Pajak Naik, Sepeda Motor Tetap Diminati

Rabu, 24 September 2008 – 10:06 wib,

Pajak Naik, Sepeda Motor Tetap Diminati

Anton Suhartono – Okezone

JAKARTA – Sepeda motor tetap menjadi sarana transportasi pilihan masyarakat Indonesia, meski dihadapkan dengan kenaikan Biaya Balik Nama (BBN) dan pemberlakuan pajak progresif.

Hal tersebut disampaikan Vice President Director Yamaha Kencana Motor Indonesia (YMKI) Dyonisius Beti di sela acara buka puasa bersama di Club Golf Senayan Jakarta, Selasa (23/9/2008).

“Pajak atau biaya balik nama bisa saja melonjak hingga 100 persen belum pajak progresif dan kenaikan biaya kredit, namun saya yakin sepeda motor tidak akan ditinggalkan,” ungkap Beti.

Dia mencontohkan, model Vega R yang biasa dipasarkan dengan harga Rp11,5 juta bisa membengkak menjadi Rp13 jutaan, jika kenaikan sudah diberlakukan.

Hanya saja, konsumen akan memilih sepeda motor dengan harga terjangkau yaitu di kisaran Rp11 juta hingga Rp13 juta. Beti juga memprediksikan penggunaan sepda motor scooter matic akan membengkak hingga 50 persen, sebagai jawaban keinginan konsumen akan sepeda motor yang mudah dalam pengoperasiannya.

Meski demikian, transportasi sepeda motor merupakan solusi di tengah kacaunya sistem lalu lintas di Indonesia. Selain itu, nilai ekonomis dibanding menggunakan transportasi umum, juga menjadi alasan mengapa orang lebih suka menggunakan sepeda motor untuk aktivitas sehari-hari.

Namun Beti tak memungkiri penjualan sepeda motor tahun depan akan stagnan atau di bawah pertumbuhan tahun ini. Jika tahun ini, penjualan keseluruhan sepeda motor diprediksi mencapai 6 juta hingga 6,2 juta unit, tahun depan bisa stagnan atau maksimal petumbuhannya hanya sekira 5 persen saja.

Peluang peningkatan penjualan, justeru diperlihatkan konsumen di luar Jawa di mana harga komoditas perkebunan, seperti kelapa sawit sangat baik. Ini memicu tingginya daya beli masyarakat luar Jawa. “Saya yakin tahun depan penjualan akan tetap tembus 6 juta unit,” katanya. (ton)

Sumber : autos.okezone.com

Leave a comment

Filed under Automotives, Transport's Articles

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s