Mobil Listrik Pertama General Motors

Chevrolet Volt

Disalin dari autos.okezone.com

Rabu, 17 September 2008 – 11:06 wib, Anton Suhartono – Okezone

CHEVROLET Volt disebut-sebut simbol General Motors dalam memasuki abad baru era industri automotif. Isu pengehematan bahan bakar dan masalah lingkungan, terjawab melalui model yang konsepnya pertama kali diperkenalkan 2007 silam.

Aerodinamis memainkan kunci penting dalam memaksimalkan jarak tempuh, para desainer GM mengkreasi desain aerodinamika yang lebih baik dan efisien untuk Volt yang akan diproduksi ini.

Banyak potongan desain dari mobil konsep yang diaplikasi pada Volt versi produksi ini. Di antaranya, grille depan yang dibuat tertutup, kontur bodi atletis, pahatan garis desain bagian belakang, dan spion luar.

Bentuk oval yang mengalir dari depan, sudut melancip dan grille yang sangat fungsional yang dimiliki Volt bertujuan untuk memperlancar aliran angin yang menerpa seluruh bodinya. Sementara dibuatnya bagian belakang dengan potongan patah, serta ditempatkannya spoiler, berfungsi untuk mempercepat keluarnya aliran angin. Adapun sudut jendela yang tampak agresif sengaja dibuat guna mereduksi turbulensi dan hambatan.

Para perancang GM menghabiskan ratusan jam di lorong angin (wind tunnel) untuk pengujian bagian-bagian bodi, seperti panel bodi depan, spoiler belakang, serta spion luar. Semua pengujian aerodinamika itu bertujuan agar Volt versi produksi mampu mencapai target menjelajah sejauh 64 km (standar EPA) tanpa menggunakan bensin dan memproduksi emisi.

Di dalam, Volt juga menyediakan ruang lapang, nyaman, menyenangkan, dan fitur keselamatan yang diharapkan konsumen pada sebuah sedan empat penumpang. Bahkan paduan warna interior, tata lampu dan trim yang dihadirkan Volt tak pernah ditemukan pada sedan Chevrolet sebelumnya. Kontrol-kontrol modern dan material yang menarik, dua layar informasi, dan sebuah layar sentuh sensitif sebagai pusat informasi yang ada di kabin Volt tidak dimiliki kendaraan yang dijual di pasar sekarang ini.

Beberapa fitur teknologi yang terdapat pada interior Volt termasuk: Instrumen display liquid crystal di depan pengemudi, layar sentuh 7 inci sebagai tampilan informasi kendaraan, layar sentuh pengntrol hiburan dan temperatur udara, sistem navigasi dengan hard drive di dalamnya untuk peta digital dan penyimpan koleksi musik tersedia dalam paket opsional, serta bluetooth untuk penggunaan telepon selular dan USB/Bluetooth berisi data musik digital.

Chevrolet Volt adalah merupakan perintis dalam era elektrisasi kendaraan roda empat yang disebut sebagai Extended-Range Electric Vehicle atau E-REV.

Volt memanfaatkan daya listrik untuk menggerakkan roda di setiap waktu dan kecepatan. Untuk perjalanan lebih dari 64 km, Volt hanya digerakkan oleh baterai lithium-ion berdaya 16-kWh. Ketika energi pada baterai habis, mesin bensin/E85 (ethanol) akan mengubah fungsinya sebagai generatos sekaligus penggerak sementara hingga daya listrik pada baterai terisi kembali. Proses ini terjadi secara terus menerus sehingga Volt mampu menjelajah hingga beratus-ratus kilometer jauhnya. Tidak seperti kendaraan listrik konvensional yang menggunakan baterai, para pengguna Volt tak perlu khawatir akan kehabisan energi pada baterai. Pasalnya baterai bisa diisi ulang di perangkat listrik rumah.

Untuk tegangan listrik rumah 240v baterai Volt hanya membutuhkan waktu isi penuh selama tiga jam. Sedangkan untuk tegangan 120v waktu yang dibutuhkan delapan jam. Waktu untuk pengisian ulang tentu tak akan selama itu bila daya pada baterai belum habis total.

Biaya listrik untuk pengisian baterai per hari hanya 80 sen (10 sen per kWh). Dengan biaya semurah ini baterai telah terisi penuh dan Volt siap digunakan untuk menempuh jarak 64 km (hanya berbasis energi dari baterai). GM mengestimasi biaya ini sedikit lebih mahal dari operasional mesin pembuat kopi yang digunakan sehari-hari. Meski begitu, dibanding rata-rata daya listrik yang diserap untuk penggunaan mesin pendingin dan penyejuk ruangan, daya yang dibutuhkan Volt lebih murah.

Chevrolet Volt mampu menyalurkan performa bekendara tanpa suara yang terdengar dari interior. Baterai lithium-ion yang memiliki lebih dari 220 sel juga mampu menghasilkan daya melimpah. Dengan mesin elektriknya Volt mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 150 hp dengan torsi mencapai 370 Nm. Sementara kecepatan maksimum yang bisa diraihnya mencapai 160 km/jam. Ketika performa ini bermain, Volt tak memunculkan suara mekanis layaknya mobil bensin konvensional. (ton)

Leave a comment

Filed under Automotives

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s