H-2, Tiket Bus Eksekutif Melambung 200%

Senin, 29 September 2008 – 11:31 wib, Insaf Albert Tarigan – Okezone

JAKARTA – Menginjak H-2 Lebaran, harga tiket bus eksekutif yang dipergunakan sebagai alat tranportasi bagi para pemudik ke kampung halaman mereka berlari kencang hingga mencapai lebih dari 200 persen dibandingkan harga normal.

Berdasarkan data yang dihimpun okezone di terminal Pulogadung, Jakarta Timur, kenaikan tarif tiket terjadi pada bus eksekutif untuk tujuan semua kota di Jawa Tengah dan Madura.

“Harga tiketnya Rp350.000 nih sekarang. Padahal, harga biasanya hanya Rp170.000,” kata Alsi kepada okezone, Senin (29/9/2008).

Tiket eksekutif yang juga mengalami kenaikan yaitu untuk tujuan Purwokerto, Jawa Tengah, harga normal sejumlah Rp55.000 kini mencapai Rp210.000 dan bus tujuan Wonogiri harga tiket di hari biasa Rp80.000, kini Rp300.000.

“Soalnya kalau bus eksekutif tidak ada regulasi seperti bus ekonomi. Mereka menggunakan mekanisme pasar. Kalau ekonomi ada batas atas yang diatur yaitu Rp150 per kilo meter dan Rp92 per kilo meter untuk batas bawah,” kata Kepala Terminal Pulogadung Pardjiman.

Sebelumnya, Departemen Perhubungan memprediksi tahun ini jumlah pemudik meningkat dibanding tahun lalu sebesar 16,4 persen yaitu 15,8 juta dibanding tahun lalu.

Dari jumlah ini, pemudik yang menggunakan jalur darat tercatat yang paling banyak hingga 9,9 juta. Sedangkan yang paling sedikit, pemudik yang menggunakan jalur laut sebanyak 1 juta.(enp)

Sumber : okezone.com

Leave a comment

Filed under Public Transportation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s