Pemudik Mulai Masuki Yogyakarta

Sabtu, 27/09/2008 14:41 WIB
Pemudik Mulai Masuki Yogyakarta
Bagus Kurniawan – detikNews

Yogyakarta – Ratusan pemudik menggunakan sepeda motor dan mobil mulai masuki wilayah Yogyakarta. Kendaraan pemudik mulai masuk dari dari selatan Purworejo maupun jalur utara dari arah Magelang.

Berdasarkan pantauan detikcom, Sabtu (27/9/2008), jalur yang sudah dipenuhi kendaraan pemudik yakni jalur selatan melalui Jembatan Bantar Kali Progo. Di sepanjang jalan dari arah Purworejo menuju Kulonprogo dan Bantul,
kendaraan pibadi lebih banyak mendominasi dibandingkan angkutan umum. Sedang sepeda motor belum banyak terlihat di sepanjang jalur tersebut.

Dari jalur selatan (Purworejo), pemudik masuk Yogyakarta lewat dua jalur yakni jalur Wates, Sentolo dan jalur lingkar barat. Satu jalur lagi dari arah Purworejo melewati jalan Daendels atau jalur selatan-selatan, melewati jembatan Brosot-Srandakan, Bantul dan jalan lingkar selatan. Sedang dari arah utara, para pemudik masuk Yogyakarta dari arah Magelang, Tempel, Sleman dan jalur lingkar Utara.

“Sejak pagi hingga siang, pemudik sudah banyak yang masuk Yogyakarta. Namun mengakibatkan terjadinya kemacetan di pintu-pintu masuk kota. Semua masih terkendali oleh petugas,” kata Mulyadi Hadikusumo kepada wartawan di sela-sela
pemantauan arus mudik, Sabtu (27/9/2008).

Dia memperkirakan jumlah kendaraan pemudik yang masuk ke wilayah DIY akan semakin meningkat pada hari Minggu 28 September. Sebab hari itu merupakan puncak arus mudik dari Jakarta atau wilayah barat menuju Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Sore hingga malam nanti sepeda motor pemudik sudah mulai banyak yang masuk dan akan bertambah banyak pada puncaknya besok hari Minggu. Kepadatannya masih dalam batas normal,” kata dia.

Menurut dia, pemudik yang masuk ke Yogyakarta saat ini adalah pemudik dari Jawa Timur dan Jawa Tengah. Mereka akan beristirahat dan berhenti sebentar di Yogyakarta sebelum melanjutkan kembali perjalanan menuju daerah asal. Dari Yogyakarta, pemudik melanjutkan perjalanan ke arah timur melalui jalur Yogya-Solo ataupun jalur Wonosari, Wonogiri, Pacitan Jawa Timur.

“Semua jalan kondisi bagus, serta marka dan tanda lalu lintas juga telah terpasang semua. Namun harus tetap hati-hati dengan kondisi jalan yang bagus karena bisa membuat pemudik lengah,” kata dia.

Dia mengatakan semua jalan di wilayah Yogyakarta dalam kondisi yang baik dan sudah bisa dilalui semua kendaraan. Hanya ada dua jembatan yakni jembatan Krasak Tempel, Sleman dan jembatan Jirak Gunungkidul menuju Pracimantoro Wonogiri dan Pacitan yang masih dalam perbaikan.

“Hanya satu jembatan yang bisa dipakai sehingga kendaraan harus antre dan berjalan pelan. Sedang dari arah barat Kulonprogo, jembatan Bantar dua buah jembatan sudah bisa dipakai semua sehingga arus semakin lancar,” kata dia.(bgs/asy)

Sumber : detiknews.com

Leave a comment

Filed under My Jogja, Transport's Articles

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s