Tips Hemat BBM di Waktu Mudik

Disalin dari autos.okezone.com

JAKARTA – Meskipun kendaraan mudik anda sudah dibekali mesin hemat bahan bakar. Tidak ada salahnya juga, jika kita tetap melakukan penghematan saat menuju kampung halaman, melepas rindu dan bersilaturahmi dengan orang-orang terdekat yang kita cintai.

Persiapan yang matang, seperti pengecekan kendaraan dibengkel resmi. Hal ini penting karena untuk menjamin bahwa semua komponen mobil berada dalam kondisi prima. Sehingga akan membuat anda merasa tenang selama mengemudikan mobil anda.

Tiba di tempat tujuan dengan lebih cepat memang baik. Namun perlu diperhatikan kecepatan tetap di posisi stabil. Gunakan posisi transmisi tertinggi jika memungkinkan. Serta hindari melakukan maneuver akselerasi dan pengereman yang mendadak.

Hindari perjalanan di hari puncak mudik, agar anda terbebas dari kemacetan yang membuat anda selalu menggunakan air conditioner (AC). Pasalnya AC juga memberi beban tambahan bagi mesin untuk mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar. Karena itu sebaiknya gunakanlah ventilasi udara luar jika anda tengah berada di kepadatan lalu-lintas.

Lelah, sebaiknya istirahat dan menepi terlebih dahulu di bahu jalan. Tetapi ingat, matikan mesin mobil anda. Karena membiarkan mesin tetap hidup ketika berhenti akan menghabiskan lebih banyak bahan bakar dari pada menghidupkannya kembali. (ton)

Leave a comment

Filed under Automotives

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s