Tips Mudik dengan Sepeda Motor

TAHUN ini diprediksi sekira 15,8 juta orang akan melakukan mudik. Diperkirakan 2,5 juta di antaranya memilih pulang kampung menggunakan sepeda motor. Jika anda termasuk, berikut tips ringan mempersiapkan sepeda motor anda untuk siap dibawa mudik.

Periksalah kondisi motor dengan melakukan tune-up standar, mencakup membersihkan seluruh komponen karburator, penyetelan klep, begitupula dengan pengapian busi dan mengganti oli bila diperlukan.

“Sebaiknya satu minggu sebelum mudik, motor di tune-up standar. Jika ingin mendongkrak tenaga, cukup mengganti spuyer dan sumber pengapian yang lebih besar, seperti CDI maupun spul,” ungkap Iyus, mekanik AHRS.

Soal meningkatkan performa, penggunaan knalpot balap guna mengimbangi buangan bahan bakar dan pengapian yang besar, hukumnya tidak wajib. Iyus menambahkan untuk masalah tersebut tergantung bagaimana si mekanik melakukan penyetelan karburator.

Setelah mesin tuntas, beralih keposisi kaki-kaki sebagai andalan melakukan perjalanan jauh. Beberapa komponen yang wajib dilihat kondisinya meliputi; bearing roda, velg, rantai dan gear. Tapi ingat pula bentuk tapak ban anda, jika sudah â€~botak’ sebaiknya diganti dengan yang baru. Begitu pula dengan kampas rem baik depan dan belakang.

Khusus sikulit bundar, ada baiknya anda menggunakan tipe tubless dan memakai nitrogen, sehingga menambah kenyamanan saat berkendara. Perhatikan pula sistem suspensi apabila anda berboncengan.

Jika menggunakan shockbreaker racing, sebaiknya tidak diposisikan pada pemasangan rendah. Pasalnya akan membuat penumpang tidak nyaman jika melewati jalan yang rusak. Namun kang Iyus menyarankan lebih baik menggunakan versi standar pabrik. Sebab memang sudah dirancang khusus dengan motor anda.

Terakhir sebelum berangkat, lakukan re-check pada sistem signal seperti; lampu depan, sign, lampu belakang, lampu rem dan klakson. Sama halnya dengan suspensi, soal penerangan juga dianjurkan memakai part orisinil keluaran pabrikan, jauh lebih terang dan fokus di satu titik.

Akhirnya, sekarang anda sudah siap melakukan mudik. Tapi tidak lupa untuk menggunakan perangkat keamanan berkendara. Semisal helm fullface, sarung tangan dan jaket standar touring.

Sumber : autos.okezone.com

7 Comments

Filed under Automotives

7 responses to “Tips Mudik dengan Sepeda Motor

  1. sakinah

    Selamat mudik….. semoga perjalanan anda menyenangkan.
    Jika ingin istirahat di Semarang, silahkan singgah di WISMA SAKINAH – Comfortable Home Stay & Guest House at Semarang.
    Jl. Kumudasmoro Barat 24 Semarang, phone 024-7623460.

    Pls visit : http://wisma-sakinah.com

  2. Mudik motor memang enak gak enak….asik tapi capek… tapi mengesankan….
    Salam kenal mas
    #Oelil : salam kenal kembali mas Oelil….

  3. Mudik dengan motor kadang berbahaya tapi berkesan juga. Yang penting safety riding saja… Ingat keluarga tercinta menanti dirumah.
    Ada istri
    Ada anak
    Ada orang tua
    Ada saudara
    Ada tetangga
    Ada keponakan
    Semua menanti kita

  4. Hidayat Tapran

    Wah memang enak ringkes dengan sepeda motor tapi yaitu jangan berdesakan. Saya mohon izin untuk memuat foto ini pada buku yang saya susun. Terima kasih Wassalam

  5. Hidayat Tapran

    Target kita dalam melakukan perjalanan adalah selamat sampai di tujuan, mari kita utamakan kelancaran dan keselamatan, bila terjadi kepadatan lalu lintas jangan saling serobot dan jangan saling berdesakan seperti pada foto itu,tetaplah beriringan, saling serobot dan saling berdesakan hanya akan membuat kemacetan. Kepada penulis saya mohon izin untuk memuat foto diatas pada buku yang saya tulis, telp. saya 0811226357, Terima kasih wassalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s