2009, Pasar Motor Sumut Diprediksi Melonjak

Jumat, 26 September 2008 – 09:17 wib

MEDAN  – Penjualan sepeda motor di Sumatera Utara (Sumut) tahun depan diperkirakan masih akan mengalami peningkatan dibandingkan tahun ini.

Manager Marketing CV Indako Trading Company – distributor sepeda motor Honda Medan – Leo Wijaya menyatakan belum bisa memprediksikan berapa besar peningkatan penjualan pada 2009. Namun, dia memastikan pertumbuhannya akan lebih cepat dibandingkan tahun ini.

“Peningkatan penjualan sudah mulai terasa sejak pertengahan tahun ini. Membaiknya perekonomian serta kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) menjadi pemicu utama peningkatan penjualan,” katanya di Medan kemarin.

Berdasarkan data distributor sepeda motor merek Honda ini, tingkat penjualan selama Januari hingga Agustus 2008 sudah mencapai 142.000 unit, meningkat dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 95.000 unit. Sementara penjualan pada Juli sebanyak 22.000 unit, pada Agustus naik menjadi 24.000 unit.

Secara keseluruhan, penjualan tahun lalu mencapai 145.000 unit dan tahun ini ditargetkan akan mencapai 230.000 unit. Pada umumnya, penjualan tertinggi terjadi pada sepeda motor jenis middle low seperti Honda Revo, sementara penjualan pada jenis sepeda motor lainnya tidak begitu tinggi.

Tahun depan, penjualan tertinggi masih akan didominasi Kota Medan, disusul Deliserdang, Labuhanbatu, Binjai, dan Langkat.” Kalau di Medan, market share-nya bisa mencapai 30 persen, tapi di kota-kota lain masih di bawah Kota Medan,” ujarnya. Penjualan sepeda motor merek Suzuki juga diprediksi akan meningkat pada tahun depan.

Pimpinan Operasional PT Sunindo Varia Motor Gemilang Dekrifwan mengatakan, peningkatan penjualan pada 2009 diprediksi berkisar 10 hingga 20 persen. “Peningkatan penjualan setiap bulannya memang sering di luar perkiraan. Dari Agustus ke September saja, pertumbuhannya sudah 10 persen,” ucapnya.

Data penjualan sepeda motor merek Suzuki pada Juli sebanyak 8.400 unit, pada Agustus 8.500 unit, dan September diperkirakan akan mencapai 9.000 unit. Secara keseluruhan, penjualan sepeda motor Suzuki di Sumut mulai Januari hingga Agustus 2008 sebanyak 46.000 unit.

Penjualan ini meningkat tajam dibandingkan tahun lalu sebesar 48.000 unit. “Kalau hingga September kami perkirakan bisa mencapai 55.000 unit,” pungkasnya. Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumut Irfan Mutyara menilai prospek bisnis pada 2009 akan cukup baik dibandingkan tahun ini.

Masyarakat akan lebih mudah membeli barang-barang yang dibutuhkannya, seperti sepeda motor, karena perusahaan pembiayaan (leasing) juga memperingan proses pembelian secara kredit. (sindo//ton)

Sumber : autos.okezone.com

2 Comments

Filed under Automotives, Transport's Articles

2 responses to “2009, Pasar Motor Sumut Diprediksi Melonjak

  1. ozi

    Ada Lowongan pekerjaan gak?
    aq suntuk x jdi pengangguran
    aq jadi bingung kemana menyalurkan ilmu aq..balasa ya

  2. sila

    klo pada tahun ini, apakah pangsa pasar untuk penjualan motor masih tinggi???
    Beo : kalo melihat dari grafik pertumbuhan sepeda motor, pangsa pasar sepeda motor masih sangat tinggi. Penjualan akan turun apabila kemampuan daya beli masyarakat juga turun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s