Mudik Nyaman, Persiapkan Kendaraan!

Disalin dari autos.okezone.com

MUDIK sudah menjadi bagian dari tradisi di Indonesia. Para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, tentu harus mempersiapkan kendaraannya jauh-jauh hari sebelum berangkat.

Biasanya, bengkel-bengkel sudah disesaki dengan calon pemudik untuk memeriksakan kendaraanya. Namun tidak ada salahnya sebelum membawa ke bengkel, kita melakukan pengecekan awal.

Ada beberapa komponen kendaraan yang wajib kita periksa sebelum melakukan perjalanan jauh. Di antaranya “kaki” mobil atau ban. Periksa tekanan ban sesuai standar yang berlaku. Pada ban yang terlalu kempes akan terjadi efek perataan sehingga mudah pecah apabila kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi. Bila ban sudah terlihat tipis, sebaiknya diganti karena dapat membahayakan terutama saat pengereman apalagi dalam kondisi hujan, menanjak, atau menurun. Tentu karakteristik jalan di kota, berbeda dengan di daerah lain. Apabila dipelukan, bawalah mobil di bengkel ban untuk di-balance semua rodanya dan diperiksa kondisi “kaki-kaki” mobil Anda untuk mengantisipasi medan yang tidak terduga sebelumnya.

Periksa kondisi aki. Jangan lupa periksa juga sekering, kabel-kabel dan alternatornya. Terminal-terminal aki dan kabel-kabel massa ke bodi mobil mesti dibersihkan. Isi air aki sebatas level yang ditentukan (tanda plus). Bila perlu aki di-charge. Bersihkan terminal aki dengan sikat kawat dan oleskan pelumas agar tidak kotor dan tidak menimbulkan kerak.

Pastikan juga kabel-kabel aki terpasang dengan baik.
Periksa juga perangkat penerangan mobil. Cek lampu dekat, lampu jauh, lampu sen maupun lampu hazard. Pastikan semua lampu berfungsi dengan baik. Untuk berjaga-jaga, alangkah baiknya jika Anda juga membawa lampu cadangan di mobil Anda.

Oli mesin juga bagian yang harus diperhatikan. Bila perlu lakukan penggantian oli gardan dan persnelling. Penggantian disarankan setiap 2000-2500 km. sebelum diganti, kuraslah terlebih dulu menggunakan engine flush. Penambahan Oil Treatment, dapat memperpanjang usia oli satu setengah kali. Sedangkan bila menggunakan oli sintetik dianjurkan penggantian setiap 5000 km.

Periksa keadaan platina, busi, saluran gas buang. Untuk menjaga kebersihan karburator, injektor dan sistem saluran bahan bakar, tambahkan campuran bahan bakar yang dapat meningkatkan akselerasi mesin sehingga tarikan lebih ringan sekaligus irit bahan bakar. Bila perlu lakukan tune-up mesin.

Pastikan rem mobil anda bekerja sempurna Komponen yang perlu dicek kondisinya adalah minyak rem, kanvas, piringan, seal caliper, dan selang-selang. Jika minyak rem kurang tambahkan minyak rem netral. Kuras dan ganti minyak rem setiap 20.000 km atau satu kali setahun. Jumlah minyak rem yang baik yaitu berada pada batas max. Yang tidak kalah penting, pastikan cakram rem berfungsi secara baik dan memiliki cengkraman pada disc yang sama kuatnya. Perhatikan juga kanvas rem dan rem tangan.

Periksa sistem power steering mobil Anda. Bila perlu tambahkan Power Steering Fluid. Jangan gunakan jenis minyak lain sebagai penggantinya. Untuk menjaga kelancaran dan sistem power steering lebih awet atur ban mobil tetap dalam posisi lurus apabila parkir

Periksa radiator untuk memastikan sirkulasi air pendingin lancar. Bila air radiator berkarat dan jumlahnya kurang maka mesin mobil bisa panas dan rusak, terlebih lagi saat jalanan macet. Kuraslah dengan radiator flush untuk membersihkan sisa kerak di radiator. Periksa juga fan dan tali kipas. Sangat dianjurkan penambahan cairan pendingin radiator yang sekaligus berfungsi mencegah karat, pembuihan dan lumasilah pompa air dalam radiator.

Saat ini, pemudik juga tidak perlu khawatir apabila menemui masalah dengan kendaraannya di perjalanan. Setiap Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) sudah menyiapkan bengkel-bengkel dan pos-pos siaga 24 jam di sepanjang jalur mudik. Setiap ATPM juga telah bekerja sama dengan perusahaan telekomunikasi untuk menyediakan layanan panggilan darurat. Untuk itu, pastikan pemudik mengetahui nomor layanan tersebut. Unit service car, segera membantu pemudik. (diolah dari berbagai sumber) (ton)

Leave a comment

Filed under Automotives

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s