Dephub Siapkan Jurus Tekan Kematian dan Kecelakaan Mudik

Rabu, 24/09/2008 10:15 WIB
Dephub Siapkan Jurus Tekan Kematian dan Kecelakaan Mudik
Nograhany Widhi K – detikNews

Jakarta – Departemen Perhubungan (Dephub) menargetkan penurunan rasio angka kematian dan kecelakaan pada musim mudik tahun ini. Beberapa jurus dipersiapkan untuk mengurangi rasio tersebut.

“Kan tahun lalu itu, rata-rata dari 15 kejadian 1 meninggal. Tahun ini, kalau bisa dari 30 kejadian 1 meninggal,” ujar Menhub Jusman Syafii Djamal di sela-sela pembukaan posko angkutan lebaran terpadu 2008 di Ruang Nenggala, Dephub, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (24/9/2008).

Dari jumlah kecelakaan itu, imbuh dia, terbanyak disumbang pemudik bersepeda motor. “Utamanya, biasanya ini pemudik sepeda motor yang tidak ikut kelompok sehingga susah diatur,” kata Jusman.

Jurus untuk mengurangi angka kecelakaan dan rasio kematian adalah penambahan CCTV di jalur mudik dari 50 titik menjadi 70 titik pada tahun ini. Jusman juga mengatakan jumlah posko servis kendaraan dan mobil servis keliling yang diadakan agen tunggal pemegang merek (ATPM) juga bertambah. “Antara lain untuk bengkel 383 pos, 671 service car, 16 perusahaan ATPM dan 2.922 mekanik,” ungkapnya.

Selain itu teknologi seperti global positioning system (GPS) juga dipakai oleh beberapa perusahaan otobus dan angkutan laut. Tujuannya untuk memantau keberadaan armada.

“Kalau otobus itu ada PO Nusantara dan PO Primajasa. Untuk ASDP sudah pakai, untuk kapal Pelni juga sudah pakai tahun ini,” terangnya.

Posko pemantauan mudik tersebut mulai beroperasi hari ini hingga H+7. Dalam posko yang dikoordinatori Dirjen Hubdat Iskandar Abubakar itu, petugas memantau seluruh peristiwa yang terjadi selama musim mudik 2008.(gah/iy)

Sumber : detiknews.com

Leave a comment

Filed under Traffic Safety

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s