuk berziarah.

“Puasa turun lagi. Nanti tanggal 15 September 2008 sampai hari-H, tingkat keterisian bisa mencapai 90 sampai 100 persen,” ujar Pujo kepada detikcom, Kamis.

Karekteristik orang bepergian naik pesawat karena cepat, maka semakin dekat hari H semakin banyak. Namun, tim pemantau pelaksana peak seasons Lebaran Garuda, imbuhnya, tidak segan menambah frekuensi penerbangan jika diperlukan. Pesawat badan lebar seperti 747-400 pun akan digunakan untuk angkutan lebaran ini.(nwk/nrl)

Sumber : detiknews.com

Leave a comment

Filed under Air Transport

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s