Kendarai Motor Melebihi kapasitas, 92 Pemudik Ditilang

umat, 26/09/2008 14:07 WIB
Kendarai Motor Melebihi kapasitas, 92 Pemudik Ditilang
E Mei Amelia R – detikNews

Jakarta – Polda Metro Jaya menilang 92 bikers yang mudik menuju kampung halamannya. Kebanyakan pemudik ditilang karena mengendarai motor melebihi kapasitasnya.

“Empat puluh dua orang di Tangerang dan lima puluh orang di Bekasi,” ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Condro Kirono kepada wartawan, Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat  (27/9/2008).

Menurut Condro, mereka ditilang karena membawa barang melebihi kapasitas motor selayaknya. Selain itu, karena motor yang seharusnya difungsikan untuk dua orang, dinaiki lebih dari dua orang.

“Biasanya mereka membawa anak kecil. Hal ini tentunya sangat berbahaya,” ujarnya

Selain itu, lanjut Condro, ada beberapa pemudik yang tidak melengkapi motornya dengan surat-surat kendaraan yang berlaku, kemudian ada juga motor yang perlengkapannya tidak memadai.

“Mereka semua ditilang dan setelah lebaran, mereka akan disidangkan,” katanya.

Menjelang Idul Fitri, Polda membantu Posko Keselamatan Lalu Lintas bagi pemudik yang ditempatkan di dua titik, Bekasi dan Tangerang. Dua posko ini digunakan polisi untuk memantau arus mudik dan juga melakukan penindakan pemudik yang melanggar aturan lalu-lintas.

Sementara itu, sebanyak 1.000 tukang ojek berangkat mudik gratis pada pukul 08.00 WIB. Mudik gratis yang disediakan oleh perusahaan pembuat motor ini memberangkatkan sebanyak 19 bus. Kesembilan belas bus tersebut berangkat menuju Yogyakarta dan Semarang.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Condro Kirono pun melepas kesembilan belas bus tersebut. Mudik bareng ini dilakukan untuk mengurangi pemudik menggunakan sepeda motor. Selain itu, hal ini dilakukan untuk meminimalisir angka kecelakaan.(nal/iy)

Sumber : detiknews.com

Leave a comment

Filed under Traffic Safety

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s