Honda Perkenalkan Airbag Tercepat di Dunia

Disalin dari autos.okezone.com

Kamis, 18 September 2008 – 11:46 wib, Anton Suhartono – Okezone

TOKYO – Pabrikan mobil Jepang Honda Motor mengembangkan teknologi kantung udara (airbag) yang dapat mengembang lebih cepat serta dapat mengurangi potensi cedera.

Honda mengkalim, ini airbag merupakan pertama di dunia yang dapat mengembang paling cepat. Selain itu tekanan saat mengembang juga berkurang sehingga tak akan terlalu mengejutkan penumpang. Airbag ini dapat menggelembung dalam waktu 0,015 detik. Sementara airbag yang ada saat ini menggelembung dalam waktu 0,030 detik.

Senior manager Honda Motor Koichi Kamiji seperti dikutip Associated Press, Kamis (18/9/2008) mengatakan, airbag ini akan dipasangkan pada model Life minicar yang akan dipasarkan di Jepang mulai November mendatang. Sementara pasar luar negeri akan menyusul, menyesuaikan regulasi keselamatan di masing-masing negara. Airbag rencananya Untuk pasar Eropa, misalnya, baru akan mulai dipasarkan awal 2009.

Selain teknologi airbag, Honda juga memperkenalkan kamera kendaraan yang mampu membantu pengendara dalam mendeteksi blind spot atau titik yang tak terjangkau pandangan pengemudi. Gambar akan tertera pada monitor navigasi.

Sistem ini dilengkapi dengan kamera di bagian depan, samping dan belakang kendaraan. Odyssey minivan merupakan model Honda pertama yang akan dilengkapi dengan teknologi ini dan mulai dipasarkan bulan depan di Jepang.

(ton)

Leave a comment

Filed under Automotives, Traffic Safety

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s