Bus Sumber Kencono Tabrak Rumah Makan, 1 Tewas

Sabtu, 20/09/2008 05:43 WIB
Brakk! Bus Sumber Kencono Tabrak Rumah Makan, 1 Tewas
Bagus Kurniawan – detikNews

Yogyakarta – Bus Sumber Kencono membawa bencana di Sleman, Yogyakarta. Bus itu melaju dengan kecepatan tinggi dan menabrak rumah makan padang.

Bus bernopol W 6477 FU jurusan Surabaya-Jakarta itu melaju bak kesetanan sebelum akhirnya menabrak rumah makan padang ‘Murah Meriah 24 Jam’.

Kecelakaan ini tepatnya di Jalan Solo KM 10,5, Kalasan, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (20/9/2008), pukul 03.45 WIB.

Pantauan detikcom di lokasi kecelakaan, 1 orang pengendara sepeda yang diketahui bernama Lanjar langsung tewas seketika. Jenazah Lanjar dibawa ke RS Sardjito.

Sedangkan 15 penumpang bus luka-luka, dan dibawa ke RS Panti Rini, Sleman. Sedangkan enam sepeda motor yang diparkir di halaman rumah tertabrak bus.  Enam sepeda motor itu tergencet di bawah bus.(nwk/nwk)

Sabtu, 20/09/2008 06:05 WIB
Sebelum Tabrak Rumah Makan, Bus Sumber Kencono Tabrak 4 Rumah
Bagus Kurniawan – detikNews

Jakarta – Bus Sumber Kencono ini benar-benar membabi buta jalannya. Sebelum berakhir menabrak rumah makan padang ‘Murah Meriah 24 Jam’, sedikitnya 4 rumah ditabraknya.

Pantauan detikcom, di lokasi kecelakaan Jalan Solo KM 10,5, Kalasan, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (19/9/2008), sedikitnya ada 4 rumah terkena serempetan bus yang ugal-ugalan ini.

Tampak pagar-pagar di keempat rumah tersebut ambrol dari temboknya, karena ditabrak-tabrak bus jurusan Surabaya-Yogyakarta ini. Serpihan-serpihan pagar dan tembok itu berserakan di tengah jalan.

Setelah menabrak 4 rumah, bus tersebut langsung menabrak Lanjar, yang saat itu berada di depan toko perkakas rumah tangga, mengendarai sepeda. Naas bagi Lanjar karena saat itu Lanjar baru saja keluar dari mulut gang. Sepeda Lanjar terpental sejauh 10 meter.

Teman Lanjar yang berada di belakangnya, Adi Santoso terluka ringan.

Setelah itu bus masih menabrak tiang telepon, tiang baliho di pinggir jalan, serta pagar toko. Akhirnya, bus langsung melompati pembatas jalan dan baru berhenti setelah menabrak 6 sepeda motor yang diparkir di depan rumah makan padang ‘Murah Meriah 24 Jam’.

Titik awal bus menabrak dengan bus berhenti lebih kurang 100 meter. Kondisi bagian bus bernopol W 6477 FU itu ringsek, dan semua kaca bus pecah.

Aparat dari Polres Sleman hingga pukul 05.30 WIB masih melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan pengamanan.(nwk/nwk)

Sabtu, 20/09/2008 08:13 WIB
Sopir Ngantuk Pangkal Bus Sumber Kencono Nabrak-nabrak
Bagus Kurniawan – detikNews

Yogyakarta – Bus Sumber Kencono W 6477 FU jurusan Surabaya-Yogyakarta menabrak-nabrak 4 rumah, tiang listrik, baliho dan akhirnya rumah makan padang. Pangkalnya, sopirnya mengantuk dan kaget ketika sampai di tikungan.

Menurut Kasatlantas Polres Sleman AKP Sulistyo di lokasi kejadian, Jalan Solo KM 10,5, Kalasan, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (20/9/2008), sopir diketahui bernama Sukarno. Sedangkan kondektur bernama Taufik Budiyono.

“Dugaan sementara sopirnya mengantuk dan kaget ketika berada di tikungan Dusun Grogol. Akibatnya, pada sisi kiri, bus menabrak tiang telepon dan rumah,” ujar Sulistyo.

Saat menabrak tiang telepon dan besi baliho, imbuh dia, bus sempat masuk ke halaman empat rumah warga, dengan batas kedalaman antara jalan dan halaman setinggi 75 centimeter.

Setelah itu, bus membanting setir ke kanan, baru menabrak pembatas jalan. Dan berhenti setelah menabrak motor di halaman parkir rumah makan.

“Sopir mengalami luka patah kaki. Sedang kondektur luka dibagian kepala dan bahu akibat benturan dan pecahan kaca. Beberapa penumpang juga ada yang luka berat, yakni mengalami patah tangan,” papar Sulistyo.

Semua korban sekarang berada di RS Panti Rini. “Kami masih melakukan olah TKP, dari titik awal kecelakaan, hingga bus berhenti. Bus saat ini kami bawa ke Polres beserta sepeda motor yang rusak,” tandas dia.(nwk/nwk)

Sumber : detiknews.com

Leave a comment

Filed under Public Transportation, Traffic Safety

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s