Jualan Motor Bekas Melonjak Jelang Mudik

RAMADAN memang selalu membawa berkah, tak terkecuali penjualan sepeda motor bekas (mokas). Bahkan penjualan setiap tahun hampir tidak menunjukan penurunan berarti. Baik pedagang besar maupun penjual yang memiliki modal pas-pasan.

Intip saja geliatnya di salah satu sentra penjualan mokas di wilayah Condet, Jakarta Timur. Hampir setiap pedagang menyatakan, animo pembelian mokas tidak pernah surut. Apalagi di saat musim mudik tiba, permintaan bisa muncul sejak dua bulan sebelum hari raya Idul Fitri.

“Bisnis motor bekas seperti tidak pernah ada matinya, meskipun ada pasang surut itukan biasa dalam berdagang. Khusus penjualan menjelang mudik tahun ini. Cukup lumayan, dari 10 motor yang dipajang sudah laku 4 motor untuk bulan ini,” kata Taufik, salah satu penjual di kawasan Condet.

Lain lagi ceritanya dengan Agung Motor, masih dilokasi yang sama. Tidak sekedar memajang motor sekira 25 unit. Embel-embel hadiah berupa handphone nampak terlihat pada spanduk di depan halaman ruang pamernya. “Peminat cukup banyak, rata-rata memang untuk dipakai mudik. Karena itu coba kit aiming-imingi hadiah, agar lebih menarik,” tutur Slamet, penjaga outlet Agung Motor.

Lepas dari Condet, beralih ke kawasan Warung Buncit, Jakarta Selatan. Seorang penjual mokas, mengaku sudah sejak awal puasa permintaan mulai masuk ke toko miliknya. Pemberian discount hingga bebas biaya uang muka menjadi senjata andalan menarik minat konsumen.

“Saya tidak mau kalah dengan pemain mapan, di sini semua motor saya pastikan terjamin kondisi mesinnya. Potongan harga untuk kredit dan pilihan tanpa uang muka saya jadikan alat menarik peminat datang kemari,” tukas, Hernawan, Pemilik Abadi Kencana Motor.

Sementara itu, Nusantara Surya Sakti, salah satu dealer mokas PT. Astra Honda Motor mengatakan animo membeli mokas, ada sejak bulan Agustus 2008 lalu. Sepanjang bulan September ini, mereka sudah bisa menjual hampir 150 unit lebih keseluruh wijalah Jakarta.

“Dibulan sembilan ini, kami sudah menjual sebanyak 150 unit lebih. Penjualannya cukup lumayan sejak dua bulan yang lalu. Dimuali dari pembeli partai besar dan sekarang lebih didominasi pembeli perorangan. Kebanyakan yang dipilih tipe motor 1000cc,” ujar Yulia Kristina, Used Motorcycle PT. Nusantara Surya Sakti, Jakarta Barat.

Beberapa layanan yang dapat diraskan di sini adalah; garansi mesin selama 1 tahun, pemberian service gratis 2 kali dan angsuran kredit cukup ringan. Jaminan komponen asli serta jaminan mesin selama enam bulan pun juga diberikan sebagai alat memuaskan para pelanggan. (ton)

Sumber : autos.okezone.com

Leave a comment

Filed under Automotives

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s