Mudik Nyaman dengan Mobil Pribadi

Disalin dari autos.okezone.com

MEMPERSIAPKAN segala perlengkapan untuk mudik menjadi keharusan, apalagi bagi pemudik yang akan menempuh perjalanan jauh. Selain kendaraan kondisi fisik juga perlu diperhatikan.

Bagi pemudik yang menggunakan mobil pribadi, pastikan kendaraan dalam kondisi siap untuk melakukan perjalanan jauh. Dalam tips and trik okezone minggu lalu, sudah dijelaskan beberapa pengecekan lazim untuk kendaraan yang akan melakukan perjalanan jauh. Atau pergi ke bengkel-bengkel resmi karena setiap Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) sudah mempersiapkan layanan pra lebaran untuk pengecekan kendaraan. Beberapa ATPM bahkan memberikan harga khusus untuk servis dan penggantian suku cadang.

Lakukan istirahat yang cukup. Minimal 6 jam sebelum berangkat. Ini bertujuan untuk menyegarkan kondisi tubuh dan menghindari kelelahan. Pada musim mudik, kondisi jalan yang macet menjadikan waktu tempuh perjalanan akan jauh lebih lama dari hari biasa. Istitirahat juga dapat mencegah stress saat menghadapi kemacetan.

Lakukan stretching (gerakan pemanasan atau gerakan ringan) sehingga otot tidak mudah kaku. Jika perlu, berhentilah setiap 3 atau 4 jam ketika perjalanan untuk melakukan pemanasan. Kenakan pakaian yang longgar dan bahannya mudah menyerap keringat. Siapkan air putih untuk menjaga tubuh agar tidak dehidrasi.

Ciptakan kondisi kabin kendaraan yang nyaman. Posisi duduk diatur ergonomis (sesuai dengan lekuk tubuh) agar tetap menjaga kondisi tubuh tidak cepat lelah. Pastikan barang-barang bawaan diletakkan di bagasi atau tempat lain yang tidak mengganggu posisi duduk penumpang. Lakukan rotasi posisi duduk agar penumpang tidak cepat jenuh.

Hindari penumpukan penumpang pada kendaraan agar sekulasi udara dalam kabin tetap stabil. Selain itu, Penumpukan orang juga dapat berpengaruh pada performa kendaraan. Di dalam kendaraan juga ada barang-barang bawaan yang pasti menambah bobot kendaraan.

Menciptakan suasana yang nyaman di kabin juga dapat dilakukan dengan candaan-candaan kecil dengan keluarga. Untuk itu pastikan tidak seluruh penumpang tidur di waktu yang bersamaan. Iringi juga perjalanan dengan musik untuk menghadirkan kesan santai.

Apabila menemui masalah dengan kendaraan di perjalanan, pastikan pemudik memiliki nomor layanan yang disediakan ATPM bekerja saman dengan operator seluler. Pemudik akan diarahkan ke bengkel terdekat atau memanfaatkan layanan service car sehingga tidak perlu panik ketika mobil mogok di jalan. (diolah dari berbagai sumber) (ton)

Leave a comment

Filed under Automotives

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s