Data Kecelakaan di Indonesia Bias?

Posting ini sekaligus menjawab pertanyaan Winda.

Data kecelakaan di Indonesia memang cukup bias, karena banyak kecelakaan yang tidak terdata. Sebenarnya sumber data kecelakaan di Indonesia ada di 3 instansi (yang juga terkesan sendiri2, tidak koordinatif), yaitu Kepolisian, Rumah Sakit, dan Jasa Raharja. Namun bila kita telusuri lebih lanjut, data di instansi2 ini tidak pernah sama, selalu sangat berbeda.

Bahkan pernah ada penelitian yang menyatakan bahwa jumlah kecelakaan yg sebenarnya terjadi di Indonesia punya angka 20 – 30 persen lebih tinggi dari yang terdata. Indonesia memang miskin data, namun ketika ada data pun kita sering tidak tahu harus bagaimana mengkompilasi dan mengolahnya.

Ada beberapa sebab data kecelakaan menjadi bias :

1. Karena memang tidak dilaporkan oleh yang bersangkutan (maksudnya oleh sang korban kecelakaan). Tidak dilaporkan ini juga macem2 sebabnya : ada yang karena males berurusan dengan polisi, ada yang langsung damai di jalan, etc).

2. Tidak terdeteksi (misalnya kecelakaan kecil, yg mungkin hanya berakibat cedera ringan), walaupun seharusnya tetap harus dilakukan pencatatan dan pendataan.

3. Sistem database kita yang masih payah.

4. Kurangnya koordinasi antar instansi, misalnya RS, Kepolisian dan Jasa Raharja.

Lalu harus bagaimana? Tentu saja kita harus memperbaiki keseluruhan sistem dari masing2 penyebab biasnya data tersebut. Misalnya dengan membangun sistem database yang integral di masing2 instansi, sehingga data yang masuk otomatis akan terupdate di instansi yg lain. Yang tak kalah penting adalah mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa pencatatan data kecelakaan adalah sangat penting.

by Rizki Beo

Leave a comment

Filed under Traffic Safety

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s