Gerbong Lesehan = Gerbong Komunitas

Rabu, 24/09/2008 15:27 WIB
Gerbong Lesehan Menuju Kebahagiaan
Luhur Hertanto – detikNews

Jakarta – Pada setiap mudik Lebaran PT KA biasanya menyediakan rangkaian kereta sapu jagad. Salah satu ciri khas kereta kelas ekonomi ini adalah gerbong tanpa tempat duduk bagi para penumpangnya.

Tanpa tempat duduk di sini dalam arti yang sebenar-benarnya. Bukan tanpa nomor tempat duduk, tetapi memang tidak ada tempat duduk sama sekali karenanya penumpang harus duduk lesehan.

Apakah pulang mudik kali ini Anda tergolong yang terpaksa menumpang gerbong demikian? Jika iya, janganlah kecil hati. Depatemen Perhubungan (Dephub) punya nama baru bagi gerbong tanpa tempat duduk itu.

Namanya adalah Gerbong Komunitas. Selain nama barunya yang lebih  manusiawi, Menhub Jusman Syafii Djamal juga memberinya deskripsi yang terdengar romantis.

“Penumpang dapat duduk bersila bersama sambil menjalin silahturahmi menuju puncak kebahagiaan bertemu sanak keluarga di tempat tujuan,” kata Jusman dalam sambutannya melepas keberangkatan KA Matarmaja di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Rabu (24/9/2008).

Sekadar gambaran, gerbong yang biasanya dijadikan Gerbong Komunitas adalah gerbong barang. Karena itulah maka tidak ada tempat duduk sama sekali di dalamnya.

Sebagai alas tempat duduknya maka penumpang bisa menggelar tikar atau kertas koran. Di dalam keadaan sama-sama susah ini keakraban antarpenumpang spontan terjalin.

Penumpang dapat berbagi camilan, bertukar lauk pauk bekal makanan atau sekadar berbagi obat masuk angin. Mereka juga saling menjaga keamanan barang bawaan teman senasib sepejalanannya.(lh/aan)

Sumber : detiknews.com

Leave a comment

Filed under Railway Transport

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s