Megawati Larang Pemudik Menggunakan Motor

Kamis, 25 September 2008 – 23:23 wib

BANDUNG – Mantan Presiden Megawati Soekarnoputri mengimbau masyarakat untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor. Pasalnya model transportasi ini dinilai sangat membahayakan keselamatan.

“Berdasarkan evaluasi PDIP, kecendrungan kecelakaan itu lebih banyak berasal dari kendaraan roda dua,” ujar Megawati saat memantau langsung kesiapan mudik di Pos Pengaman Lebaran Polres Bandung, Kamis (25/9/2008).

Menurut Mega, bisa dibayangkan seperti apa pemudik yang menggunakan motor. “Di depan bawa anak kecil, di tengah juga anak bersama ibunya dan dibelakang tumpukan kardus yang mudah bergoyang hingga akhirnya menyebabkan kecelakaan,” imbuh Mega.

Selain itu, lanjut puteri mantan Presiden Soekarno itu, mudik menggunakan kendaraan roda dua juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

“Terpaan angin dan debu jalan dapat merusak perkembangan paru-paru. Karena tanpa disadari yang dihisap paru-paru itu merupakan gas Co2 yang membahayakan kesehatan,” terangnya.

Karenanya dia mengimbau masyarakat, untuk menyiapkan kendaraan yang lebih menjamin keamanan dan kenyamanan dalam bermudik.

“Kami telah menyiapkan sebanyak 420 bus yang dapat digunakan masyarakat untuk mudik tahun ini. Sebaiknya motornya disimpan dulu karena kendaraan yang kami siapkan dapat menarik sekira 22 ribu orang,” paparnya.

Di samping imbauan untuk para pemudik, Megawati juga meminta jajaran kepolisian dan kalangan media untuk menyosialisasikan bahaya mudik menggunakan motor tersebut kepada masyarakat.(Sigit Zulmunir/Trijaya/hri)

Sumber : okezone.com

Leave a comment

Filed under Traffic Safety, Transport's Articles

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s