Setengah Juta Orang Telah Mudik Gunakan KA

Sabtu, 27/09/2008 16:10 WIB
Setengah Juta Orang Telah Mudik Gunakan KA
Andi Saputra – detikNews

Jakarta – Hingga H-5 lebaran, pemudik yang menggunakan jasa kereta api telah mencapai setengah juta orang. Jumlah ini akan terus bertambah karena mudik masih terus berlangsung.

“Total pengguna jasa KA di Indonesia sebanyak 545.289 penumpang. Apalagi hari ini adalah puncaknya,” kata Dirut KA Ronny Wahyudi di Stasiun Senen, kepada wartawan.

Jumlah ini dihitung sejak H-10 hingga data hari kemarin. Dari jumlah tersebut, 40 persen atau sekitar 200 ribu penumpang berangkat dari Jakarta. “Dengan hitungan hari yang sama, dibanding tahun 2007, jumlah tersebut naik 10 persen karena pada hari itu (2007) diangkut sebanyak 496.750,” tambahnya.

Akibat membludaknya jumlah penumpang tersebut, pihak PT KA meminta maaf apabila terjadi keterlambatan. Hal ini karena volume lintasan kereta naik sehingga menambahkan 12 rangkaian KA tambahan lebaran setiap harinya. “Otomatis jalur sibuk,” ujar Humas PT KA Adi Suryatmini saat menemani Ronny di tempat sama.

Hingga saat ini, para pemudik semakin banyak mendatangi Stasiun Senen. Ribuan calon penumpang tersebut rela antre tiket ratusan meter untuk mendapatkan karcis. “Gak tahu dapat atau gak,” ujar Fitrah, 36, yang hendak mudik ke Gombong sambil menggendong anaknya.(asp/asy)

Sumber : detiknews.com

Leave a comment

Filed under Railway Transport

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s