KA Matarmaja Diresmikan SBY


Foto: E Mei Amelia (detikcom)

Rabu, 24/09/2008 12:22 WIB
Diresmikan SBY
Penumpang KA Matarmaja Mendapat Kipas Gratis
E Mei Amelia R – detikNews

Jakarta – KA ekonomi Matarmaja jurusan Jakarta-Malang akan diresmikan Presiden SBY. Penumpang KA bercat hijau ini pun mendapat hadiah langka: kipas dan tabloid. Lumayan, biar adem!

KA Matarmaja tersebut masih gres. KA buatan dalam negeri ini punya 11 gerbong yang terdiri dari 9 gerbong penumpang, 1 gerbong makan, dan 1 gerbong barang dan ada 106 kursi.

KA itu berwarna hijau muda dan hijau tua. Bangku-bangku penumpang  berwarna senada dan masih dibungkus plastik. Bangku-bangku dipersiapkan untuk 2 dan 3 penumpang.

Tiap gerbong diberi 6 kipas angin yang menempel di atap. Toilet KA masih kinclong yang dilengkapi wastafel dan toilet jongkok. Tidak pesing dan jorok seperti KA pada umumnya.

Pengamatan detikcom, penumpang belum memadati KA yang tiketnya seharga Rp 55 ribu itu. Maklum, KA ini baru berangkat pukul 14.00 WIB nanti.

Banyak bangku yang belum terisi. Tiap penumpang diberi kipas berbentuk bulat bergambar KA warna oranye dan biru. Beberapa penumpang tampak menggerakkan kipas itu untuk mengusir rasa panas.

Selain kipas gratis, penumpang diberi tabloid Media Raharja dari PT KA yang berisi seputar Jasa Raharja dan PT KA.

“Saya senang naik KA baru ini. Apalagi mau diresmikan Presiden. Toiletnya masih baru jadi nggak bau. Saya dapat kipas dan tabloid. Lumayan biar nggak kepanasan nanti,” kata Nuris (25), yang hendak ke Malang bersama 2 anaknya.

Demikian pula yang dirasakan Istiyah. “Saya senang naik kereta baru. Tempat duduknya juga masih baru dan bersih,” ujar perempuan yang mudik bersama 7 anggota keluarga lainnya.

Hingga pukul 12.15 WIB, SBY belum tiba di lokasi. Sedangkan Menhub Jusman Syafii Djamal, Kapolda Irjen Pol Adang Firman dan Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Ike Edwin telah berada di Stasiun Senen.(aan/nrl)

Rabu, 24/09/2008 11:48 WIB
Sambut SBY, Stasiun Senen ‘Dandan’ dan Gepeng Lenyap
E Mei Amelia R – detikNews

akarta – Stasiun Senen dipercantik menyambut kedatangan Presiden SBY yang akan meresmikan KA ekonomi Matarmaja jurusan Jakarta-Malang. Gelandangan dan pengemis pun ‘hilang’.

SBY dijadwalkan akan meresmikan KA bertarif Rp 55 ribu ini pada pukul 13.00 WIB. KA itu akan membawa 11 gerbong.

Pengamanan di Stasiun Senen pun diperketat. Aparat kepolisian disebar di beberapa titik antara lain, pintu masuk stasiun, areal parkir, tempat penjualan karcis maupun tempat menunggu kereta api.

Sementara, petugas Paspampres tampak konsentrasi berjaga di ruang tunggu penumpang. Di ruang inilah SBY akan memberikan sambutan sepatah dua patah kata. Panggung ukuran 7×5 meter juga telah disiapkan.

Petugas kebersihan masih sibuk menyapu lantai. Sampah-sampah telah bersih. Sejumlah tong sampah baru dipasang.

Tidak hanya kebersihan stasiun yang disiapkan, pedagang asongan maupun gelandangan dan pengemis yang biasa mengais rezeki
di stasiun kini tidak dijumpai lagi. Hanya ada kios-kios resmi yang menjajakan makanan dan minuman.

“Mereka kita larang ke sini. Ini ya diharapkan untuk selamanya,” kata seorang petugas KA, Rabu (24/9/2008).

Seperti lebaran sebelumnya, Stasiun Senen juga mendirikan panggung berukuran 3×4 meter untuk menghibur penumpang. Hari ini, ada 3 grup band yang menghibur penumpang dengan menyanyikan lagu pop yang sedang ngetren.(aan/nrl)

Rabu, 24/09/2008 14:18 WIB
Berjam-jam di KA Ekonomi, SBY dan Ibu Ani Bahagia
Luhur Hertanto – detikNews

Jakarta – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mempunyai kenangan khusus terhadap Kereta Api (KA) Matarmaja. SBY dan Ibu Negara, Ani Yudhoyono, sering menggunakan KA ekonomi tersebut. SBY mengaku meski berjam-jam di KA tersebut, ia bahagia.

Pengakuan ini disampaikan SBY saat berdialog sebelum melepas kerangkatan KA Matarmaja di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Rabu (24/9/2008). SBY dan Ibu Ani menyapa penumpang di gerbong khusus lansia sebelum KA Matarmaja berangkat. KA berangkat pukul 14.00 WIB.

Para penumpang terlihat sumringah menyambut SBY. Sebab baru kali ini ada presiden yang melepas keberangkatan mereka. Mereka antusias bersalaman dan menjawab pertanyaan SBY.

Dalam dialog, SBY menyatakan dirinya mempunyai kenangan tersendiri saat remaja. Dia dan keluarga dahulu kerap mudik dengan menggunakan kereta yang menempuh perjalanan selama 17 jam itu.

“Saya dan istri dulu juga pengguna Matarmaja saat mudik lebaran. Saya sowan ke Ibu saya yang tinggal di Blitar. Meski berjam-jam tapi bahagia,” kata SBY dalam sidaknya itu.

KA Matarmaja yang berangkat siang hari ini merupakan salah satu rangkaian KA ekonomi dengan jumlah penumpang paling padat. Untuk kapasitas tempat duduk maksimal 950 penumpang. Namun untuk keberangkatan siang ini mengangkut total 1.250 penumpang.

Dalam sambutannya Menhub Jusman Syafii Djamal melaporkan, untuk arus mudik tahun ini pihaknya memberikan toleransi kelebihan penumpang sebesar 50 persen dari kapasitas total kursi penumpang. Selain itu tidak ada kenaikan harga tarif untuk KA ekonomi tersebut.(nik/iy)

Rabu, 24/09/2008 14:54 WIB
SBY Lepas Kereta Matarmaja, Penumpang Bersorak
E Mei Amelia R – detikNews

Jakarta – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono secara resmi melepas keberangkatan perdana kereta Matarmaja jurusan Jakarta-Malang di Stasiun Senen, Selasa, (24/9/2008). Serentak para penumpang kereta bersorak girang dan melambaikan tangan saat SBY memberikan ucapan selamat jalan.

“Selamat jalan, salam buat keluarga di rumah,” ujar SBY sambil melambaikan tangan dan tersenyum.

SBY melepas ratusan pemudik tersebut dari podium di dekat gerbong kereta paling depan. Saat melihat SBY, spontan penumpang melongok keluar jendela hanya untuk melihat lambaian tangan Presiden RI ke-6 tersebut.

Berdasarkan pengamatan detikcom, kereta 11 gerbong tersebut baru diberangkatkan pada pukul 14.00 WIB. Sedangkan SBY sendiri baru datang 30 menit sebelum pemberangkatan.

Tukino, salah satu penumpang yang hendak mudik ke Madiun, mengaku senang bisa menaiki kereta Matarmaja. Ia merasa perjalanan mudiknya tahun ini lebih baik dari tahun lalu.

“Saya merasa senang Alhamdulillah, ada kemajuan dibanding tahun kemarin,” ujar Tukino yang mudik seorang diri.(mad/nrl)

Sumber : detiknews.com

1 Comment

Filed under Railway Transport

One response to “KA Matarmaja Diresmikan SBY

  1. mlm. ktanya di kereta matarmaja sdah gk ada pengamen/dll tpi wktu sya berangkat dari blitar ke senen dan sebaliknya ttep msih ada tuh yg namanya pengamen/dll

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s