Dephub Temukan Banyak Maskapai Tak Disiplin

Beo’s comment >> Judul berita asli : Dishub Temukan Banyak Maskapai Tak Disiplin (kalo merunut isi berita, judul ini salah, karena yang memeriksa kelaikan pesawat adalah Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Departemen Perhubungan (Dephub) bukan Dinas Perhubungan (Dishub) kan?

Senin, 29 September 2008 – 16:44 wib, Carolina – Okezone

TANGERANG – Ditjen Perhubungan Udara menemukan banyak maskapai penerbangan yang tidak disiplin dalam kelayakan terbang.

Bukti tersebut diperoleh dalam pengecekan pesawat (ramp check) yang dilakukan terhadap 55 pesawat dengan maskapai berbeda di bandara Soekarno Hatta, Senin (29/9/2008).

Menurut Kepala Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Budi M Suyitno, ramp check tersebut dilaksanakan secara rutin di bandara besar di Indonesia. Bahkan, untuk bandara Soekarno Hatta dilakukan rutin dua kali dalam seminggu.

Pada ramp check kali ini, kata Budi, pihaknya berkonsentrasi pada pengecekan 10 unit pesawat Lion Air, 10 pesawat Batavia Air, 8 pesawat Garuda, 11 Sriwijaya Air, 12 Kartika Air, 1 Linus, 1 Mandala, 1 Air Asia, dan 1 pesawat Ekspres.

Dalam ramp check itu ditemukan beberapa screw tidak terpasang pada daerah wing, engine pylon pada lebih dari enam pesawat Garuda, pengunci pada engine cowling yang tidak berfungsi pada lebih dari tiga pesawat Sriwijaya , dan pengikat botol pemadam tidak berfungsi pada pesawat Batavia Air. Ditemukan pula sejumlah screw pada daerah wing engine pylon hilang, lampu emergency tidak menyala juga pada pesawat lain

“Itu temuan ramp check pada 26,27, dan 29 September ini,” kata Budi.

Dia menambahkan pesawat Garuda dan pesawat lain yang kedapatan tidak disiplin, tidak diperbolehkan terbang sebelum kelengkapannya itu dipasang.

Selain temuan teknis, Dishub juga mendapatkan beberapa temuan umum, seperti ditemukan adanya kemampuan airline yang belum memenuhi kebutuhan suku cadang, kurangnya kemampuan personel dalam disiplin dan memenuhi ketentuan teknis.

Selain itu beberapa maskapai masih memiliki kekurangan kelengkapan dokumen, yang mencerminkan maskapai masih kurang disiplin dalam memenuhi kewajiban.(ded)

Sumber : okezone.com

Leave a comment

Filed under Air Transport

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s